Ini Tips Agar Tak Kena Skimming

Registrasi

 
Nama Lengkap
Email
Password
Ketik ulang Password
Jenis Kelamin
Pria Wanita

Member

 
Email
Password
Indosiana.com akan menggunakan informasi yang Anda berikan sesuai dengan "Privacy Policy" kami. Dengan mengklik Sign Up, berarti Anda setuju dengan ketentuan "Terms of Use" dan "Privacy Policy" ini, dan menyadari sepenuhnya bahwa pengumpulan, penyimpanan dan penggunaannya tunduk pada ketentuan dan perundangan yang berlaku di wilayah Republik Indonesia.

Ini Tips Agar Tak Kena Skimming

25 March 2019 13:42 | • Wartawan : redaksi • Editor : Laura Renalsi • Dibaca : 62 kali
INDOSIANA - Salah satu kasus pembobolan rekening bank menggunakan kartu ATM atau yang biasa disebut kimming masih saja sering terjadi. Oleh karenanya, pengguna ATM dihimbau untuk berhati-hati dan waspada ketika bertransaksi menggunakan ATM.

Dikutip dari detik, Analyst digital forensic Ruby Alamsyah memberikan beberapa tips kepada  agar tak kena skimming. 

Pertama, selalu gunakan mesin ATM yang berada di keramaian. Misalnya mesin perkantoran, kantor cabang hingga di mini market. 

"Ini agar lebih aman, apalagi di ATM yang berlokasi di kantor bank yang ada penjaga keamanannya," ujar Ruby saat dihubungi dilansir dari detikFinance, Senin (25/3/2019). 

Langkah yang kedua adalah rutin mengganti nomor PIN. Usahakan mengganti nomor PIN di mesin ATM yang berlokasi di kantor bank. Selanjutnya selalu tutup papan angka ketika memasukan nomor PIN. 

"Harus rajin juga mengecek mutasi atau histori rekening. Jadi jika ada yang mencurigakan bisa langsung dibuat laporan ke bank," jelasnya.

Tidak hanya itu, fitur notifikasi SMS banking juga sangat diperlukan. Pasalnya tidak setiap saat kita memeriksa histori rekening. Dengan notifikasi ini, maka aliran dana yang keluar masuk rekening bisa cepat terpantau dan langsung ditindak seperti pemblokiran. 

Setiap datang ke mesin ATM harus teliti memeriksa mesin apakah ada alat tambahan atau tidak. Misalnya di mulut mesin untuk memasukkan kartu, perhatikan adakah alat tambahan. 

"Jangan gunakan mesin ATM bila melihat ada alat tambahan yang tidak semestinya di sekitar mulut tempat kartu ATM masuk. Misalnya penambahan aksesoris menggunakan double tape atau sejenisnya, misalnya bisa dipasang dan dilepas dengan mudah," imbuh dia.(detik)
KOMENTAR PEMBACA
Nama
Email
Komentar
 
  (masukkan kode di atas)
 
Sumatera Barat
Internasional
Yogyakarta
Sumatera Selatan
Sulawesi Tenggara
Sulawesi Tengah
Sulawesi Selatan
Sulawesi Barat
Sulawesi Utara
Riau
Papua Barat
Nusa Tenggara Timur
Nusa Tenggara Barat
Maluku Utara
Maluku
Lampung
Kepulauan Riau
Bangka Belitung
Kalimantan Utara
Kalimantan Timur
Kalimantan Selatan
Kalimantan Barat
Jawa Timur
Jawa Tengah
Jawa Barat
Jambi
Gorontalo
Bengkulu
Banten
Jakarta
Bali
Papua
Sumatera Utara
Aceh
Nasional

Terbaru

Terpopular

Dikomentari