Amankan ASI Ibu Yang Memakai Implan?

Registrasi

 
Nama Lengkap
Email
Password
Ketik ulang Password
Jenis Kelamin
Pria Wanita

Member

 
Email
Password
Indosiana.com akan menggunakan informasi yang Anda berikan sesuai dengan "Privacy Policy" kami. Dengan mengklik Sign Up, berarti Anda setuju dengan ketentuan "Terms of Use" dan "Privacy Policy" ini, dan menyadari sepenuhnya bahwa pengumpulan, penyimpanan dan penggunaannya tunduk pada ketentuan dan perundangan yang berlaku di wilayah Republik Indonesia.

Amankan ASI Ibu Yang Memakai Implan?

19 October 2018 14:21 | • Wartawan : redaksi • Editor : Laura Renalsi • Dibaca : 36 kali

Indosiana - Kebanyakan wanita memasang implan payudara tanpa berpikir efek sampingnya. Hingga beberapa pertanyaan akan muncul ketika mereka akan memiliki bayi. Apakah mereka bisa menyusui anak nantinya? Atau amankah air susu yang diproduksinya?

Seperti dikutip dari liputan6 yang melansir laman boldsky menyebutkan wanita dengan implan masih bisa menyusui anaknya. Hal ini dikarenakan wanita masih memiliki kelenjar susu, tandanya ia bisa memproduksi ASI. Memasang implan pada payudara bukan berarti menghilangkan kelenjar dan saluran air susu.

Namun, hal lain yang dikhawatirkan adalah kebocoran implan payudara. Mereka takut ketika implan pecah akan mempengaruhi ASI.

Perlu diketahui ada dua jenis implan yang digunakan untuk membesarkan payudara yaitu saline (air garam steril) dan silikon. Menurut sebuah penelitian, jika implan saline bocor dan mempengaruhi ASI hingga bayi meminumnya, ini bukanlah masalah besar dan aman.

Sementara untuk silikon, implan ini masih terbilang aman karena tidak mudah bocor atau pecah. Sekalipun silikon ini pecah, ia tak akan bercampur dengan ASI seperti garam.

Lalu di mana baiknya implan diletakkan, agar masih bisa menyusui?

Sebaiknya, implan ditempatkan di belakang payudara, di antara jaringan payudara dan otot dada. Ini tidak menyebabkan kerusakan pada saluran susu dan saraf sensitif. Tetapi, jika implan yang ditempatkan di dekat areola dapat mengurangi sensitivitas puting dan mengganggu pasokan ASI.

Ibu menyusui yang memiliki implan biasanya akan mengalami perubahan payudara selama dan setelah kehamilan. Ini sangat wajar apalagi jika puting kurang sensitif dan ukuran payudara jadi semakin bengkak.

Implan yang terpasang akan membuat puting menjadi kurang sensitif, hal ini dikarenakan ada saraf yang rusak di dekat areola akibat pemasangan implan.

Sedangkan alasan mengapa payudara membengkak, hal ini dikarenakan saat kehamilan payudara wanita akan membesar secara alamiah, di mana kondisi ini akan membuat implan semakin tertekan dan membuat kerusakan saraf.(liputan6)
KOMENTAR PEMBACA
Nama
Email
Komentar
 
  (masukkan kode di atas)
 
Sumatera Barat
Internasional
Yogyakarta
Sumatera Selatan
Sulawesi Tenggara
Sulawesi Tengah
Sulawesi Selatan
Sulawesi Barat
Sulawesi Utara
Riau
Papua Barat
Nusa Tenggara Timur
Nusa Tenggara Barat
Maluku Utara
Maluku
Lampung
Kepulauan Riau
Bangka Belitung
Kalimantan Utara
Kalimantan Timur
Kalimantan Selatan
Kalimantan Barat
Jawa Timur
Jawa Tengah
Jawa Barat
Jambi
Gorontalo
Bengkulu
Banten
Jakarta
Bali
Papua
Sumatera Utara
Aceh
Nasional

Terbaru

Terpopular

Dikomentari