Dalih-Dalih Partai Politik Jualan Caleg Artis

Registrasi

 
Nama Lengkap
Email
Password
Ketik ulang Password
Jenis Kelamin
Pria Wanita

Member

 
Email
Password
Indosiana.com akan menggunakan informasi yang Anda berikan sesuai dengan "Privacy Policy" kami. Dengan mengklik Sign Up, berarti Anda setuju dengan ketentuan "Terms of Use" dan "Privacy Policy" ini, dan menyadari sepenuhnya bahwa pengumpulan, penyimpanan dan penggunaannya tunduk pada ketentuan dan perundangan yang berlaku di wilayah Republik Indonesia.

Dalih-Dalih Partai Politik Jualan Caleg Artis

17 July 2018 10:29 | • Wartawan : redaksi • Editor : • Dibaca : 116 kali

Indosiana.com - Kalangan artis masih menjadi jualan partai politik mendulang suara di Pemilu 2019. Popularitas para artis dianggap modal besar untuk meraup elektabilitas. Namun, kenyataannya tak semudah di atas kertas.

Dahulu ada PAN yang identik dengan beberapa calon legislatif (caleg) dari kalangan artis. Kini, Nasdem menjadi salah satu partai yang mengakomodir caleg dari berlatar belakang artis, antara lain: Nafa Urbach, Tessa Kaunang, Kristina, Manohara Odelia Pinot, Olla Ramlan, dan Okky Asokawati.

Sekretaris Jenderal Partai Nasdem, Johny G Plate mengatakan nama-nama itu belum seberapa. ”Saya tidak hafal, ada beberapa puluh,” klaim Johny.

Menurut anggota Dewan Pakar Partai Nasdem Teuku Taufiqulhadi partainya memang sengaja memberi ruang terbuka bagi para artis menjadi caleg. Hal ini karena artis memiliki basis penggemar yang diharapkan bisa dikonversi menjadi basis dukungan, tanpa mempertimbangkan kemampuan.

“Artis banyak pendukungnya, maka coba [kami] hadirkan. Kan di DPR juga ada [artis] yang serius,” katanya, Senin (16/7/2018).

“Yang bukan artis itu kita berpikir serius tidak juga, banyak yang tidak serius,” kilahnya.

Taufiqulhadi menolak adanya anggapan langkah parpol merangkul artis dipilih sebatas menjadi jalan pintas partai meraih elektabilitas. Sebab selain artis caleg Nasdem juga ada yang berlatarbelakang pengusaha. “Siapa yang maju melalui Nasdem, kami dukung,” katanya.

Partai Berkarya juga memberi jalan lebar-lebar bagi pesohor berlatarbelakang artis. Mereka diantaranya ialah Raslina Rasidin, Donny Kusuma, Annisa Trihapsari, Sultan Pasya Djorghi, dan Andi Arsyl Rahman Putra. “Yang terkenal Tukang Bubur Naik Haji itu,” kata Sekjen Partai Berkarya Priyo Budi Santoso.

“Mungkin juga Angel Lelga.”

Ketua DPP Partai Berkarya Badarudin Andi Picunang juga menepis anggapan artis dimanfaatkan partai untuk mendulang dukungan. Sebab menurutnya proporsi jumlah artis dibandingkan total keseluruhan caleg yang diajukan Partai Berkarya tidaklah seberapa. Hanya ada sekitar lima sampai tujuh caleg berlatarbelakang artis dari total lima ratusan caleg.

“Itu hanya satu dari berbagai cara. Karena dia berminat ya kita tampung bukan program utama kami untuk mengandalkan teman-teman dari kalangan selebritas itu,” kata Andi pada dikutip dari tirto.

Andi mengatakan masyarakat yang akan menentukan siapa wakil rakyat mereka, tak peduli apakah artis, pengusaha, dan akademisi. Andi bilang setiap caleg, termasuk artis, sudah diseleksi berdasarkan pendidikan dan rekam jejak. Selama mereka tidak mempunyai kredibilitas buruk di masyarakat, maka Partai Berkarya akan menerimanya. Ia juga memastikan para artis yang lolos menjadi anggota DPR akan ditempatkan di komisi yang sesuai dengan latar kemampuan mereka.

“Artis ini selain kelebihan fisik, kami juga melihat dari kualitasnya kan mungkin pengalaman, wawasannya segala macam itu memenuhi syarat di kami,” ujarnya.
KOMENTAR PEMBACA
Nama
Email
Komentar
 
  (masukkan kode di atas)
 
Sumatera Barat
Internasional
Yogyakarta
Sumatera Selatan
Sulawesi Tenggara
Sulawesi Tengah
Sulawesi Selatan
Sulawesi Barat
Sulawesi Utara
Riau
Papua Barat
Nusa Tenggara Timur
Nusa Tenggara Barat
Maluku Utara
Maluku
Lampung
Kepulauan Riau
Bangka Belitung
Kalimantan Utara
Kalimantan Timur
Kalimantan Selatan
Kalimantan Barat
Jawa Timur
Jawa Tengah
Jawa Barat
Jambi
Gorontalo
Bengkulu
Banten
Jakarta
Bali
Papua
Sumatera Utara
Aceh
Nasional

Terbaru

Terpopular

Dikomentari