Ini Dia 6 Makanan Penyebab Penyakit Batu Empedu, Apa Saja?

Registrasi

 
Nama Lengkap
Email
Password
Ketik ulang Password
Jenis Kelamin
Pria Wanita

Member

 
Email
Password
Indosiana.com akan menggunakan informasi yang Anda berikan sesuai dengan "Privacy Policy" kami. Dengan mengklik Sign Up, berarti Anda setuju dengan ketentuan "Terms of Use" dan "Privacy Policy" ini, dan menyadari sepenuhnya bahwa pengumpulan, penyimpanan dan penggunaannya tunduk pada ketentuan dan perundangan yang berlaku di wilayah Republik Indonesia.

Ini Dia 6 Makanan Penyebab Penyakit Batu Empedu, Apa Saja?

30 August 2019 10:54 | • Wartawan : redaksi • Editor : Laura Renalsi • Dibaca : 57 kali
Indosiana - Makanan bukanlah satu-satunya penyebab penyakit batu empedu, melainkan batu terbentuk dari kelebihan zat sisa yang seharusnya dibuang oleh cairan empedu tetapi malah jadi menggumpal dan mengeras seperti bongkahan.

Umumnya, penyakit batu empedu tidak menyebabkan gejala. Namun apabila batu empedu masuk ke dalam saluran empedu dan memicu penyumbatan, barulah dapat memunculkan gejala

Walaupun penyebab utama dari penyakit batu empedu bukan makanan, tetapi ada sejumlah makanan yang dapat memicu pembentukan batu empedu. Ya, kebiasaan mengonsumsi makanan yang tidak sehat bisa mengakibatkan cairan empedu mengandung terlalu banyak lemak dan kolesterol.

Padahal setelah hati memproduksi empedu, cairan tersebut akan disimpan terlebih dahulu di dalam kantung empedu. Kantung empedu kemudian berisiko menyisakan zat lemak dan kolesterol terlalu banyak, yang akan berubah menjadi batuan.

Untuk itu, kamu perlu menghindari makanan yang bisa menjadi penyebab penyakit batu empedu. Berikut ini Liputan6.com, Jumat (30/8/2019) telah merangkum dari berbagai sumber beberapa makanan penyebab penyakit batu empedu yang perlu dihindari.

1. Makanan yang Digoreng
 
Makanan yang digoreng ternyata dapat mengiritasi kantong empedu. Hal ini dikarenakan makanan yang digoreng mengandung lemak tinggi.

Di mana empedu akan bekerja lebih keras untuk memproses makanan berlemak tinggi tersebut. Nah, lemak yang tidak dapat diproses dengan baik oleh empedu akan tersisa dan berubah menjadi keras di dalam kantong empedu. Oleh karena itu, hindari mengonsumsi makanan yang digoreng terlalu sering.

2. Makanan yang Berlemak

Makanan berlemak ini merupakan faktor utama penyebab terbentuknya batu empedu. Namun, tidak semua lemak harus kamu hindari. Jenis lemak dari makanan pemicu terbentuknya batu empedu yang harus dihindari adalah lemak trans jenuh, lemak jenuh, lemak hewani, dan lemak terhidrogenasi.

Ya, semua jenis lemak tersebut bisa membuat empedu bekerja terlalu berat mencerna lemak sehingga akan meningkatkan kadar kolsterol di dalam tubuh. Pada empedu yang sehat akan bertugas untuk memecah lemak dan kolesterol dari makanan yang kamu konsumsi. Namun apabila kelebihan koletserol dan lemak, maka risiko terbentuknya batu empedu semakin tinggi.

3. Makanan dengan Kadar Asam yang Tinggi

Makanan yang mengandung asam tinggi tidak hanya menyebabkan iritasi pada perut, melainkan makanan yang bersifat asam seperti buah jeruk, kopi, dan saus tomat juga bisa memicu gangguan pada kantong empedu kamu.

4. Makanan yang Terbuat dari Susu

Susu dan segala sesuatu yang terbuat dari susu seperti keju dan es krim, mengandung sejumlah lemak dalam jumlah sedang. Beberapa produk susu dapat meningkatkan kadar lemak ke tingkat berbahaya jika kantong empedu kamu sudah mengalami masalah.

5. Karbohidrat Olahan

Makanan yang sering menjadi penyebab terbentuknya batu di empedu adalah makanan yang mengandung karbohidrat olahan.

Makanan yang termasuk karbohidrat olahan seperti gula dan pemanis, tepung terigu, biji-bijian olahan, dan pati. Karbohidrat olahan ini dapat kamu temukan di kue, biskuit, roti, cokelat, permen, serta minuman manis.

Asupan karbohidrat olahan memicu pembentukan batu empedu dengan cara meningkatkan sekresi insulin. Peningkatan hormon insulin terbukti dapat meningkatkan konsentrasi kolesterol dalam empedu.

6. Makanan Cepat Saji dan Kemasan

Makanan penyebab penyakit batu empedu lainnya adalah makanan cepat saji. Ya, makanan cepat saji bisa menjadi penyebab terbentuknya batu pada empedu karena membuat kamu cepat mengalami kegemukan. Nah, pada seseorang yang memiliki berat badan berlebih dan obesitas merupakan orang yang paling berisiko tinggi mengalami batu empedu.

Makanan cepat saji yang perlu kamu hindari seperti keripik, makanan kemasan, kue kering, dan biskuit. Begitu juga dengan makanan kemasan. Kamu perlu memperhatikan informasi gizi yang terdapat pada label kemasan tersebut. Sebisa mungkin hindari makanan dengan kode warna merah pada label lemaknya.
KOMENTAR PEMBACA
Nama
Email
Komentar
 
  (masukkan kode di atas)