Ternyata Makanan Pedas Bermanfaat Bagi Hormon Pria

Registrasi

 
Nama Lengkap
Email
Password
Ketik ulang Password
Jenis Kelamin
Pria Wanita

Member

 
Email
Password
Indosiana.com akan menggunakan informasi yang Anda berikan sesuai dengan "Privacy Policy" kami. Dengan mengklik Sign Up, berarti Anda setuju dengan ketentuan "Terms of Use" dan "Privacy Policy" ini, dan menyadari sepenuhnya bahwa pengumpulan, penyimpanan dan penggunaannya tunduk pada ketentuan dan perundangan yang berlaku di wilayah Republik Indonesia.

Ternyata Makanan Pedas Bermanfaat Bagi Hormon Pria

13 April 2019 08:32 | • Wartawan : redaksi • Editor : Laura Renalsi • Dibaca : 23 kali
Indosiana - Sebuah penelitian menyebutkan bahwa pria yang suka mengkonsumsi makanan pedas cenderung memiliki kadar testosteron lebih tinggi daripada yang lainnya.

Studi tersebut dipublikasikan dalam jurnal Phsyiology & Behaviour pada tahun 2014. Survei dilakukan pada 114 pria berusia 18 hingga 44 tahun. Mereka diberi pertanyaan mengenai pada makanan pedas.

Tidak hanya itu, para peserta juga di beri sepiring kentang tumbuk yang dihidangkan bersama saus pedass atau garam. Pria-pria ini diperbolehkan memakannya bersama bumbu tersebut sebebas yang mereka inginkan.

Melansir dari liputan6 pada Jumat (12/4/2019), peneliti dari University of Grenoble lalu melakukan uji coba pada air liur mereka. Dari situ, terlihat bahwa orang yang menyukai makanan pedas memiliki kadar testosteron yang lebih tinggi dibandingkan pria yang hanya menggarami makanannya

Mereka mencatat bahwa capcaisin, senyawa pedas dalam cabai, memiliki keterkaitan dengan perilaku dominan, agresi, serta pengambilan risiko. Di sisi lain, preferensi seseorang terhadap rasa pedas juga didorong oleh faktor fisiologi dan lingkungan.

Para peneliti menyatakan setiap budaya memiliki variasi yang berbeda-beda. Pada orang Perancis misalnya, mereka mungkin memiliki pendekatan yang berbeda pada makanan pedas dibanding para pria di Asia Tenggara. Hal ini karena di negara-negara Asia, budaya konsumsi makanan pedas telah bertumbuh dan tubuh orang-orang di sana telah mengembangkan toleransi.

"Alasan mendasar penggunaan rempah-rempah pedas oleh individu dengan kadar testosteron yang lebih tinggi harus dianalisis lebih lanjut, kemungkinan hasil tersebut juga berasal dari preferensi yang dipelajari atau bawaan," tulis para peneliti.

Tidak hanya untuk hormon testosteron saja, makanan pedas tetap memiliki manfaat lain. Pakar diet Bonnie Taub-Dix mengatakan bahwa senyawa capcaisin membantu meningkatkan metabolisme tubuh, serta membuat Anda lebih tahan dari godaan makanan manis.

"Setelah memiliki rasa pedas dan panas di mulut Anda, biasanya Anda tidak ingin kue setelahnya," kata Taub-Dix seperti dikutip Health24.

Seain itu, capsaicin juga mengandung antioksidan dan antimikroba yang melindungi tubuh dari bakteri jahat. Dalam sebuah penelitian terbaru, senyawa tersebut bisa mencegah kanker paru-paru menyebar ke organ tubuh lain.(liputan6)

KOMENTAR PEMBACA
Nama
Email
Komentar
 
  (masukkan kode di atas)
 
Sumatera Barat
Internasional
Yogyakarta
Sumatera Selatan
Sulawesi Tenggara
Sulawesi Tengah
Sulawesi Selatan
Sulawesi Barat
Sulawesi Utara
Riau
Papua Barat
Nusa Tenggara Timur
Nusa Tenggara Barat
Maluku Utara
Maluku
Lampung
Kepulauan Riau
Bangka Belitung
Kalimantan Utara
Kalimantan Timur
Kalimantan Selatan
Kalimantan Barat
Jawa Timur
Jawa Tengah
Jawa Barat
Jambi
Gorontalo
Bengkulu
Banten
Jakarta
Bali
Papua
Sumatera Utara
Aceh
Nasional

Terbaru

Terpopular

Dikomentari