Tips Bersihkan Botol Susu Agar Bayi Tetap Sehat

Registrasi

 
Nama Lengkap
Email
Password
Ketik ulang Password
Jenis Kelamin
Pria Wanita

Member

 
Email
Password
Indosiana.com akan menggunakan informasi yang Anda berikan sesuai dengan "Privacy Policy" kami. Dengan mengklik Sign Up, berarti Anda setuju dengan ketentuan "Terms of Use" dan "Privacy Policy" ini, dan menyadari sepenuhnya bahwa pengumpulan, penyimpanan dan penggunaannya tunduk pada ketentuan dan perundangan yang berlaku di wilayah Republik Indonesia.

Tips Bersihkan Botol Susu Agar Bayi Tetap Sehat

12 January 2019 16:17 | • Wartawan : redaksi • Editor : Laura Renalsi • Dibaca : 56 kali
Indosiana - Salah satu benda yang disebut paling dekat dengan bayi adalah botol susu. Agar si kecil terhindar dari masalah kesehatan, para orang tua perlu mencermati kebersian botol susu. 

Hampir setiap saat botol susu digunakan dalam kebutuhan sehari-hari. Namun, terkadang kita suka lalai dan tidak tahu bahwa botol susu anak sebenarnya juga membutuhkan perhatian khusus agar bisa tetap bersih dan higienis.

Berikut adalah cara untuk mencuci botol dengan benar:

1. Gunakan sabun khusus untuk mencuci botol

Saat mencuci botol susu, sebaiknya menggunakan sabun khusus pembersih botol dan peralatan bayi yang memiliki formula 100% food grade yang aman untuk bayi, punya stain removal yang dapat menghilangkan sisa lemak susu yang sering menibulkan bau pada botol bayi, dan juga pilih sabun pembersih botol yang tidak terlalu banyak menghasilkan busa, karena busa biasanya menandakan bahwa sabun tersebut memiliki kandungan detergent yang tinggi.

2. Lepas semua komponen dan mulai bersihkan botol dari dasar botol

Yang biasa terjadi, kita tidak melepas semua komponen dan hanya mencuci dibagian tertentu saja, terutama pada leher pengencang dot dan gelang dot. Padahal ternyata di tempat inilah biasanya banyak kotoran dan kuman menempel yang menjadi sumber penyakit. Jadi, pastikan untuk membuka semua elemen botol dan bersihkan satu persatu agar steril.

3. Gunakan sikat botol dan spon khusus untuk mencuci botol

Gunakan spons berbeda untuk mencuci botol dan peralatan bayi, dan jangan dicampur dengan spons yang biasa dipakai untuk mencuci peralatan rumah tangga lainnya. Hal ini bertujuan agar spons yang khusus digunakan untuk mencuci botol tidak terkontaminasi kuman atau bakteri dari sisa mencuci peralatan rumah tangga lainnya.

4. Bilas hingga bersih, keringkan dan sterilkan

Penting untuk membilas botol hingga bersih agar tidak ada sisa sabun yang tersisa dan pastikan juga proses pengeringan botol benar agar tidak timbul jamur pada botol. Lebih baik lagi jika botol juga disterilkan agar dapat dipakai kembali.Kita harus memastikan botol susu yang dipakai benar-benar steril dari kuman dan bakteri, agar bayi tetap sehat dan terhindar dari penyakit.

sumber: liputan6
KOMENTAR PEMBACA
Nama
Email
Komentar
 
  (masukkan kode di atas)
 
Sumatera Barat
Internasional
Yogyakarta
Sumatera Selatan
Sulawesi Tenggara
Sulawesi Tengah
Sulawesi Selatan
Sulawesi Barat
Sulawesi Utara
Riau
Papua Barat
Nusa Tenggara Timur
Nusa Tenggara Barat
Maluku Utara
Maluku
Lampung
Kepulauan Riau
Bangka Belitung
Kalimantan Utara
Kalimantan Timur
Kalimantan Selatan
Kalimantan Barat
Jawa Timur
Jawa Tengah
Jawa Barat
Jambi
Gorontalo
Bengkulu
Banten
Jakarta
Bali
Papua
Sumatera Utara
Aceh
Nasional

Terbaru

Terpopular

Dikomentari