Harga Cabe Rawit Merah Meroket

Registrasi

 
Nama Lengkap
Email
Password
Ketik ulang Password
Jenis Kelamin
Pria Wanita

Member

 
Email
Password
Indosiana.com akan menggunakan informasi yang Anda berikan sesuai dengan "Privacy Policy" kami. Dengan mengklik Sign Up, berarti Anda setuju dengan ketentuan "Terms of Use" dan "Privacy Policy" ini, dan menyadari sepenuhnya bahwa pengumpulan, penyimpanan dan penggunaannya tunduk pada ketentuan dan perundangan yang berlaku di wilayah Republik Indonesia.

Harga Cabe Rawit Merah Meroket

09 July 2018 13:39 | • Wartawan : redaksi • Editor : • Dibaca : 44 kali

INDOSIANA - Minimnya pasokan dari pihak pengepul menyebabkan harga cabai seperti cabai rawit merah, cabai merah kriting dan cabai rawit hijau naik. Melonjaknya harga cabai ini di pasar tradisional tercatat sejak awal pekan ini.

Seorang pedagang sayuran di Pasar Kebayoran Lama, Utin (47) mengatakan harga cabai yang ia jual telah naik menjadi Rp 65 ribu per kilogram (kg) sejak 5 hari yang lalu.

"Rawit merah sekarang Rp 65 ribu (per kg), tadinya sekitaran Rp 45-50 ribu (per kg). Sudah 5 hari ini naik," keluh dia.

Sementara itu, harga cabai merah keriting saat ini juga menanjak, dari Rp 40 ribu per kg jadi Rp 45 ribu per kg. Begitu pula harga jual cabai rawit hijau, dari kisaran Rp 35-40 ribu per kg menjadi Rp 45 ribu per kg.

Dia menyebutkan kenaikan harga ini diakibatkan karena turunnya pasokan dari pihak pengepul di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta. Alasannya, tanah produksi cabai di area Jawa dan Sumatera banyak yang tergenang air.

"Ini (produk cabai) disetor dari induk di Kramat Jati. Setorannya lagi turun soalnya banjir di Jawa dan Sumatera," urai Utin.

Berbeda dengan cabai, harga jual produk bawang yang Utin tawarkan kini tengah turun. Seperti yang dialami bawang merah, yang telah sepekan turun dari Rp 40 ribu per kg menjadi Rp 30 ribu per kg.

"Bawang putih bulat juga turun Rp 30 ribu (per kg), tadinya Rp 40 ribu (per kg). Kalau bawang putih cutting turunnya sekarang Rp 40 ribu (per kg), tadinya bisa sampai Rp 50-60 ribu (per kg)," ucap dia.

Penurunan harga pun dialami oleh komoditas sayuran lain yang dijual Utin, yakni kentang. "Kentang turun, sekarang Rp 13 ribu per kg, tadinya Rp 15 ribu per kg. Sudah setengah bulan," pungkasnya.(liputan6)
KOMENTAR PEMBACA
Nama
Email
Komentar
 
  (masukkan kode di atas)
 
Sumatera Barat
Internasional
Yogyakarta
Sumatera Selatan
Sulawesi Tenggara
Sulawesi Tengah
Sulawesi Selatan
Sulawesi Barat
Sulawesi Utara
Riau
Papua Barat
Nusa Tenggara Timur
Nusa Tenggara Barat
Maluku Utara
Maluku
Lampung
Kepulauan Riau
Bangka Belitung
Kalimantan Utara
Kalimantan Timur
Kalimantan Selatan
Kalimantan Barat
Jawa Timur
Jawa Tengah
Jawa Barat
Jambi
Gorontalo
Bengkulu
Banten
Jakarta
Bali
Papua
Sumatera Utara
Aceh
Nasional

Terbaru

Terpopular

Dikomentari