Ternyata Ini Penyebab Bayi 4 Bulan Sering Terbangun Saat Tidur

Registrasi

 
Nama Lengkap
Email
Password
Ketik ulang Password
Jenis Kelamin
Pria Wanita

Member

 
Email
Password
Indosiana.com akan menggunakan informasi yang Anda berikan sesuai dengan "Privacy Policy" kami. Dengan mengklik Sign Up, berarti Anda setuju dengan ketentuan "Terms of Use" dan "Privacy Policy" ini, dan menyadari sepenuhnya bahwa pengumpulan, penyimpanan dan penggunaannya tunduk pada ketentuan dan perundangan yang berlaku di wilayah Republik Indonesia.

Ternyata Ini Penyebab Bayi 4 Bulan Sering Terbangun Saat Tidur

20 October 2018 16:15 | • Wartawan : redaksi • Editor : Laura Renalsi • Dibaca : 35 kali

Indosiana - Setiap orang tua harus mengetahui perkembangan bayinya, apalagi bagi mereka yang baru pertama kali memiliki buah hati. Termasuk ketika bayi mudah terbangun dari tidur dan gampang rewel.

Kondisi tersebut biasanya sering terjadi ketika bayi berusia 4 bulan, atau biasa dikenal dengan four-month sleep regression. Seperti yang disampaikan oleh Medical Co-director of the St. Luke’s Sleep Medicine and Research Center, dokter Shalini Paruthi seperti dilansir liputan6.

"Secara medis memang kondisi tersebut tak ada penjelasan ilmiah. Bayi yang sudah memiliki jam tidur teratur tetapi saat usia 4 bulan malah kerap terbangun dan rewel," katanya.

hal tersebut bisa saja karena ia memang mengalami masalah kesehatan atau sedang mengalami lompatan perkembangan yang pesat.

Para ahli perkembangan anak menyebutkan bahwa bayi empat bulan yang sering terbangun karena mereka mengalami perkembangan pertumbuhan yang signifikan. Sehingga membutuhkan lebih banyak asupan ASI atau susu. Banyak juga yang mengstilahkannya sebagai 'growth spurt'.

Bayi kerap merasa tak nyaman pada tubunya saat mereka haus. Tak heran kalau mereka sering kali terbangun dan meminta susu. Biasanya, di usia tersebut pertambahan berat badannya juga meningkat drastis.

"Bayi juga beradaptasi lagi dengan jam tidurnya. Kemampuan motorik dan kognitifnya semakin baik, semua terjadi pada waktu yang sama," uja rAnn Halbower, seorang dokter anak dari Children’s Hospital Colorado.

Untuk itu, jangan kaget jika saat usia empat bulan si kecil akan sering kali terbangun tengah malam. Untuk meredakan rasa tak nyamannya, susui lebih sering. Berikan pijatan lembut agar ia merasa lebih tenang dan kembali tidur.(liputan6)
KOMENTAR PEMBACA
Nama
Email
Komentar
 
  (masukkan kode di atas)
 
Sumatera Barat
Internasional
Yogyakarta
Sumatera Selatan
Sulawesi Tenggara
Sulawesi Tengah
Sulawesi Selatan
Sulawesi Barat
Sulawesi Utara
Riau
Papua Barat
Nusa Tenggara Timur
Nusa Tenggara Barat
Maluku Utara
Maluku
Lampung
Kepulauan Riau
Bangka Belitung
Kalimantan Utara
Kalimantan Timur
Kalimantan Selatan
Kalimantan Barat
Jawa Timur
Jawa Tengah
Jawa Barat
Jambi
Gorontalo
Bengkulu
Banten
Jakarta
Bali
Papua
Sumatera Utara
Aceh
Nasional

Terbaru

Terpopular

Dikomentari