6 Makanan Pencegah Kanker Payudara yang Perlu Dikonsumsi

Registrasi

 
Nama Lengkap
Email
Password
Ketik ulang Password
Jenis Kelamin
Pria Wanita

Member

 
Email
Password
Indosiana.com akan menggunakan informasi yang Anda berikan sesuai dengan "Privacy Policy" kami. Dengan mengklik Sign Up, berarti Anda setuju dengan ketentuan "Terms of Use" dan "Privacy Policy" ini, dan menyadari sepenuhnya bahwa pengumpulan, penyimpanan dan penggunaannya tunduk pada ketentuan dan perundangan yang berlaku di wilayah Republik Indonesia.

6 Makanan Pencegah Kanker Payudara yang Perlu Dikonsumsi

29 October 2019 10:33 | • Wartawan : redaksi • Editor : Laura Renalsi • Dibaca : 24 kali
Indosiana - Kanker payudara merupakan jenis penyakit mematikan di dunia. Penyakit ini bisa menyerang hampir seluruh wanita. Mencegah kanker payudara bukan sesuatu hal yang mustahil. Kamu cukup melakukan pencegahan dengan mengubah pola hidup menjadi lebih sehat. 

Cara mencegah kanker payudara yang sangat mudah adalah dengan mengubah pola hidup, salah satunya dengan mengsonsumsi makanan. Mengonsumsi asupan yang mampu menangkal radikal bebas penyebab kanker sangat diperlukan untuk melakukan pencegahan kanker payudara.

Makanan yang mengandung antioksidan dipercaya mampu menangkal radikal bebas dalam tubuh. Makanan termasuk buah yang mengandung antioksidan dipercaya mampu menurunkan risiko kanker payudara.

Tidak hanya buah, masih ada jenis makanan lainnya yang bisa kamu konsumsi untuk mencegah kanker payudara. Berikut dilansir dari Liputan6 beberapa makanan yang mampu mencegah kanker payudara, Selasa (29/10/2019).

1. Buah Berry

Aneka buah berry seperti blueberry, stroberi, dan raspberry hitam mengandung polifenol yang cukup tinggi. Kandungan ini memiliki sifat antikanker. Selain itu, juga kaya akan antioksidan seperti vitamin C.

Melansir dari liputan6 dari kanal Healthline mengatakan bahwa buah berry dapat membantu mengurangi risiko kanker payudara. Namun, hingga saat ini tidak ada anjuran khusus pengeonsumsiannya.

Tetapi, untuk mendapatkan manfaatnya, kamu bisa mengonsumsi satu porsi buah berry yang setara dengan 3/4 hinga 1 cangkir. Memenuhi kebutuhan nutrisi dari buah berry setiap harinya akan memebantu mengurangi risiko terjangkit kanker payudara.

2. Plum atau Buah Persik

Buah plum yang mengandung polifenol di dalmnya mampu membantu mencegah pembentukan sel kanker payudara dan perkembangbiakannya. Walaupun penemuan manfaat buah plum atau persik ini baru dilakukan paa hewan, tetapi tak ada salahnya untuk mengonsumsi buah ini.

Kandungan polifenol terbukti menunjukkan mampu membantu membunuh sal kanker. Namun masih belum ada anjuran khusus untuk mengonsumsi seberapa banyak buah persik ini untuk mendapatkan manfaat antikankernya.

3. Bawang Putih

Bawang putih termasuk ke dalam keluarga allium, yang dikenal memiliki rasa dan aroma khas. Para peneliti dalam studi yang dilakukan pada tahun 2017 menganalisis efek bawang putih dan jenis sayuran lainnya yang mengandung allium terhadap sel kanker payudara.

Mereka menemukan efek positif pada kanker payudara terhadap kandungan estrogen pada bawang putih. Bawang putih dan jenis keluarga allium lainnya mampu mengurangi pertumbuhan sel kanker payudara.

Namun, masih diperlukan penelitian lanjut untuk menentukan anjuran atau rekomendasi konsumsi bawang putih agar dapat merasakan manfaatnya untuk mencegah kanker payudara. Tetaplah konsumsi bawang putih dalam batas normal.

4. Kunyit

Kunyit mengandung curcumin, zat anti-inflamasi, dan antioksidan yang tinggi. Penelitian menunjukkan bahwa kandungan curcumin pada kunyit dapat membantu mengurangi efek toksik sel kanker payudara dan menghambat pertumbuhan sel kanker.

Untuk mendapatkan manfaat kunyit guna mencegah kanker payudara, kamu bisa mengonsumsinya sebanyak 200 hingga 500 miligram curcumin setiap harinya.

5. Sayuran dengan Warna Gelap

Sayuran dengan warna daun hijau gelap mengandung nutrisi yang sangat banyak. Sayuran dengan daun hijau pekat biasanya tinggi antioksidan dan serat yang dapat menjadi antikanker.

Sayuran dengan warna daun hijau pekat seperti bayam, kubis, lobak, dan bit hijau

6. Asam Lemak Omega-3

Pada sebuah penelitian menilai dampak potensial dari omega-3 pada wanita yang mengalami obesitas dan memiliki payudara yang padat. Wanita dengan payudara padat akan berisiko enam kali lebih mungkin terkena kanker payudara dibandingkan wanita yang memiliki jaringan payudara tidak padat.

Pada penelitiannya, kepadatan payudara menurun sehubungan dengan jumlah asam lemak omega-3 yang diberikan. Hal ini dianggap mengurangi risiko kanker payudara. Kadar asam lemak omega-3 tinggi dapat ditemukan dalam ikan salmon, ikan sarden, dna minyak ikan.(*)
KOMENTAR PEMBACA
Nama
Email
Komentar
 
  (masukkan kode di atas)