Sering Angat Kista Endometriosis Bisa Sebabkan Perempuan Gagal Hamil

Registrasi

 
Nama Lengkap
Email
Password
Ketik ulang Password
Jenis Kelamin
Pria Wanita

Member

 
Email
Password
Indosiana.com akan menggunakan informasi yang Anda berikan sesuai dengan "Privacy Policy" kami. Dengan mengklik Sign Up, berarti Anda setuju dengan ketentuan "Terms of Use" dan "Privacy Policy" ini, dan menyadari sepenuhnya bahwa pengumpulan, penyimpanan dan penggunaannya tunduk pada ketentuan dan perundangan yang berlaku di wilayah Republik Indonesia.

Sering Angat Kista Endometriosis Bisa Sebabkan Perempuan Gagal Hamil

30 November 2018 22:10 | • Wartawan : redaksi • Editor : Laura Renalsi • Dibaca : 12 kali

Indosiana - Kista endometriosis yang merupakan salah satu penyakit kista yang berbahaya. Penyakit ini bisa menyebabkan perempuan mengalami infertilitas.

Kondisi tersebut mengakibatkan banyak keluhan sakit pada perempuan, sehingga harus ada penanganan khusus. Namun, sebenarnya dokter tidak menyarankan mengangkat kista  tersebut dalam rahim.

Sebab, efeknya bisa menurunkan fungsi sel telur. Sehingga, dalam jangka panjang bisa mnyebabkan gagal hamil.

Konsultan Obstetri dan Ginekologi Siloam Hospitals Kebon Jeruk dr med Ferdhy Suryadi Suwandinata Sp OG(K), FER menjelaskan, saat perempuan ingin kembali subur, metodenya kista dalam rahim jangan sering diangkat. Jaringan sel telur bisa menipis dan bikin semakin lemah fungsinya.

"Selama ini kalau ada kista pasti dibuang. Sebaiknya jangan, nanti malah susah dapat keturunan, karena sel telurnya akan habis," tutur dr Ferdhy dilansir dari Okezone.

Menurut dia, bila kista diangkat lebih dari dua kali pasti dampaknya bikin sulit hamil di masa mendatang. Banyak pula dokter tidak menyarankan karena risiko tersebut.

Namun, dr Ferdhy juga menjelaskan mengenai penyakit endometriosis lebih lanjut. Dia menyebutkan, gangguan ini merupakan salah satu masalah pada rahim.

Gangguan tersebut disebabkan karena sisa-sisa munculnya darah menstruasi yang menyakitkan. Namun sayangnya, banyak perempuan yang tidak tahu dan paham dengan penyakit ini.

Dokter Ferdhy menyebutkan, endometriosis dialami 1 dari 10 perempuan sebuah kelompok populasi. Penyakit ini paling sering memicu infertilitas.(okezone)
KOMENTAR PEMBACA
Nama
Email
Komentar
 
  (masukkan kode di atas)
 
Sumatera Barat
Internasional
Yogyakarta
Sumatera Selatan
Sulawesi Tenggara
Sulawesi Tengah
Sulawesi Selatan
Sulawesi Barat
Sulawesi Utara
Riau
Papua Barat
Nusa Tenggara Timur
Nusa Tenggara Barat
Maluku Utara
Maluku
Lampung
Kepulauan Riau
Bangka Belitung
Kalimantan Utara
Kalimantan Timur
Kalimantan Selatan
Kalimantan Barat
Jawa Timur
Jawa Tengah
Jawa Barat
Jambi
Gorontalo
Bengkulu
Banten
Jakarta
Bali
Papua
Sumatera Utara
Aceh
Nasional

Terbaru

Terpopular

Dikomentari