Olahraga Bikin Penderita Jantung Panjang Umur

Registrasi

 
Nama Lengkap
Email
Password
Ketik ulang Password
Jenis Kelamin
Pria Wanita

Member

 
Email
Password
Indosiana.com akan menggunakan informasi yang Anda berikan sesuai dengan "Privacy Policy" kami. Dengan mengklik Sign Up, berarti Anda setuju dengan ketentuan "Terms of Use" dan "Privacy Policy" ini, dan menyadari sepenuhnya bahwa pengumpulan, penyimpanan dan penggunaannya tunduk pada ketentuan dan perundangan yang berlaku di wilayah Republik Indonesia.

Olahraga Bikin Penderita Jantung Panjang Umur

13 March 2018 14:47 | • Wartawan : redaksi • Editor : • Dibaca : 82 kali

INDOSIANA - Salah satu pembunuh yang berbahaya adalah penyakit jantung. Namun ternyata dengan berolahraga mampu membuat penderita penyakit jantung berumur panjang.

Penelitian ini dilakukan oleh Trine Moholdt, peneliti dari Norwegian University of Science and Technology.

Trondheim menaganalisis data 3.307 pasien jantung koroner yang pernah mengalami serangan jantung dan angina. Hasilnya ditemukan, pendrita penyakit jantung berhasil menurunkan risiko kematian 36 % setelah rutin berolahraga minimal 150 menit per minggu.

Dengan hanya berolahraga selama 75 menit per minggu, tetap mampu menurunkan risiko kematian 26 %. Hal ini masih memberi manfaat meski pasien yang sebelumnya rutin berolahraga namun tiba-tiba berhenti dengan memiliki risiko kematian 19 % dibanding pasien yang tidak berolahraga sama sekali.

"Pesan penting dari penelitian ini adalah Anda harus tetap bergerak. Orang mungkin saja mengubah level aktivitas mereka, namun manfaat olahraganya tetap bertahan," kata Moholdt.

Olahraga bagi pasien jantung tidaklah berat. Para ahli menyarankan beberapa olahraga ringan seperti jalan kaki, berkebun, berdansa, senam pagi hingga bersepeda. Dengan ini mampu memperpanjang usia.

World Health Organization (WHO) menyarankan di usia 18-64 tahun berolahraga selama 150 menit per minggu. Idealnya, olahraga dilakukan selama 30 menit per hari dengan intervaal selama 10 menit.(okezone)

KOMENTAR PEMBACA
Nama
Email
Komentar
 
  (masukkan kode di atas)
 
Sumatera Barat
Internasional
Yogyakarta
Sumatera Selatan
Sulawesi Tenggara
Sulawesi Tengah
Sulawesi Selatan
Sulawesi Barat
Sulawesi Utara
Riau
Papua Barat
Nusa Tenggara Timur
Nusa Tenggara Barat
Maluku Utara
Maluku
Lampung
Kepulauan Riau
Bangka Belitung
Kalimantan Utara
Kalimantan Timur
Kalimantan Selatan
Kalimantan Barat
Jawa Timur
Jawa Tengah
Jawa Barat
Jambi
Gorontalo
Bengkulu
Banten
Jakarta
Bali
Papua
Sumatera Utara
Aceh
Nasional

Terbaru

Terpopular

Dikomentari