Ternyata Jeruk Juga Bermanfaat Bagi Mata

Registrasi

 
Nama Lengkap
Email
Password
Ketik ulang Password
Jenis Kelamin
Pria Wanita

Member

 
Email
Password
Indosiana.com akan menggunakan informasi yang Anda berikan sesuai dengan "Privacy Policy" kami. Dengan mengklik Sign Up, berarti Anda setuju dengan ketentuan "Terms of Use" dan "Privacy Policy" ini, dan menyadari sepenuhnya bahwa pengumpulan, penyimpanan dan penggunaannya tunduk pada ketentuan dan perundangan yang berlaku di wilayah Republik Indonesia.

Ternyata Jeruk Juga Bermanfaat Bagi Mata

19 November 2018 17:28 | • Wartawan : redaksi • Editor : Laura Renalsi • Dibaca : 22 kali

Ternyata Jeruk Juga Bermanfaat Bagi mata


Indosiana - Tidak hanya terkenal dengan buah yang kaya akan kandungan vitamin C-nya, Jeruk ternyata juga baik untuk kesehatan mata. Mengkonsumsi satu buah jeruk sehari dikklaim bisa mengurangi risiko kebutaan mata 60 persen.

Sebuah penelitian dari Universitas of Sydney mengungkapkan seseorang yang makan jeruk sekali sehari atau bahkan seminggu sekali, 60 persen lebih kecil kemungkinannya mengalami degenerasi makula.

Degenerasi makula merupakan penyakit menurunnya kemampuan penglihatan karena usia. Kondisi tersebut dinamakan degenerasi makula terkait usia (AMD). Ini dapat mempengaruhi penglihatan sentral dan mencegah seseorang melihat objek dengan jelas ke depan.

Penulis utama dari University of Sydney Profesor Barmini Gopinath, menjelaskan bahwa data menunjukkan flavonoid yang ditemukan pada jeruk muncul untuk membantu melindungi terhadap penyakit. Flavonoid adalah antioksidan kuat yang ditemukan pada hampir semua buah dan sayuran serta memiliki manfaat anti inflamasi yang penting untuk sistem kekebalan tubuh.

Tidak hanya jeruk, flavonoid juga terdapat dalam berbagai sumber makanan, termasuk apel, kacang-kacangan, teh, kedelai, anggur merah, dan buah lainnya. Namun, antioksidan dalam jeruk dikategorikan paling efektif dalam mencegah kehilangan penglihatan karena AMD.

"Penelitian kali ini berbeda dari sebelumnya karena lebih fokus meneliti hubungan antara flavonoid dan degenerasi makula," ungkap Gopinath seperti dikutip dari liputan6.

Studi tersebut meliputi lebih dari 2.037 orang yang rata-rata berusia sekitar 49 tahun selama masa waktu 15 tahun. Para penilai memantau kebiasaan diet peserta lewat kuesioner makanan dan menemukan orang yang makan jeruk lebih terisolasi terhadap risiko AMD ketimbang yang tak makan jeruk.

Gopinath juga mengungkapkan memakan jeruk seminggu sekali mempunyai manfaat yang signifikan.(liputan6)
KOMENTAR PEMBACA
Nama
Email
Komentar
 
  (masukkan kode di atas)
 
Sumatera Barat
Internasional
Yogyakarta
Sumatera Selatan
Sulawesi Tenggara
Sulawesi Tengah
Sulawesi Selatan
Sulawesi Barat
Sulawesi Utara
Riau
Papua Barat
Nusa Tenggara Timur
Nusa Tenggara Barat
Maluku Utara
Maluku
Lampung
Kepulauan Riau
Bangka Belitung
Kalimantan Utara
Kalimantan Timur
Kalimantan Selatan
Kalimantan Barat
Jawa Timur
Jawa Tengah
Jawa Barat
Jambi
Gorontalo
Bengkulu
Banten
Jakarta
Bali
Papua
Sumatera Utara
Aceh
Nasional

Terbaru

Terpopular

Dikomentari