Gubernur: Usulan Sawahlunto Warisan Dunia Untungkan Pariwisata

Registrasi

 
Nama Lengkap
Email
Password
Ketik ulang Password
Jenis Kelamin
Pria Wanita

Member

 
Email
Password
Indosiana.com akan menggunakan informasi yang Anda berikan sesuai dengan "Privacy Policy" kami. Dengan mengklik Sign Up, berarti Anda setuju dengan ketentuan "Terms of Use" dan "Privacy Policy" ini, dan menyadari sepenuhnya bahwa pengumpulan, penyimpanan dan penggunaannya tunduk pada ketentuan dan perundangan yang berlaku di wilayah Republik Indonesia.

Gubernur: Usulan Sawahlunto Warisan Dunia Untungkan Pariwisata

20 April 2017 15:40 | • Wartawan : redaksi • Editor : • Dibaca : 189 kali

Padang - Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengatakan, dengan pengusulan tambang batu bara Ombilin Sawahlunto sebagai warisan dunia akan berdampak positif terhadap pariwisata.

"Dengan terdaftarnya Sawahlunto sebagai warisan dunia tentu akan mendatangkan para wisatawan yang akan berdampak langsung pada perekonomian masyarakat," katanya dalam acara pembinaan warisan budaya dunia yang diselenggarakan Dinas Kebudayaan Sumbar di Padang, Rabu.

Ia mengatakan Sawahlunto sangat terkenal dengan tambang batu bara yang sudah sejak abad ke-19 dan memiliki nilai sejarah sendiri.

Menurutnya tambang batu bara yang ada pada masa itu kemudian memberikan dampak secara ekonomi dan sosial terhadap masyarakat di Sawahlunto, hal ini terlihat dengan adanya bangunan-bangunan yang menunjang keberadaan industri tersebut.

"Setelah terdaftar nanti maka wisatawan akan datang dengan sendirinya untuk menyaksikan keberadaan kota tua ini," katanya.

Ia menambahkan keberadaan warisan dunia pada beberapa daerah yang ada di dunia dapat memikat wisatawan untuk datang berkunjung.

"Peninggalan sejarah yang ada di Sawahlunto tidak kalah menarik dengan beberapa warisan dunia yang ada di negara lain, makanya Sawahlunto menjadi begitu berpotensi," katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Kebudayaan (Disbud) Sumbar, Taufik Effendi mengatakan pihaknya tengah menfasilitasi beberapa objek yang akan menunjang keberadaan tambang batu bara Sawahlunto ini.

Ia menambahkan beberapa objek yang dimaksud adalah jalur kereta api dari Sawahlunto menuju Padang, serta Pelabuhan Teluk Bayur yang menjadi tempat berlabuhnya kapal yang akan membawa batu bara yang ditambang di Sawahlunto.


KOMENTAR PEMBACA
Nama
Email
Komentar
 
  (masukkan kode di atas)