A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Only variable references should be returned by reference

Filename: core/Common.php

Line Number: 257

8 Makanan Ini Tak Boleh Dikonsumsi Mentah

Registrasi

 
Nama Lengkap
Email
Password
Ketik ulang Password
Jenis Kelamin
Pria Wanita

Member

 
Email
Password
Indosiana.com akan menggunakan informasi yang Anda berikan sesuai dengan "Privacy Policy" kami. Dengan mengklik Sign Up, berarti Anda setuju dengan ketentuan "Terms of Use" dan "Privacy Policy" ini, dan menyadari sepenuhnya bahwa pengumpulan, penyimpanan dan penggunaannya tunduk pada ketentuan dan perundangan yang berlaku di wilayah Republik Indonesia.

8 Makanan Ini Tak Boleh Dikonsumsi Mentah

18 June 2019 08:14 | • Wartawan : redaksi • Editor : Laura Renalsi • Dibaca : 15 kali
Indosiana - Banyak masyarakat yang kurang memahami perihal makanan. Salah satunya mana yang boleh dikonsumsi dalam kondisi matang atau mentah. Akibatnya tidak sediki kasus manusia yang sakit atau bahkan meninggal lantaran keracunan makanan. 


Beberapa makanan ini kerap dimakan mentah oleh manusia. Padahal, peneliti telah memastikan bahwa beberapa makanan ini harus dimasak terlebih dahulu. Lewat proses masak, maka virus dan bakteri dalam bahan makanan akan hilang.

Seperti dikutip dari liputan6, Selasa (18/6/2019), berikut 8 bahan makanan yang tak boleh dimakan dalam kondisi mentah:

1. Susu

Susu segar dipercaya sebagai jenis susu terbaik untuk tubuh, tetapi susu segar tidak berarti langsung dari sapi, kambing, domba, kerbau, atau unta.

Susu mentah, atau susu yang tidak dipasteurisasi, dapat membawa bakteri berbahaya dan kuman yang dapat membuat Anda sangat sakit atau membunuh Anda.

Ini juga dapat menyebabkan infeksi serius dai bakteri seperti salmonella, listeria, dan E. coli. Studi oleh CDC menunjukkan bahwa wabah dari susu mentah terus mengancam kesehatan manusia.

2. Kale

Sudah menjadi rahasia umum bahwa kale adalah salah satu makanan tersehat di dunia.

Namun, makan kale mentah dalam jumlah sangat besar dapat menyebabkan penyimpangan hormon yang menyebabkan fluktuasi gula darah. 

Selain itu juga menyebabkan fluktuasi berat badan, dan kesehatan metabolisme secara keseluruhan. Anda bisa mengalami pembengkakan tiroid atau gondok sebagai hasilnya.

3. Telur

Sebuah mitos bahwa telur mentah adalah pilihan yang lebih sehat daripada telur yang sudah matang dibantah oleh sebuah penelitian yang menemukan bahwa penyerapan protein lebih tinggi pada telur yang dimasak (90%) daripada pada telur mentah (50%).

Telah ada wabah infeksi salmonella karena cangkang telur yang terkontaminasi. Meski begitu, Anda masih bisa makan saus Hollandaise selama Anda menggunakan telur yang dipasteurisasi, kata Departemen Pertanian AS (USDA).

4. Almond

Kacang almond merupakan camilan bergizi, menawarkan banyak protein, serat, dan lemak sehat. Namun almond juga mengandung sianida yang terjadi secara alami. Mengkonsumsi almond pahit sebanyak 4 hingga 5 dapat menyebabkan sakit kepala ringan, mual, dan kram perut.

5. Tepung

Makan sesendok adonan kue mentah atau tepung, berisiko terkena infeksi salmonella karena telur mentah, Anda juga mungkin berisiko karena E.coli dalam tepung.

Pada 2016, wabah infeksi E. coli yang dikaitkan dengan tepung mentah membuat 63 orang sakit. Karena bakteri terbunuh ketika makanan yang terbuat dari tepung dimasak, Anda perlu mengendalikan keinginan Anda sampai oven membunuh bakteri untuk Anda.

6. Taoge

Kecambah adalah salah satu tanaman termudah untuk tumbuh dan kaya akan nutrisi. Namun, mengkonsumsi taoge mentah dapat menyebabkan keracunan makanan dengan gejala seperti kram perut, diare, dan muntah muncul 1-8 hari setelah makan taoge. Kecambah mentah atau dimasak ringan telah menyebabkan wabah penyakit bawaan makanan.

7. Kentang

Mungkin tidak umum memakan kentang mentah, tetapi anak-anak mungkin menggigitnya seperti apel. Kentang mengandung antinutrien yang dapat mengganggu pencernaan dan penyerapan nutrisi tubuh Anda.

Memasak kentang dapat mengurangi lektin, salah satu antinutrisi sebesar 50 - 60 persen. Glycoalkaloids dalam kentang dapat menyebabkan kantuk, gatal, peningkatan sensitivitas, dan masalah pencernaan.

8. Daging Ayam

Tidak seperti daging sapi, makan ayam mentah dapat menyebabkan penyakit serius karena mengandung salmonella, campylobacter, atau keduanya, yang dapat menyebabkan diare, demam, dan kram perut.

Sebuah studi mencatat bahwa unggas adalah makanan yang paling umum dalam membawa wabah selama 1998-2012. Centers for Disease Control and Prevention (CDC) mengatakan bahwa ayam harus dimasak pada suhu yang aman yatitu 165 derajat F.
KOMENTAR PEMBACA
Nama
Email
Komentar
 
  (masukkan kode di atas)
 
Sumatera Barat
Internasional
Yogyakarta
Sumatera Selatan
Sulawesi Tenggara
Sulawesi Tengah
Sulawesi Selatan
Sulawesi Barat
Sulawesi Utara
Riau
Papua Barat
Nusa Tenggara Timur
Nusa Tenggara Barat
Maluku Utara
Maluku
Lampung
Kepulauan Riau
Bangka Belitung
Kalimantan Utara
Kalimantan Timur
Kalimantan Selatan
Kalimantan Barat
Jawa Timur
Jawa Tengah
Jawa Barat
Jambi
Gorontalo
Bengkulu
Banten
Jakarta
Bali
Papua
Sumatera Utara
Aceh
Nasional

Terbaru

Terpopular

Dikomentari