Tips Hindari Kantuk Saat Berkendara Di Malam Hari

Registrasi

 
Nama Lengkap
Email
Password
Ketik ulang Password
Jenis Kelamin
Pria Wanita

Member

 
Email
Password
Indosiana.com akan menggunakan informasi yang Anda berikan sesuai dengan "Privacy Policy" kami. Dengan mengklik Sign Up, berarti Anda setuju dengan ketentuan "Terms of Use" dan "Privacy Policy" ini, dan menyadari sepenuhnya bahwa pengumpulan, penyimpanan dan penggunaannya tunduk pada ketentuan dan perundangan yang berlaku di wilayah Republik Indonesia.

Tips Hindari Kantuk Saat Berkendara Di Malam Hari

08 November 2018 14:32 | • Wartawan : redaksi • Editor : Laura Renalsi • Dibaca : 13 kali

Indosiana – Ngantuk merupakan salah satu penyebab kecelakaan yang sering membuat korban meninggal saat berkendara. Ada baiknya bila rasa itu muncul beristirahatlah untuk menghindari kecelakaan yang berakibat fatal.

Perhatikan hal-hal dari segi keamanan dan kenyamanan berkendara di malam hari. Karena jarak pandang Anda tidak leluasa, apalagi di jalan raya yang gelap.

Direktur Rifat Drive Labs (RDL), Rifat Sungkar mengatakan, banyak pengemudi yang suka membohongi dirinya sendiri dengan memaksakan tubuh yang lelah dan mata yang mengantuk untuk tetap fokus berkendara.

"Saya suka bingung sama orang Indonesia yang bangga bisa menyetir lama tanpa istirahat. Banyak orang kita yang dengan enteng bilang habis menyetir selama 16 jam bahkan 20 jam tanpa berhenti. Itu maksudnya apa. Mau sombong atau bagaimana. Ingat, walaupun sudah menyetir 20 jam juga belum tentu dapat piala dan jadi juara dunia,” terang Rifat Sungkar.

Pembalap profesional itu membeberkan tips yang bisa dilakukan pengemudi untuk mengurangi rasa kantuk, minimal sampai ia menemukan tempat aman untuk istirahat.

1. Selalu sedia air mineral dalam mobil

Tidak hanya untuk pelepas dahaga, air ini bisa digunakan untuk membasuh muka guna mengurangi rasa kantuk dan lelah. Jadi pengemudi tak perlu repot mencari toilet hanya untuk cuci muka.

2. Buka kaca jendela sedikit

Jika mulai terasa mengantuk, maka matikan pendingin udara dalam mobil dan bukalah kaca mobil. Hirup udara dari luar. Mengantuk bisa terjadi karena sirkulasi udara dalam mobil tidak baik. Selain itu, kondisi dalam kabin yang dingin pun bisa membuat tubuh terlalu nyaman saat berkendara.

3. Perhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi

Hindari makanan berlemak jenuh sebelum mengemudi karena bisa membuat mengantuk. Pengemudi bisa menggantinya dengan mengonsumsi snack, buah, atau biskuit. Untuk minuman, hindari yang mengandung alkohol, kafein, atau stimulan lain karena dapat mengganggu konsentrasi dan reaksi mengemudi. Gantilah dengan air mineral.

4. Maksimal mengemudi 2,5 jam

Batas maksimal tubuh dalam mengemudi hanya 2,5 jam. Jika melakukan perjalanan selama enam jam misalnya maka bisa dilakukan dua kali istirahat. Selain istirahat, saat berhenti, pengemudi juga bisa melakukan beberapa gerakan ringan untuk menyegarkan kembali anggota tubuh.

5.Istirahat sejenak

Jika mata mulai terasa lelah, sebaiknya berhenti di rest area. Jangan memaksakan kehendak untuk sampai tempat tujuan.

6.Tetesi mata

Saat mata terasa lelah dan kering saat berkendara, tetesi dengan obat mata sesuai resep dokter. Setidaknya, cara ini membantu membuat mata Anda nyaman dalam sekejap.

7.Minum banyak air

Saat malam hari juga butuh ekstra cairan tubuh. Maka itu, perbanyak minum air putih dan hindari minuman berenergi atau suplemen.(okezone)
KOMENTAR PEMBACA
Nama
Email
Komentar
 
  (masukkan kode di atas)
 
Sumatera Barat
Internasional
Yogyakarta
Sumatera Selatan
Sulawesi Tenggara
Sulawesi Tengah
Sulawesi Selatan
Sulawesi Barat
Sulawesi Utara
Riau
Papua Barat
Nusa Tenggara Timur
Nusa Tenggara Barat
Maluku Utara
Maluku
Lampung
Kepulauan Riau
Bangka Belitung
Kalimantan Utara
Kalimantan Timur
Kalimantan Selatan
Kalimantan Barat
Jawa Timur
Jawa Tengah
Jawa Barat
Jambi
Gorontalo
Bengkulu
Banten
Jakarta
Bali
Papua
Sumatera Utara
Aceh
Nasional

Terbaru

Terpopular

Dikomentari