Kolaborasi BNPT dengan Kemendagri Dalam Penanggulangan Teroeisme

Registrasi

 
Nama Lengkap
Email
Password
Ketik ulang Password
Jenis Kelamin
Pria Wanita

Member

 
Email
Password
Indosiana.com akan menggunakan informasi yang Anda berikan sesuai dengan "Privacy Policy" kami. Dengan mengklik Sign Up, berarti Anda setuju dengan ketentuan "Terms of Use" dan "Privacy Policy" ini, dan menyadari sepenuhnya bahwa pengumpulan, penyimpanan dan penggunaannya tunduk pada ketentuan dan perundangan yang berlaku di wilayah Republik Indonesia.

Kolaborasi BNPT dengan Kemendagri Dalam Penanggulangan Teroeisme

12 March 2018 15:01 | • Wartawan : redaksi • Editor : Elvi Darmawarni • Dibaca : 33 kali

INDOSIANA – Dalam memaksimalkan penanggulangan terorisme, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) berkolaborasi dengan Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri). 

Nota kesepahaman penanggulangan terorisme ini di adakan di Ballroom Aryaduta Hotel, Jakarta Pusat, Senin (12/3/2018). Dengan ini diharapkan dapat memperkuat kerjasama lintas lembaga ini.

Suhardi Alius Kepala BNPT menuturkan kerjasama dengan Kemendagri sangat penting untuk mendukung program-program penanggulangan terorisme.

“Pihak Kemendagri merekomendasikan penggunaan data kependudukan kepada BNPT untuk berbagai kepentingan yang berkaitan dengan penanggulangan terorisme,” kata Suhardi.

Dia menambahkan, analisis data itu selanjutnya digunakan untuk meningkatkan pengawasan terhadap infiltrasi orang, barang, dan idelogi yang bertentangan dengan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945. Sehingga penanggulangan terorisme bukan berasal dari pemerintah saja.

“Penanggulangan terorisme bukan menjadi tanggung jawab pemerintah saja,” tambah Suhardi.

Penandatanganan dua lembaga ini diharapkan mampu menanggulangi terorisme lebih efektif lagi.

“Terutama yang melibatkan pemerintah daerah, baik itu pemerintah provinsi (Pemprov) maupun pemkab (pemerintah kabupaten) dan pemerintah kota (Pemkot),” tutur dia.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menambahkan, kerjasama dilakukan dalam upaya mengoptimalkan pelaksanaan program penanggulangan terorisme.

“Indonesia negara besar, ini tantangan yang dihadapi oleh bangsa ini. Kita semua harus pahami daerah rawan bencana di mana setiap sudut daerah rawan bencana, tak hanya itu, tapi juga terorisme dan radikalisme,” ucap Tjahjo. (okezone)


KOMENTAR PEMBACA
Nama
Email
Komentar
 
  (masukkan kode di atas)