Registrasi

 
Nama Lengkap
Email
Password
Ketik ulang Password
Jenis Kelamin
Pria Wanita

Member

 
Email
Password
Indosiana.com akan menggunakan informasi yang Anda berikan sesuai dengan "Privacy Policy" kami. Dengan mengklik Sign Up, berarti Anda setuju dengan ketentuan "Terms of Use" dan "Privacy Policy" ini, dan menyadari sepenuhnya bahwa pengumpulan, penyimpanan dan penggunaannya tunduk pada ketentuan dan perundangan yang berlaku di wilayah Republik Indonesia.

Pada Guru, Harapan itu

31 October 2013 15:30 | • Wartawan : Redaksi Padangtoday • Editor : • Dibaca : 256 kali
Pada Guru, Harapan itu
Pendidikan merupakan suatu unsur penting bagi kemajuan suatu daerah, baik buruknya sumber daya manusia suatu daerah ditentukan oleh kualitas pendidikan yang berada di daerah tersebut. Untuk menciptakan sumber daya manusia yang handal tentunya harus didukung oleh elemen pendidikan yang juga berkualitas. Termasuk di dalamnya peran penting seorang guru yang bersentuhan langsung dengan peserta didik dalam proses belajar mengajar. Tidak bisa dipungkiri bahwa keberhasilan peserta didik baik dari segi pengetahuan dan akhlak tidak terlepas dari peranan seorang guru.

Maka keberkarakteran seorang guru sangat dituntut jika ingin menghasilkan generasi muda yang berkarakter. Paham benar salah, baik buruk.

Namun pada kenyataannya, tidak sedikit para guru saat ini hanya melaksanakan tugasnya sebagai pengajar, bukan sebagai pendidik. Guru hanya mengajarkan suatu ilmu tanpa mendampingi peserta didik dalam berprilaku (mendidik). Hal ini seringkali membuat kedekatan guru dengan peserta didik hanya sebatas guru yang mengajar di kelas dengan siswa. Bukan guru yang mendidik dan membimbing mereka untuk menjadi seorang pribadi yang berkarakter. Dekat mengayomi dan menjadi teladan.

Hal tersebut tentu bukan hal yang mudah, perlu usaha berkelanjutan agar semangat mendidik para guru tetap menyala. Perlu pula kerjasama berbagai pihak, tidak hanya lembaga pendidikan.

Sebagai lembaga nirlaba yang juga bergerak di bidang pendidikan, Dompet Dhuafa juga tak lepas menyoroti ini. langkah awal Dompet Dhuafa Singgalang KCP Dharmasraya memberikan perhatian terhadap permasalahan ini di Dharmasraya adalah dengan memberikan pelatihan pada para guru. Pelatihan motivasi, agar guru mampu terus menjaga usaha maksimalnya dalam mendidik anak-anak didik.

Program Training Motivasi Guru SMP dan SMA se-Dharmasraya ini bertujuan memberikan support terhadap para guru di Dharmasraya agar mejadi guru berkarakter. Guru yang visioner, aktif dalam action, memiliki passion mendidik dan kemampuan mengkolaborasikan pengetahuan dengan kebutuhan hidup bermasyarakat para peserta didik.

Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi kontribusi dalam peningkatan mutu pendidikan di Dharmasraya. Program ini akan dilaksanakan di seluruh SMP dan SMA se-Kab. Dharmasraya. Untuk tahap awal akan dilaksanakan pada dua kecamatan yaitu Kecamatan Koto Baru dan Kecamatan Koto Salak dengan perkiraan jumlah peserta pada tanggal 2 November 2013 di Gedung Pertemuan Kecamatan Koto Baru. Program ini akan dibuka oleh bupati Dharmasraya, Bapak Adi Gunawan MM dan akan dihadiri oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kab. Dharmasraya serta unsur pemerintah kecamatan.

Salam para guru. Harapan itu ada padamu.(*)
KOMENTAR PEMBACA
Nama
Email
Komentar
 
  (masukkan kode di atas)
 
Sumatera Barat
Internasional
Yogyakarta
Sumatera Selatan
Sulawesi Tenggara
Sulawesi Tengah
Sulawesi Selatan
Sulawesi Barat
Sulawesi Utara
Riau
Papua Barat
Nusa Tenggara Timur
Nusa Tenggara Barat
Maluku Utara
Maluku
Lampung
Kepulauan Riau
Bangka Belitung
Kalimantan Utara
Kalimantan Timur
Kalimantan Selatan
Kalimantan Barat
Jawa Timur
Jawa Tengah
Jawa Barat
Jambi
Gorontalo
Bengkulu
Banten
Jakarta
Bali
Papua
Sumatera Utara
Aceh
Nasional

Terbaru

Terpopular

Dikomentari