3.800 WNI ingin jadi warga negara Jepang

Registrasi

 
Nama Lengkap
Email
Password
Ketik ulang Password
Jenis Kelamin
Pria Wanita

Member

 
Email
Password
Indosiana.com akan menggunakan informasi yang Anda berikan sesuai dengan "Privacy Policy" kami. Dengan mengklik Sign Up, berarti Anda setuju dengan ketentuan "Terms of Use" dan "Privacy Policy" ini, dan menyadari sepenuhnya bahwa pengumpulan, penyimpanan dan penggunaannya tunduk pada ketentuan dan perundangan yang berlaku di wilayah Republik Indonesia.

3.800 WNI ingin jadi warga negara Jepang

10 April 2018 15:30 | • Wartawan : redaksi • Editor : Elvi Darmawarni • Dibaca : 12 kali

Indosian.com - Pada saat ini Ada ribuah WNI mengajukan warga negara Jepang,kata Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia, Sedikitnya 3.800 warga Indonesia menjadi pencari suaka di Jepang sejak 2015 lalu.

"Mereka pencari suaka itu memang demi pekerjaan, " ujar Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia Lalu Muhammad Iqbal kepada wartawan di Jakarta, Senin (9/4).

Berdasarkan data yang dimiliki tercatat WNI pencari suaka mulai meningkat sejak diberlakukannya kunjungan bebas visa bagi pemegang e-paspor. Jumlahnya pun meningkat, pada 2015 terdapat 696 orang dan 2016 menjadi 1.829 orang. Meski begitu jumlah pencari suaka menurun pada tahun 2017 yakni 1.342 orang.

Menurut Iqbal data ini diperoleh dari pengadilan karena Jepang sangat menjaga data para pencari suaka di negara mereka. Namun hingga kini belum ada WNI pencari suaka yang diterima sebagai warga negara Jepang lantaran tidak ada alasan mendesak yang melatarbelakangi.

"Karena motif mereka ekonomi," ujar Iqbal.

Untuk mencegah semakin banyaknya WNI yang menyalahgunakan prosedur, Pihak Kementerian Luar Negeri RI telah bekerja sama dengan sejumlah daerah seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan NTB untuk mensosialisasikan agar tidak mudah ditipu oleh sindikat pencari kerja.
KOMENTAR PEMBACA
Nama
Email
Komentar
 
  (masukkan kode di atas)
 
Sumatera Barat
Internasional
Yogyakarta
Sumatera Selatan
Sulawesi Tenggara
Sulawesi Tengah
Sulawesi Selatan
Sulawesi Barat
Sulawesi Utara
Riau
Papua Barat
Nusa Tenggara Timur
Nusa Tenggara Barat
Maluku Utara
Maluku
Lampung
Kepulauan Riau
Bangka Belitung
Kalimantan Utara
Kalimantan Timur
Kalimantan Selatan
Kalimantan Barat
Jawa Timur
Jawa Tengah
Jawa Barat
Jambi
Gorontalo
Bengkulu
Banten
Jakarta
Bali
Papua
Sumatera Utara
Aceh
Nasional

Terbaru

Terpopular

Dikomentari