Ini Dia 6 Manfaat Merendam Kaki dengan Air Garam

Registrasi

 
Nama Lengkap
Email
Password
Ketik ulang Password
Jenis Kelamin
Pria Wanita

Member

 
Email
Password
Indosiana.com akan menggunakan informasi yang Anda berikan sesuai dengan "Privacy Policy" kami. Dengan mengklik Sign Up, berarti Anda setuju dengan ketentuan "Terms of Use" dan "Privacy Policy" ini, dan menyadari sepenuhnya bahwa pengumpulan, penyimpanan dan penggunaannya tunduk pada ketentuan dan perundangan yang berlaku di wilayah Republik Indonesia.

Ini Dia 6 Manfaat Merendam Kaki dengan Air Garam

29 October 2019 10:35 | • Wartawan : redaksi • Editor : Laura Renalsi • Dibaca : 23 kali
Indosiana - Perawatan dengan menggunakan bahan alami kerap dipilih guna mendapatkan hasil maksimal sekaligus aman. Salah satu jenis perawatan yang sudah sangat terkenal adalah merendam kaki dengan air garam. 

Perawatan yang bisa dilakukan di rumah ini hanya menggunakan dua bahan utama yang mudah ditemukan. Ada berbagai manfaat merendam kaki dengan air hangat. Salah satu di antaranya adalah mampu merelaksasi kaki setelah seharian melakukan aktivitas.

Cara membuatnya pun sangat mudah. Kamu hanya perlu mengisi ember dengan air hangat kira-kira sampai kaki bisa terendam di dalamnya. Setelah itu tuangkan garam dapur atau jenis garam laut atau garam Epsom dan aduk rata.

Setelah racikan selesai dibuat, masukkan kaki ke dalam ember. Diamkan selama 20 hingga 30 menit untuk merasakan manfaat merendam kaki dengan air garam tersebut. Setelah itu, kamu akan merasakan langsung manfaat merendam kaki secara langsung. Perawatan yang alami.

Berikut ada enam manfaat merendam kaki dengan air garam untuk menjaga kesehatannya yang silansir dari Liputan6, Selasa (29/10/2019).

1. Mengobati Infeksi Jamur

Garam dikenal mampu mengobati luka dan infeksi. Garam dapat digunakan untuk menghilangkan infeksi dan melembutkan kulit. Untuk mendapatkan manfaat garam pada kaki, kamu bisa menggunakannya sebagai air rendaman kaki.

Namun, sebelum menggunkannya perlu mengkonsultasikannya terlebih dahulu pada dokter. Pasalnya, seseorang dengan masalah kaki karena luka atau infeksi seperti infeksi Staph bisa memperburuk kondisinya akibat penggunaan campuran air panas dan garam.

Tetapi, apabila kamu infeksi jamur kaki atau kuku jari kaki kamu bisa merendamnya setiap dua kali sehari selama sekitar 20 menit. Kamu bisa menambahkan minyak teh atau minyak lainnya yang mampu membantu proses penyembuhannya.

2. Mengurangi Bau

Kandungan Natrium clorida atau NaCl pada garam dapur atau garam laut merupakan cairan normal yang ada dalam tubuh dan bersifat antibakteri. Oleh karena itu, merendam kaki dengan air garam hangat setelah melakukan aktivitas seharian penuh dengan sepatu bisa mengurangi bau.

Cara melakukannya cukup mudah. Rendamkan kaki pada air hangat sambil sikat halus pada permukaan kaki dan jari-jari. Maka bau kaki setelah memakai sepatu seharian penuh akan hilang.

3. Membuat Kaki Menjadi Halus

Manfaat merendam kaki lainnya adalah mampu membuat kaki menjadi halus. Gunakan garam laut yang berbentuk lebih kasar. Gosokkan pada permukaan kaki dan tumit untuk mengangkat sisa kulit mati.

Garam jenis ini dipercaya mampu mengatasi kulit pecah-pecah, sehingga tampilan kulit menjadi lebih halus. Selain itu, paparan magnesium pada kulit saat merendam kaki dalam air garam hangat juga mampu menjaga kelembapan kulit.

Pada kulit yang kering akibat alergi, air garam hangat juga dapat menjadi solusi untuk mengatasi masalah tersebut.

4. Menghilangkan Pegal

Manfaat merendam kaki dengan air garam dapat membantu menghilangkan pegal. Hal ini dikarenakan kaki yang di masukkan ke dalam air hangat, bukan akibat ramuan air garamnya.

Air hangat memang dikenal mampu membantu merelaksasi otot-otot kaki, tumit, dan betis. Selain itu, air hangat juga dapat melebarkan pembuluh darah sehingga aliran darah menjadi lebih lancar untuk memberi pasokan darah di area kaki.

5. Eksfoliasi Kaki

Garam Epsom dapat digunakan sebagai bahan eksfoliasi untuk melembutkan kaki yang kasar dan pecah-pecah. Kamu bisa melakukannya sambil merendam kaki ke dalam air garam hangat.

Seiring merendam kaki, pijat kaki yang terkena dengan garam Epsom agar mempermudah pijatan.

6. Mudahkan Menghilangkan Serpihan

Manfaat merendam kaki juga mampu menghilangkan serpihan yang masuk. Serpihan yang sulit dihilangkan dapat menyebabkan rasa sakit dan pembengkakan di sekitar area yang terkena.

Oleh karena itu, kamu perlu menghilangkan serpihannya untuk mempermudah melepaskan serpihan. Merendam kaki dengan larutan air garam hangat dapat melembutkan kulit dan mengeluarkan nanah, mempermudah serpihan keluar, dan membuatnya lebih mudah untuk dihilangkan.

Kandungan senyawa mineral dalam garam mampu mengurangi peradangan di sekitar daerah yang tekena. Selain mempermudah menghilangkan serpihan pada kaki, cara ini juga bisa dilakukan untuk serpihan yang ada di tangan atau jari-jarinya.
KOMENTAR PEMBACA
Nama
Email
Komentar
 
  (masukkan kode di atas)