Tidur Miring Ke Kiri Bisa Membahayakan Jantung, Benarkah ?

Registrasi

 
Nama Lengkap
Email
Password
Ketik ulang Password
Jenis Kelamin
Pria Wanita

Member

 
Email
Password
Indosiana.com akan menggunakan informasi yang Anda berikan sesuai dengan "Privacy Policy" kami. Dengan mengklik Sign Up, berarti Anda setuju dengan ketentuan "Terms of Use" dan "Privacy Policy" ini, dan menyadari sepenuhnya bahwa pengumpulan, penyimpanan dan penggunaannya tunduk pada ketentuan dan perundangan yang berlaku di wilayah Republik Indonesia.

Tidur Miring Ke Kiri Bisa Membahayakan Jantung, Benarkah ?

24 November 2018 21:19 | • Wartawan : redaksi • Editor : Laura Renalsi • Dibaca : 112 kali
Indosiana - Jantung berada di sebelah kiri rongga dada. Sehingga banyak asumsi yang meyakini jantung akan terbebani ketika seseorang tidur dalam posisi miring ke kiri.

Jantung berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh, mendistribusikan oksigen dan zat-zat lain yang dibutuhkan oleh sel-sel tubuh. Jadi, jika tidur dengan posisi menghadap ke kiri, logikanya jantung akan 'tertindih' organ-organ lain di dalam rongga dada. Benarkah demikian?

Ahli jantung dr Aron Husink, Sp. JP saat ditemui dalam ISICAM-InaLive ke-10, seperti dilansir dari detik pada Sabtu (24/11/18) menyebutkan bahwa itu hanya mitos.

"Iya itu hanya mitos, tidak ada scienctific discussion yang membahas tentang itu, dalam rekomendasi-rekomendasi hidup sehatpun tidak pernah ada," ujarnya.

Dibanding posisi tidur, kesehatan jantung lebih ditentukan oleh gaya hidup lainnya. Seperti diet dan olahraga. Makan sehat dan olahraga teratur merupakan rekomendasi para ahli untuk menjaga jantung tetap sehat.

Diperkirakan 17,3 juta orang meninggal dunia tiap tahun di seluruh dunia karena sakit jantung. Pada 2030 diperkirakan angkanya mencapai 23 juta jiwa. Sedangkan di Indonesia, penyakit jantung tercatat sebagai penyebab kematian tertinggi yakni 37 persen.(detik)
KOMENTAR PEMBACA
Nama
Email
Komentar
 
  (masukkan kode di atas)