A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Only variable references should be returned by reference

Filename: core/Common.php

Line Number: 257

Palagka Raya Siap Membangun Istana Negara

Registrasi

 
Nama Lengkap
Email
Password
Ketik ulang Password
Jenis Kelamin
Pria Wanita

Member

 
Email
Password
Indosiana.com akan menggunakan informasi yang Anda berikan sesuai dengan "Privacy Policy" kami. Dengan mengklik Sign Up, berarti Anda setuju dengan ketentuan "Terms of Use" dan "Privacy Policy" ini, dan menyadari sepenuhnya bahwa pengumpulan, penyimpanan dan penggunaannya tunduk pada ketentuan dan perundangan yang berlaku di wilayah Republik Indonesia.

Palagka Raya Siap Membangun Istana Negara

01 May 2019 14:17 | • Wartawan : redaksi • Editor : Laura Renalsi • Dibaca : 33 kali
Indosiana - Ibukota negara Indonesia yang semula berada di DKI Jakarta akan pindahkan. Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah menyatakan kesiapannya membangun Istana Kepresidenan jika Palangka Raya dan sekitarnya dipilih sebagai ibu kota baru pemerintahan negara.

Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kalteng Fahrizal Fitri di Palangka Raya, Selasa 30 April 2019.

"Tahap awal, mungkin kami akan menyiapkan fasilitas untuk kantor maupun Istana Kepresidenan di Palangka Raya," kata Fahrizal.

Hal itu siap dilakukan jika Palangka Raya dan sekitarnya secara resmi dipilih sebagai ibu kota pemerintahan yang baru. Untuk itu dalam waktu dekat pihaknya akan berkoordinasi dengan pemerintah pusat terkait rencana tersebut.

Fahrizal mengatakan, koordinasi akan dilakukan dengan Kementerian Dalam Negeri serta Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

"Tujuannya untuk mengetahui, apa saja yang harus didukung ataupun disiapkan pemerintah provinsi dalam rangka perjalanan menuju ibu kota pemerintahan," ungkapnya.

Keputusan terkait pemindahan ibu kota pemerintahan dari Jakarta ke daerah luar Jawa semakin mengerucut. Palangka Raya dan sekitarnya dinilai sangat siap menjadi salah satu alternatif calon ibu kota pemerintahan, terlebih usai dilakukannya survei maupun penilaian terkait hal itu, baik oleh Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Kemenko Polhukam) RI dan pihak lainnya.

Apalagi letak geografis Kalteng sangatlah strategis, yaitu posisinya berada di tengah suatu wilayah, tidak memiliki gunung berapi, aman dari gempa dan memiliki ketersediaan yang cukup banyak terhadap kebutuhan dasar seperti air.

Bahkan saat ini Kalteng telah menyiapkan antara 300-500 ribu hektare lahan untuk keperluan tersebut. Bappenas pun melalui Badan Informasi Geospasial telah melakukan survei berupa pemetaan terhadap kesiapan lahan di Kalteng pada pertengahan tahun 2018 lalu.(Liputan6)

KOMENTAR PEMBACA
Nama
Email
Komentar
 
  (masukkan kode di atas)
 
Sumatera Barat
Internasional
Yogyakarta
Sumatera Selatan
Sulawesi Tenggara
Sulawesi Tengah
Sulawesi Selatan
Sulawesi Barat
Sulawesi Utara
Riau
Papua Barat
Nusa Tenggara Timur
Nusa Tenggara Barat
Maluku Utara
Maluku
Lampung
Kepulauan Riau
Bangka Belitung
Kalimantan Utara
Kalimantan Timur
Kalimantan Selatan
Kalimantan Barat
Jawa Timur
Jawa Tengah
Jawa Barat
Jambi
Gorontalo
Bengkulu
Banten
Jakarta
Bali
Papua
Sumatera Utara
Aceh
Nasional

Terbaru

Terpopular

Dikomentari