Kenali 6 Penyebab Kanker Lidah yang Harus Kamu Tak Tahu

Registrasi

 
Nama Lengkap
Email
Password
Ketik ulang Password
Jenis Kelamin
Pria Wanita

Member

 
Email
Password
Indosiana.com akan menggunakan informasi yang Anda berikan sesuai dengan "Privacy Policy" kami. Dengan mengklik Sign Up, berarti Anda setuju dengan ketentuan "Terms of Use" dan "Privacy Policy" ini, dan menyadari sepenuhnya bahwa pengumpulan, penyimpanan dan penggunaannya tunduk pada ketentuan dan perundangan yang berlaku di wilayah Republik Indonesia.

Kenali 6 Penyebab Kanker Lidah yang Harus Kamu Tak Tahu

20 May 2019 21:42 | • Wartawan : redaksi • Editor : Laura Renalsi • Dibaca : 14 kali
Indosiana - Kanker lidah merupakan salah satu jenis kanker yang disebabkan oleh rokok. Jenis kanker ini termasuk pada kategori leher dan kepala. Penyakit ini biasanya sering terjadi pada orang dewasa. Meskipun belum ada yang bisa memastikan apa penyebab utama dari kanker lidah, terdapat beberapa hal yang ternyata dapat memicu penyakit ini muncul, antara lain:

1. Merokok

Tidak hanya merusak paru-paru, ternyata merokok juga menyebabkan kanker lidah. Walaupun membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk mengembangkan gejalanya, 75% dari pasien kanker lidah adalah orang yang berumur di atas 50 tahun dan suka merokok.

Sebenarnya, penyebab ini bergantung pada seberapa sering Anda merokok dan bahan kimia yang menyebabkan kanker di dalam mulut, terutama lidah.

2. Mengonsumsi Alkohol

Para peneliti mengungkapkan bahwa alkohol dapat meningkatkan risiko kanker, seperti kanker lidah karena beberapa faktor seperti memecah etanol yang ada pada alkohol menjadi asetaldehida. Asetaldehida sangat berbahaya karena merusak DNA dan protein.

Sekira 70% penderita kanker lidah merupakan orang yang juga mengonsumsi alkohol secara rutin. Jika konsumsi alkohol digabung dengan merokok, peluang untuk mengidap penyakit kanker lidah ternyata lebih besar 15 kali lipat.

Alkohol juga menghasilkan oksigen reaktif. Oksigen ini juga membahayakan DNA, protein, dan lemak melalui proses yang disebut oksidasi. Selain itu, alkohol juga merusak kemampuan tubuh untuk menyerap nutrisi, seperti vitamin A, vitamin B, folat, dan vitamin E.

3. Human Papilloma Virus (HPV)

Bagi sebagian orang, virus yang menyerang kulit dan menginfeksi sel-sel yang melapisi rongga tubuh tidak menyebabkan bahaya apapun. Akan tetapi, ternyata HPV bisa membuat mulut dan tenggorokan Anda berisiko terkena penyakit kanker, seperti kanker lidah.

Cara penyebaran virus ini melalui kulit yang bersentuhan dengan penderitanya, terutama melalui aktivitas seksual. Meskipun demikian, hanya beberapa kasus yang mengindikasikan terjadinya kanker lidah yang disebabkan oleh HPV.

4. Sistem pertahanan tubuh yang lemah

Sistem imun tubuh Anda berfungsi untuk melawan berbagai jenis infeksi yang dapat membahayakan kesehatan Anda. Jika sistem pertahanan tersebut lemah, tentu saja semakin mudah bakteri dan virus masuk ke tubuh Anda.

Biasanya, orang-orang yang sedang menjalani pengobatan HIV atau AIDS rentan terhadap kanker lidah karena sistem imun mereka yang melemah.

5. Kurang mengonsumsi buah dan sayur

Kurangnya vitamin dan mineral yang ada pada sayur dan buah ternyata bisa membuat Anda rentan terhadap kanker lidah. Salah satunya adalah vitamin E.

Sebuah penelitian berjudul Role of Vitamin E in Prevention of Oral Cancer menemukan bahwa vitamin E berperan penting dalam pencegahan kanker, termasuk kanker lidah. Kandungan antioksidan pada vitamin yang bisa ditemukan di bayam ini dapat mengatur bahaya radikal bebas pada tubuh Anda, termasuk mulut.


6. Penyebab lainnya

Meski demikian, terdapat berbagai pemicu yang dapat memunculkan kanker lidah, seperti memiliki anggota keluarga yang menderita kanker lidah, sering mengunyah daun sirih.

Penyebab kanker lidah sebenarnya ada banyak, mulai dari gaya hidup yang tidak teratur hingga riwayat penyakit keluarga juga turut berpengaruh. Akan tetapi, tidak ada penyebab utama yang dapat memastikan terjadinya kanker mulut. Apabila Anda mengalami gejala kanker mulut, silahkan periksakan ke dokter Anda.
KOMENTAR PEMBACA
Nama
Email
Komentar
 
  (masukkan kode di atas)
 
Sumatera Barat
Internasional
Yogyakarta
Sumatera Selatan
Sulawesi Tenggara
Sulawesi Tengah
Sulawesi Selatan
Sulawesi Barat
Sulawesi Utara
Riau
Papua Barat
Nusa Tenggara Timur
Nusa Tenggara Barat
Maluku Utara
Maluku
Lampung
Kepulauan Riau
Bangka Belitung
Kalimantan Utara
Kalimantan Timur
Kalimantan Selatan
Kalimantan Barat
Jawa Timur
Jawa Tengah
Jawa Barat
Jambi
Gorontalo
Bengkulu
Banten
Jakarta
Bali
Papua
Sumatera Utara
Aceh
Nasional

Terbaru

Terpopular

Dikomentari