Mulai 1 Desember Dilarang Pakai Kantong Plastik Di Bogor

Registrasi

 
Nama Lengkap
Email
Password
Ketik ulang Password
Jenis Kelamin
Pria Wanita

Member

 
Email
Password
Indosiana.com akan menggunakan informasi yang Anda berikan sesuai dengan "Privacy Policy" kami. Dengan mengklik Sign Up, berarti Anda setuju dengan ketentuan "Terms of Use" dan "Privacy Policy" ini, dan menyadari sepenuhnya bahwa pengumpulan, penyimpanan dan penggunaannya tunduk pada ketentuan dan perundangan yang berlaku di wilayah Republik Indonesia.

Mulai 1 Desember Dilarang Pakai Kantong Plastik Di Bogor

23 September 2018 21:51 | • Wartawan : redaksi • Editor : Laura Renalsi • Dibaca : 101 kali
INDOSIANA - Mulai 1 Desember 2018 pemerintah Kota Bogor, Jawa Barat akan memberlakukan larangan penggunaan kantong plastik. Larangan ini berlaku di pusat perbelanjaan modern, seperti pasar swalayan, mal, dan minimarket.

Kepala Bidaang Persampahan Dinas Lingkungan Hidup Kota Bogor Mochamad Ade Nugraha mengatakan sebagai landasan hukum, Pemkot Bogor telah mengeluarkan Peraturan Wali Kota (Perwali) Nomor 61 tahun 2018 tentang Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik.

"Regulasinya sudah ada berupa perwali. Ini sebagai payung hukum untuk pelarangan kantong plastik," kata Nugraha, Minggu (23/9/2018) dikutip dari liputan6.

Pihaknya terus berupaya menyosialisasikan larangan penggunaan kantong plastik ke seluruh toko modern dan mal, sekaligus membagikan kantong ramah lingkungan kepada masyarakat.

"Kami lakukan sosialisasi ke masyarakat seperti di taman-taman ataupun di pusat perbelanjaan supaya saat belanja membawa kantong dari rumah," terang Nugraha.

Volume sampah di Kota Bogor mencapai 700 ton per hari, 100 ton di antaranya adalah sampah plastik.

"Tentu ini sangat memperihatinkan. Apalagi sampah plastik butuh waktu 200 tahun agar bisa terurai," ucap Nugraha.

Diharapkan pelarangan kantong plastik ini bisa mengurangi sampah tersebut sehingga kerusakan lingkungan dapat diminimalisasi.

Kota Bogor akan menjadi kota ke-4 yang menerapkan larangan penggunaan kantong plastik di toko modern dan mal, setelah Kota Banjarmasin, Balikpapan, dan Kota Bandung.(liputan6)

KOMENTAR PEMBACA
Nama
Email
Komentar
 
  (masukkan kode di atas)