Pilkada Jatim Mainkan Politik Visi

Registrasi

 
Nama Lengkap
Email
Password
Ketik ulang Password
Jenis Kelamin
Pria Wanita

Member

 
Email
Password
Indosiana.com akan menggunakan informasi yang Anda berikan sesuai dengan "Privacy Policy" kami. Dengan mengklik Sign Up, berarti Anda setuju dengan ketentuan "Terms of Use" dan "Privacy Policy" ini, dan menyadari sepenuhnya bahwa pengumpulan, penyimpanan dan penggunaannya tunduk pada ketentuan dan perundangan yang berlaku di wilayah Republik Indonesia.

Pilkada Jatim Mainkan Politik Visi

14 February 2018 13:25 | • Wartawan : redaksi • Editor : • Dibaca : 79 kali
Indosiana.com - Menurut Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Negeri Brawijaya Malang, Wawan Sobari, Jawa Timur harus bisa memulai dan membiasakan untuk menerapkan model politik yang mengedepankan adu visi ini.

" Politik visi yang tidak selalu memainkan emosi masyarakat harus dimulai dari Jatim," kata Wawan di forum diskusi kepemimpinan yang digelar Ikatan Alumni Universitas Brawijaya di Surabaya, Selasa (13/2/2018).

Politik visi yang dimaksud Wawan adalah politik yang menjadikan visi dan misi pembangunan daerah sebagai daya tawar.

"Publik mungkin sudah tahu apa yang terjadi 5 tahun ke belakang, namun publik perlu tahu apa yang akan dilakukan calon untuk 5 tahun ke depan," tuturnya.

Menurut Wawan, politik memainkan emosi pemilih masih banyak terjadi seperti melibatkan artis dan model-model sosialisasi yang menyentuh emosi pemilih. Apalagi, menurut penelitian yang pernah dilakukannya, ada banyak pemilih emosional di Jawa Timur.

Politik visi, kata Wawan, tidak harus dimaknai dengan cara berpolitik yang selalu kaku dan serius, namun bisa diterjemahkan melalui bahasa-bahasa yang mudah dipahami oleh pemilih, seperti yang pernah dipakai oleh Gubernur Soekarwo yakni "APBD untuk Rakyat".

Di Pilkada Jatim tahun ini, pasangan Gus Ipul-Puti Soekarno yang diusung PKB, PDI-P, PKS, dan Partai Gerindra mendapatkan nomor urut 2 dalam pengundian nomor urut yang digelar KPU Selasa siang.
KOMENTAR PEMBACA
Nama
Email
Komentar
 
  (masukkan kode di atas)
 
Sumatera Barat
Internasional
Yogyakarta
Sumatera Selatan
Sulawesi Tenggara
Sulawesi Tengah
Sulawesi Selatan
Sulawesi Barat
Sulawesi Utara
Riau
Papua Barat
Nusa Tenggara Timur
Nusa Tenggara Barat
Maluku Utara
Maluku
Lampung
Kepulauan Riau
Bangka Belitung
Kalimantan Utara
Kalimantan Timur
Kalimantan Selatan
Kalimantan Barat
Jawa Timur
Jawa Tengah
Jawa Barat
Jambi
Gorontalo
Bengkulu
Banten
Jakarta
Bali
Papua
Sumatera Utara
Aceh
Nasional

Terbaru

Terpopular

Dikomentari