Ini Dia Keunggulan Ketan Hitam Yang Legit Kaya Rasa

Registrasi

 
Nama Lengkap
Email
Password
Ketik ulang Password
Jenis Kelamin
Pria Wanita

Member

 
Email
Password
Indosiana.com akan menggunakan informasi yang Anda berikan sesuai dengan "Privacy Policy" kami. Dengan mengklik Sign Up, berarti Anda setuju dengan ketentuan "Terms of Use" dan "Privacy Policy" ini, dan menyadari sepenuhnya bahwa pengumpulan, penyimpanan dan penggunaannya tunduk pada ketentuan dan perundangan yang berlaku di wilayah Republik Indonesia.

Ini Dia Keunggulan Ketan Hitam Yang Legit Kaya Rasa

11 May 2019 22:37 | • Wartawan : redaksi • Editor : Laura Renalsi • Dibaca : 2 kali
Indosiana - Ketan hitam merupakan bahan makanan serbaguna yang sering diolah menjadi beragam penganan manis Nusantara. Selain memiliki rasa khas yang legit, ketan hitam juga menyimpan segudang nutrisi dan manfaat yang tidak akan Anda temui pada bahan makanan sejenisnya.

Berbeda dengan banyak jenis beras yang sering dikonsumsi, ketan hitam merupakan bulir utuh yang belum diproses. Kandungan nutrisi ketan hitam juga masih sangat murni sehingga lebih unggul dibandingkan jenis biji-bijian lainnya.

Ada beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh dari mengonsumsi ketan hitam, antara lain:

1. Sumber energi dan nutrisi

Ketan hitam memberikan asupan energi yang tidak kalah dibandingkan nasi. Seratus gram ketan hitam matang mengandung 180 kkal energi. Jumlah ini berasal dari 4 gram protein, 1,2 gram lemak, 37,3 gram karbohidrat, dan nutrisi lain dalam jumlah lebih kecil.

Bulir biji utuh ini juga kaya akan vitamin B1, B3, serta mineral. Mineral yang terdapat pada ketan hitam di antaranya kalsium, fosfor, zat besi, natrium, kalium, dan zinc. Manfaat vitamin dan mineral pada ketan hitam adalah untuk menjaga fungsi normal tubuh.

2. Mencegah sembelit

Sebagai bulir biji utuh, salah satu manfaat ketan hitam adalah menyumbang asupan serat yang cukup tinggi. Itu sebabnya, si hitam legit yang satu ini bisa digunakan sebagai alternatif buah dan sayuran.

Seratus gram ketan hitam matang mengandung 3 gram serat. Nilai ini setara dengan 10% kebutuhan serat Anda setiap hari.

3. Menurunkan risiko penyakit kronis

Warna ungu gelap pada ketan hitam berasal dari pigmen yang disebut antosianin. Antosianin merupakan senyawa antioksidan yang termasuk dalam kelompok flavonoid.

Seperti jenis antioksidan lainnya, antosianin pada ketan hitam memiliki manfaat utama untuk menangkal radikal bebas. Itu sebabnya antosianin disinyalir mampu menurunkan risiko terhadap penyakit jantung, obesitas, dan beberapa jenis kanker.

4. Mencegah anemia

Tubuh membutuhkan zat besi untuk produksi sel darah merah dan membentuk protein yang disebut hemoglobin. Protein ini berfungsi untuk mengikat oksigen pada sel darah merah.

Tanpa zat besi yang cukup, hemoglobin tidak dapat berfungsi secara optimal sehingga risiko mengalami anemia juga meningkat. Ketan hitam memiliki manfaat memberikan asupan zat besi. Dengan begitu, produksi sel darah merah dan hemoglobin dapat berjalan normal.

Mengonsumsi 100 gram ketan hitam akan memberikan asupan zat besi yang setara dengan 4% kebutuhan sehari. Di balik rasanya yang legit, ketan hitam dapat memberikan sejumlah manfaat bagi kesehatan.

Namun, ingatlah untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan. Untuk memperoleh manfaat kesehatan secara optimal, kuncinya adalah menerapkan pola makan bergizi seimbang.(okezone)

KOMENTAR PEMBACA
Nama
Email
Komentar
 
  (masukkan kode di atas)
 
Sumatera Barat
Internasional
Yogyakarta
Sumatera Selatan
Sulawesi Tenggara
Sulawesi Tengah
Sulawesi Selatan
Sulawesi Barat
Sulawesi Utara
Riau
Papua Barat
Nusa Tenggara Timur
Nusa Tenggara Barat
Maluku Utara
Maluku
Lampung
Kepulauan Riau
Bangka Belitung
Kalimantan Utara
Kalimantan Timur
Kalimantan Selatan
Kalimantan Barat
Jawa Timur
Jawa Tengah
Jawa Barat
Jambi
Gorontalo
Bengkulu
Banten
Jakarta
Bali
Papua
Sumatera Utara
Aceh
Nasional

Terbaru

Terpopular

Dikomentari