Registrasi

 
Nama Lengkap
Email
Password
Ketik ulang Password
Jenis Kelamin
Pria Wanita

Member

 
Email
Password
Indosiana.com akan menggunakan informasi yang Anda berikan sesuai dengan "Privacy Policy" kami. Dengan mengklik Sign Up, berarti Anda setuju dengan ketentuan "Terms of Use" dan "Privacy Policy" ini, dan menyadari sepenuhnya bahwa pengumpulan, penyimpanan dan penggunaannya tunduk pada ketentuan dan perundangan yang berlaku di wilayah Republik Indonesia.

Semen Indonesia Perkuat Daya Saing UMKM

14 September 2017 13:06 | • Wartawan : redaksi • Editor : Elvi Darmawarni • Dibaca : 3 kali
Jakarta - Dan sekarang PT Semen Indonesia (Persero) Tbk secara berkelanjutan berupaya memperkuat daya saing usaha mikro kecil menengah (UMKM) mitra binaan. Upaya yang dilakukan di antaranya melalui pelatihan manajemen keuangan dan pemasaran. Sejak 2014 hingga semester I tahun 2017, khusus untuk Kabupaten Rembang Jawa Tengah, Semen Indonesia mengucurkan dana Rp9,4 miliar. Dana tersebut digunakan untuk pinjaman modal serta pengembangan usaha.
 
Saat ini jumlah mitra binaan di Kabupaten Rembang mencapai 523. Semen Indonesia meyakini keberadaan UMKM menjadi salah satu pilar penting dalam perekonomian nasional. Keberadaan UMKM dapat menggerakkan roda ekonomi serta mengurangi jumlah pengganguran.
 
Beberapa UMKM mitra binaan Semen Indonesia adalah UD Tiga Putra yang bergerak dalam bidang kopi khas Rembang. Kopi dengan merk Kopi Lelet ini sangat digemari oleh berbagai kalangan. Pinjaman lunak dari Semen Indonesia yang didapat Gito pemilik kopi lelet digunakan untuk mengembangkan usaha dengan membeli beberapa alat produksi baru. Kini UD Tiga Putra mampu memproduksi 9 kuintal kopi setiap bulannya dengan omset mencapai Rp45 juta perbulan.
 
Selain itu ada Orchid Bakery, yang bergerak pada pembuatan makanan roti. Pinjaman lunak dari Semen Indonesia yang didapat, digunakan untuk mengembangkan usaha dengan membeli beberapa alat produksi baru diantaranya Mixer dan oven. Orchid Bakery yang berdiri mulai 2010 ini awalnya hanya usaha keluarga. Kini Orchid Bakery memiliki beberapa karyawan. Setiap hari Orchid Bakery mampu memproduksi 500 roti berbagai jenis dengan omset mencapai Rp20 juta perbulannya.
KOMENTAR PEMBACA
Nama
Email
Komentar
 
  (masukkan kode di atas)
 
Sumatera Barat
Internasional
Yogyakarta
Sumatera Selatan
Sulawesi Tenggara
Sulawesi Tengah
Sulawesi Selatan
Sulawesi Barat
Sulawesi Utara
Riau
Papua Barat
Nusa Tenggara Timur
Nusa Tenggara Barat
Maluku Utara
Maluku
Lampung
Kepulauan Riau
Bangka Belitung
Kalimantan Utara
Kalimantan Timur
Kalimantan Selatan
Kalimantan Barat
Jawa Timur
Jawa Tengah
Jawa Barat
Jambi
Gorontalo
Bengkulu
Banten
Jakarta
Bali
Papua
Sumatera Utara
Aceh
Nasional

Terbaru

Terpopular

Dikomentari