9 Cara Mencegah Kenaikan Berat Badan saat Liburan, Mudah dan Sederhana

Registrasi

 
Nama Lengkap
Email
Password
Ketik ulang Password
Jenis Kelamin
Pria Wanita

Member

 
Email
Password
Indosiana.com akan menggunakan informasi yang Anda berikan sesuai dengan "Privacy Policy" kami. Dengan mengklik Sign Up, berarti Anda setuju dengan ketentuan "Terms of Use" dan "Privacy Policy" ini, dan menyadari sepenuhnya bahwa pengumpulan, penyimpanan dan penggunaannya tunduk pada ketentuan dan perundangan yang berlaku di wilayah Republik Indonesia.

9 Cara Mencegah Kenaikan Berat Badan saat Liburan, Mudah dan Sederhana

27 December 2019 15:57 | • Wartawan : redaksi • Editor : • Dibaca : 24 kali
Indosiana - Kenaikan berat badan saat liburan perlu diperhatikan. Apalagi berbagai jenis sajian kuliner dapat menggugah seleramu. Tentunya kamu tidak mau melewatkan kuliner khas tempat kamu liburan.

Namun, jika kamu tidak bisa mengontrol asupan makanan saat liburan, kamu bisa gemuk setelah liburan usai. Jika kamu berlibur selama satu atau dua hari saja, mungkin timbunan lemak tersebut mudah untuk dihilangkan. Namun, jika liburannya panjang tentu tidak akan semudah itu.

Cara mencegah kenaikan berat badan saat liburan mudah diterapkan. Hal terpenting dari mengontrol berat badan saat liburan adalah membatasi asupan kalori. Jadi, kamu tetap bisa menjajal berbagai macam kuliner khas tempat kamu liburan.

dikutip dari liputan6, berikut tips cara mencegah kenaikan berat badan saat liburan dari berbagai sumber, Jumat (27/12/2019).

1. Memerhatikan Porsi

Cara mencegah kenaikan berat badan saat liburan yang pertama adalah memperhatikan porsi makan. Kamu dapat mencoba berbagai sajian kuliner, namun porsinya jangan berlebihan. Porsi makan yang terlalu banyak membuat asupan kalorimu jadi berlebihan, dan akhirnya akan ditimbun sebagai lemak.

2. Batasi Makanan Manis

Selain itu, kamu juga perlu membatasi makanan manis sebegai salah satu cara mencegah kenaikan berat badan saat liburan. Makanan manis tentunya menjadi daya tarik tersendiri bagi sebagian orang. Makanan manis ini biasanya disajikan sebagai hidangan penutup, contohnya kue, cokelat, permen, atau puding.

Jenis Makanan dan minuman yang mengandung gula tambahan perlu kamu hindari agar berat badan tidak naik saat liburan. Untuk menjaga berat badan tetap stabil, batasi konsumsi makanan dan minuman manis selama liburan.

3. Memperbanyak Asupan Protein

Cara mencegah kenaikan berat badan saat liburan selanjutnya adalah memperbanyak asupan protein. Mengonsumsi lebih banyak protein dapat membuat tubuh merasa kenyang lebih lama. Dibandingkan makanan manis dan berlemak, makanan berprotein juga cenderung memiliki kalori yang lebih rendah sehingga dapat menjaga berat badanmu agar tidak naik.

4. Mengunyah Secara Perlahan

Dengan mengunyah makanan secara perlahan-lahan, kamu bisa lebih mawas terhadap munculnya rasa kenyang. Selain itu, rasa enak dari makanan juga bisa dinikmati dengan lebih baik ketika kamu makan dengan perlahan.

Makan terlalu cepat bisa menambah lingkar pinggangmu. Saat makan terlalu cepat, jumlah makanan yang kamu konsumsi biasanya akan lebih banyak daripada yang kamu butuhkan. Hal ini disebabkan karena munculnya rasa kenyang membutuhkan waktu, sehingga ketika tanda kenyang muncul, kamu sudah terlanjur makan terlalu banyak.

5. Jangan Menahan Lapar

Cara mencegah kenaikan berat badan saat liburan selanjutnya adalah jangan berusaha menahan lapar. Kelaparan akan membuatmu ingin mengambil semua jenis makanan dan makan dalam jumlah berlebihan. Lebih baik, makanlah dengan sering, namun dalam porsi yang lebih kecil.

6. Cermat Memilih Camilan (Jangan Tinggalkan Buah dan Sayur)

Kamu juga harus selektif dalam memilih camilan sebagai cara mencegah kenaikan berat badan saat liburan. Jangan tinggalkan buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, serta biji-bijian, walau kamu sedang berada jauh dari rumah.

Daripada memilih makanan berlemak dan bergula tinggi, lebih baik pilih buah sebagai camilanmu. Selain sehat, kadar gulanya pun cenderung lebih rendah dan mengandung banyak serat yang sangat baik untuk mengontrol berat badanmu.

7. Makan Lebih Awal

Saat liburan, kamu mungkin lebih sering bangun siang sehingga jadwal makan pun ikut mundur. Padahal, makan di awal waktu merupakan salah satu cara mencegah kenaikan berat badan saat liburan. Membiasakan diri untuk makan di awal waktu dapat membuat kamu lebih mudah mengendalikan asupan kalori dari makanan. 

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa makan di awal waktu dapat membantu mencegah berat badan naik drastis saat liburan. Bahkan, studi lainnya menunjukkan bahwa kebiasaan ini dapat membantu menurunkan berat badan.

8. Tetap Berolahraga

Di samping menjaga makan, kamu juga perlu tetap berolahraga. Aktif bergerak adalah salah satu cara mencegah kenaikan berat badan saat liburan yang efektif. Kamu bisa mencoba menjelajahi tempat yang menarik dengan berjalan kaki, atau berjalan santai sambil menikmati pemandangan di tempat wisata.

9. Tidur yang Cukup

Selain itu, kamu juga harus tetap mencukupi kebutuhan tidurmu. Saat liburan, jam tidur memang biasanya jadi terganggu. Namun perlu kamu ketahui, kurang tidur bisa membuatmu mudah merasa lapar dan ingin terus makan. Hal ini disebabkan oleh peningkatan produksi hormon pemicu rasa lapar, akibat kurang tidur.(*)

KOMENTAR PEMBACA
Nama
Email
Komentar
 
  (masukkan kode di atas)
 
Sumatera Barat
Internasional
Yogyakarta
Sumatera Selatan
Sulawesi Tenggara
Sulawesi Tengah
Sulawesi Selatan
Sulawesi Barat
Sulawesi Utara
Riau
Papua Barat
Nusa Tenggara Timur
Nusa Tenggara Barat
Maluku Utara
Maluku
Lampung
Kepulauan Riau
Bangka Belitung
Kalimantan Utara
Kalimantan Timur
Kalimantan Selatan
Kalimantan Barat
Jawa Timur
Jawa Tengah
Jawa Barat
Jambi
Gorontalo
Bengkulu
Banten
Jakarta
Bali
Papua
Sumatera Utara
Aceh
Nasional

Terbaru

Terpopular

Dikomentari