Gunung Terpendek Ada Di China

Registrasi

 
Nama Lengkap
Email
Password
Ketik ulang Password
Jenis Kelamin
Pria Wanita

Member

 
Email
Password
Indosiana.com akan menggunakan informasi yang Anda berikan sesuai dengan "Privacy Policy" kami. Dengan mengklik Sign Up, berarti Anda setuju dengan ketentuan "Terms of Use" dan "Privacy Policy" ini, dan menyadari sepenuhnya bahwa pengumpulan, penyimpanan dan penggunaannya tunduk pada ketentuan dan perundangan yang berlaku di wilayah Republik Indonesia.

Gunung Terpendek Ada Di China

30 March 2018 13:20 | • Wartawan : redaksi • Editor : Elvi Darmawarni • Dibaca : 63 kali

INDOSIANA - Gunung Jing di Provinsi Shandong, China merupakan sebuah anomali. Sebab, 'gundukan batu' yang hanya memiliki ketinggian 60 cm dan lebar 70 cm ini tetap disebut 'gunung'.

Hampir semua orang menganggap sebuah gunung memiliki ketinggian ribuan meter dari permukaan laut. COntohnya saja Gunung Everest yang tinggiya lebih dari 8.000 meter. Begitu juga Gunung Jayawijaya, Papua yang tingginya hampir 5.000 meter dari permukaan laut.

Gundukan batu di sebuah ladang kosong yang terlihat setinggi 60 cm itu diyakini bagian dari puncak Gunung Jing. Sedangkan sisanya, terkubur hingga kedalaman lebih dari 50 meter yang oleh sejarawan diklasifikasi serupa dengan Gunung Everest dan Kilimanjaro.

"Di zaman Republik China, beberapa orang mengklaim gundukan batu itu adalah sebuah gunung bukan sekadar batu," kata Zhen Binhai, mantan kurator Museum Shougang dikutip dari kompas.

Pemerintah lalu meminta sejumlah orang menggali di sekitar batu itu. Mereka menggali amat lama dan tak bisa mencapai dasarnya. Itulah sebabnya batu ini diklasifikasikan sebagai gunung," tutur Binhai.

"Pada 1958, penggalian dilakukan kembali dan mereka juga tak bisa menemuan dasarnya. Sehingga Jing dipastikan sebagai gunung terpendek di negeri ini," tambah Binhai.

Tempat yang sekarang menjadi wisata populer ini ternyata mempunya legenda menarik seperti yang diungkapkan oleh salah seorang warga masyarakat setempat.

"Menurut legenda ratusan tahun lalu, seorang perempuan buang air di puncak gunung sehingga membuat pertumbuhannya berhenti," ujar warga tersebut. Kini, menggali di sekitar gunung itu dilarang pemerintah. Demikian dikabarkan kompas.

Terpisah, para ahli geologi tetap beranggapan gunung harus memiliki ketinggian setidaknya 300 meter dari permukaan di sekitarnya. Menurut The Summit Register, puncak gunung terpendek secara resmi adalah Gunung Wycheproof di Australia yang memiliki ketinggian 486 meter

KOMENTAR PEMBACA
Nama
Email
Komentar
 
  (masukkan kode di atas)