Bakamla Resmi Miliki Kapal Patroli Terbesar

Registrasi

 
Nama Lengkap
Email
Password
Ketik ulang Password
Jenis Kelamin
Pria Wanita

Member

 
Email
Password
Indosiana.com akan menggunakan informasi yang Anda berikan sesuai dengan "Privacy Policy" kami. Dengan mengklik Sign Up, berarti Anda setuju dengan ketentuan "Terms of Use" dan "Privacy Policy" ini, dan menyadari sepenuhnya bahwa pengumpulan, penyimpanan dan penggunaannya tunduk pada ketentuan dan perundangan yang berlaku di wilayah Republik Indonesia.

Bakamla Resmi Miliki Kapal Patroli Terbesar

22 November 2017 15:33 | • Wartawan : redaksi • Editor : • Dibaca : 142 kali
Indosiana.com - Senin (20/11/2017). Kapal yang diberi nama Kapal Negara (KN) Tanjung Datu 1101 tersebut memiliki panjang 110 meter, lebar 15 meter, serta berat 2.327 ton.

Dalam Pemberian nama KN Tanjung Datu diambil dari nama daerah yang berada perbatasan Indonesia dengan Malaysia, tepatnya di Kalimantan Barat. "Ini adalah kapal terbesar milik Bakamla yang dibuat oleh anak bangsa, yakni PT Palindo Marine Shipyard, Batam yang dapat menyelesaikan pesanan sesuai permintaan dan hasilnya luar biasa. Ini adalah bukti dari baiknya kinerja anak bangsa," kata Kabiro Sarana dan Prasarana Bakamla Laksamana Pertama Tugas Eko Santoso seusai memotong tali tros kapal sebagai tanda peluncuran, Senin (20/11/2017).

Bakamla diharapkan bisa mendukung penjagaan keamanan perairan Indonesia. Eko menambahkan, sebelum melaut, kapal besar ini akan terlebih dahulu diuji sistem navigasi dan kelayakan laut untuk memastikan semuanya berfungsi dengan baik. "Kapal ini mampu melaju di tengah ombak lima meter. Nantinya Bakamla akan melakukan pembangunan tiga unit kapal serupa dengan ukuran medium," katanya.

Dan juga Dengan dilakukan peluncuran ini pertama kalinya kapal diapungkan ke laut, setelah sebelumnya dilakukan visual inspection test dan witness NDT oleh Bureau Veritas sebagai badan klasifikasi kapal internasional.

Untuk sistem penggerak, kapal dilengkapi dengan dua mesin utama dibantu empat mesin diesel generator yang mampu melaju dengan kecepatan 18 knot per jam. KN Tanjung Datu 1101 mampu menampung satu helipad ukuran medium dengan bobot maksimal delapan ton. Konstruksi kapal mampu menampung 76 anak buah kapal dengan tambahan 56 orang akomodasi tambahan.

Dan juga Presiden Direktur PT Palindo Marine Shipyard Harmanto mengaku pihaknya bisa menyelesaikan pesanan kapal milik instansi pemerintah sesuai dengan jadwal yang dijanjikan. "Kami diberikan waktu satu tahun untuk menyelesaikan kapal ini, dan hasilnya sesuai dengan permintaan. Kami berharap kreasi putra putri bangsa ini bisa bermanfaat untuk kebutuhan negara kita," katanya.
KOMENTAR PEMBACA
Nama
Email
Komentar
 
  (masukkan kode di atas)
 
Sumatera Barat
Internasional
Yogyakarta
Sumatera Selatan
Sulawesi Tenggara
Sulawesi Tengah
Sulawesi Selatan
Sulawesi Barat
Sulawesi Utara
Riau
Papua Barat
Nusa Tenggara Timur
Nusa Tenggara Barat
Maluku Utara
Maluku
Lampung
Kepulauan Riau
Bangka Belitung
Kalimantan Utara
Kalimantan Timur
Kalimantan Selatan
Kalimantan Barat
Jawa Timur
Jawa Tengah
Jawa Barat
Jambi
Gorontalo
Bengkulu
Banten
Jakarta
Bali
Papua
Sumatera Utara
Aceh
Nasional

Terbaru

Terpopular

Dikomentari