Ini Arti Aturan Minum Obat 3 x 1 Sebenarnya

Registrasi

 
Nama Lengkap
Email
Password
Ketik ulang Password
Jenis Kelamin
Pria Wanita

Member

 
Email
Password
Indosiana.com akan menggunakan informasi yang Anda berikan sesuai dengan "Privacy Policy" kami. Dengan mengklik Sign Up, berarti Anda setuju dengan ketentuan "Terms of Use" dan "Privacy Policy" ini, dan menyadari sepenuhnya bahwa pengumpulan, penyimpanan dan penggunaannya tunduk pada ketentuan dan perundangan yang berlaku di wilayah Republik Indonesia.

Ini Arti Aturan Minum Obat 3 x 1 Sebenarnya

24 September 2018 16:54 | • Wartawan : redaksi • Editor : Laura Renalsi • Dibaca : 51 kali

INDOSIANA - Biasanya dokter memberikan anjuran minum obat dalam beberapa jenis aturan. Ada yang 3 x 1 atau 2 x 1. Sebenarnya apa yang dimaksud dari aturan tersebut ?

Aturan ini diartikan sebagai diminum 3 kali dalam sehari untuk 3 x 1, atau dua kali dalam sehari untuk 2 x 1.

Pemaknaan aturan tersebut ternyata kurang tepat. Seolah mengindikasikan obat boleh diberikan kapan saja asal tiga kali dalam sehari.

Ketua Departemen Laboratorium Mikrobiologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Anis Karuniawati menjelaskan mengenai aturan pakai obat tersebut.

"Aturan pakai 3 x 1 artinya obat diminum tiap 8 jam, sama seperti konsumsi obat tiap 12 jam untuk aturan pakai 2 x 1," kata Anis.

Anis mengatakan, konsumsi obat diatur berdasarkan jam untuk menjamin kecukupan kadar obat dalam tubuh. Dalam riset dengan menggunakan antibiotik, kadar obat dalam tubuh turun setelah 8 jam. Kadar obat harus ditambah untuk memperkuat perlawanan terhadap patogen.

Minum tepat waktu dan dosis menjaga konsentrasi obat sesuai keperluan melawan penyakit. Dengan demikian, pasien bisa segera pulih karena obat bekerja maksimal. Sementara pasien harus menjaga kesehatan supaya bisa beraktivitas seperti biasa.

Anis juga menyarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terkait sebelum minum obat. Hal ini untuk memastikan obat yang diperoleh sesuai dengan penyakit yang dialami.(detik)


KOMENTAR PEMBACA
Nama
Email
Komentar
 
  (masukkan kode di atas)
 
Sumatera Barat
Internasional
Yogyakarta
Sumatera Selatan
Sulawesi Tenggara
Sulawesi Tengah
Sulawesi Selatan
Sulawesi Barat
Sulawesi Utara
Riau
Papua Barat
Nusa Tenggara Timur
Nusa Tenggara Barat
Maluku Utara
Maluku
Lampung
Kepulauan Riau
Bangka Belitung
Kalimantan Utara
Kalimantan Timur
Kalimantan Selatan
Kalimantan Barat
Jawa Timur
Jawa Tengah
Jawa Barat
Jambi
Gorontalo
Bengkulu
Banten
Jakarta
Bali
Papua
Sumatera Utara
Aceh
Nasional

Terbaru

Terpopular

Dikomentari