Hati-hati, Ini Dampak Menggunakan Softlens Sepanjang Hari

Registrasi

 
Nama Lengkap
Email
Password
Ketik ulang Password
Jenis Kelamin
Pria Wanita

Member

 
Email
Password
Indosiana.com akan menggunakan informasi yang Anda berikan sesuai dengan "Privacy Policy" kami. Dengan mengklik Sign Up, berarti Anda setuju dengan ketentuan "Terms of Use" dan "Privacy Policy" ini, dan menyadari sepenuhnya bahwa pengumpulan, penyimpanan dan penggunaannya tunduk pada ketentuan dan perundangan yang berlaku di wilayah Republik Indonesia.

Hati-hati, Ini Dampak Menggunakan Softlens Sepanjang Hari

08 March 2019 22:15 | • Wartawan : redaksi • Editor : Laura Renalsi • Dibaca : 18 kali
Indosiana - Lensa kontak atau biasa disebut softlens memberi daampak buruk apabila digunakan dalam jangka waktu lama. Pengguanaan terlalu lama dapat mengganggu kesehatan mata, tak hanya menyebabkan infeksi yang serius, tetapi juga dapat sebabkan kebutaan.

Lensa kontak sebetulnya tidak berbahaya dan aman apabila digunakan sesuai dengan aturan pakai yang tepat. Penggunaan lensa kontak menjadi berbahaya ketika lensa yang ditempelkan pada bola mata tersebut digunakan sepanjang hari, bahkan ketika tidur.

Menggunakan lensa kontak saat tidur dapat menyebabkan seseorang mengalami kehilangan penglihatan secara permanen. Laporan Web MD menyebutkan bahwa penggunaan lensa kontak selama 3-4 hari tanpa henti berpotensi menyebabkan infeksi serius pada kornea sehingga dapat memicu kebutaan. Hal ini telah terbukti pada beberapa kasus di Amerika Serikat.

Kasus lain, seorang remaja perempuan mengalami kerusakan kornea setelah menggunakan lensa kontak yang tidak diresepkan oleh dokter sepanjang hari hingga tidur. Tidak hanya itu, pernah juga seorang pria paruh baya hampir kehilangan penglihatannya setelah menggunakan lensa kontak nonstop selama dua minggu.

Dalam kasus ini, harus dilakukan transplantasi kornea karena terjadinya infeksi bakteri yang serius.

Profesor ophtalmologi dari Johns Hopkins University di Baltimore Amerika Serikat (AS) Oliver Schein mengatakan bahwa risiko infeksi kornea akibat penggunaan lensa kontak yang terlalu lama memang sudah terbukti bertahun-tahun.

Itulah sebabnya penggunaan lensa kontak harus dilakukan dengan aturan pakai yang tepat. Jangan pernah gunakan lensa kontak sampai hari berlalu, apalagi hingga dibawa tidur.(okezone)
KOMENTAR PEMBACA
Nama
Email
Komentar
 
  (masukkan kode di atas)
 
Sumatera Barat
Internasional
Yogyakarta
Sumatera Selatan
Sulawesi Tenggara
Sulawesi Tengah
Sulawesi Selatan
Sulawesi Barat
Sulawesi Utara
Riau
Papua Barat
Nusa Tenggara Timur
Nusa Tenggara Barat
Maluku Utara
Maluku
Lampung
Kepulauan Riau
Bangka Belitung
Kalimantan Utara
Kalimantan Timur
Kalimantan Selatan
Kalimantan Barat
Jawa Timur
Jawa Tengah
Jawa Barat
Jambi
Gorontalo
Bengkulu
Banten
Jakarta
Bali
Papua
Sumatera Utara
Aceh
Nasional

Terbaru

Terpopular

Dikomentari