Jokowi Diberi Anugerah Nama Adat 'Kambepit'

Registrasi

 
Nama Lengkap
Email
Password
Ketik ulang Password
Jenis Kelamin
Pria Wanita

Member

 
Email
Password
Indosiana.com akan menggunakan informasi yang Anda berikan sesuai dengan "Privacy Policy" kami. Dengan mengklik Sign Up, berarti Anda setuju dengan ketentuan "Terms of Use" dan "Privacy Policy" ini, dan menyadari sepenuhnya bahwa pengumpulan, penyimpanan dan penggunaannya tunduk pada ketentuan dan perundangan yang berlaku di wilayah Republik Indonesia.

Jokowi Diberi Anugerah Nama Adat 'Kambepit'

12 April 2018 13:55 | • Wartawan : redaksi • Editor : Elvi Darmawarni • Dibaca : 31 kali
Indosiana.com - Dianugerahi nama adat beserta gelarnya oleh masyarakat Kabupaten Asmat, Papua. kepada Presiden Joko Widodo Nama adat untuk Jokowi, yakni Kambepit. Adapun gelar untuk Kepala Negara, yakni panglima perang Asmat.

Dan juga Penganugerahan nama adat berikut gelar itu dilaksanakan usai Jokowi turun dari helikopter dan menginjak tanah Asmat untuk pertama kalinya di Pelabuhan Agats, Kamis (12/4/2018).

“Selamat datang. Hari ini masyarakat adat Asmat memberikan nama, Kambepit dengan gelar panglima perang adat Asmat,” ujar salah seorang tetua adat.

Nama Kambepit diambil dari nama salah satu panglima perang Suku Asmat zaman dahulu. Tak hanya dikenal pandai berperang, Kambepit juga merupakan tokoh adat pembawa perubahan bagi masyarakat Asmat. Seiring dengan itu, para tetua adat menyerahkan dayung kepada Presiden Jokowi.

“Bapak, dayung ini kami berikan untuk Bapak mendayung perahu republik, memimpin kami, agar tidak melenceng dari tujuan negara,” lanjut dia. “Kami sudah menderita. Tapi kami percaya panglima perang kami akan memimpin kami ke masa depan yang lebih baik,” lanjut dia.

“Kami sudah menderita. Tapi kami percaya panglima perang kami akan memimpin kami ke masa depan yang lebih baik,” tambah dia.

Tidak hanya dayung, tetua adat juga menyerahkan sebuah noken kepada Presiden. Salah seorang tetua berdiri di hadapan Jokowi, kemudian mengalungkan sebuah noken di lehernya.

Prosesi pemberian nama adat beserta gelar kepada Jokowi itu sekaligus sebagai acara pembuka kegiatan Kepala Negara di Kabupaten Asmat. Usai itu, Jokowi akan menghadiri sejumlah acara di Asmat.

KOMENTAR PEMBACA
Nama
Email
Komentar
 
  (masukkan kode di atas)