Membedakan Media Online dan Blog

Registrasi

 
Nama Lengkap
Email
Password
Ketik ulang Password
Jenis Kelamin
Pria Wanita

Member

 
Email
Password
Indosiana.com akan menggunakan informasi yang Anda berikan sesuai dengan "Privacy Policy" kami. Dengan mengklik Sign Up, berarti Anda setuju dengan ketentuan "Terms of Use" dan "Privacy Policy" ini, dan menyadari sepenuhnya bahwa pengumpulan, penyimpanan dan penggunaannya tunduk pada ketentuan dan perundangan yang berlaku di wilayah Republik Indonesia.

Membedakan Media Online dan Blog

28 October 2013 15:30 | • Wartawan : Tandri Eka Putra • Editor : Andrico Putra • Dibaca : 261 kali
Beberapa orang teman pernah berdiskusi tentang media online di Sumatera Barat. Banyak hal yang menjadi bahan diskusi, seperti apa itu media online, bagaimana cara membedakannya dengan blog atau sosial media. Lalu bagaimana cara menilai sebuah media online tersebut dikelola dengan baik atau tidak?

Masih banyak pertanyaan lain, yang berarti masyarakat Sumatera Barat sudah makin akrab dengan media online dan sebagian besar sudah bisa melihat media online yang dikelola dengan baik atau tidak.

Media online, sama dengan media lainnya yang menurut UU Pers N. 40 Tahun 2009, berfungi sebagai informasi massa dengan fungsi sarana komunikasi, pendidikan, hiburan dan lainnya. Namun karena berada di dunia maya, medianya disebut dengan media online. Ada beberapa sebutan lain, seperti portal, situs berita, broadcast media.

Layaknya media massa, media online juga dikelola dengan tim redaksi dan tim pendukung lainnya, seperti marketing, umum, keuangan, layout desain terutama webmaster. Media Online, atau portal juga terbit secara teratur, kontiniu dan memiliki usaha yang berbadan hukum. Menurut informasi, ketika dewan pers melakukan verifikasi hanya dilakukan pada perusahaan media yang memiliki badan hukum perseroan terbatas (PT).

Sebagai sebuah perusahaan media, media online juga bisa dilihat dari keberadaan kantor, susunan tim redaksi, keteraturan update postingan dan jaringan dari media itu sendiri.www.Indosiana.com.com di bawah naungan perusahaan informasi teknologi, PT Padang Ruangmedia Informatika, merupakan salah satu anak perusahaan Jawa Pos yang tergabung dalam Jawa Pos News Network (JPNN). Sejak dibangun kembali pertengahan tahun 2012, Indosiana.com.com telah memiliki beberapa kanal seperti news, info database, forum, foto, video, epaper dan games.

Hal diatas, bisa dipergunakan sebagai cara sederhana membedakan dari blog. Blog, merupakan situs yang bertujuan untuk kepentingan pribadi ataupun kelompok non profit. Blog biasanya bisa dibuat secara gratis, dari paket situs penyedia blog seperti wordpress, blogspot dan lainnya. Isi atau konten dari blog juga biasanya bertujuan untuk sarana publikasi pribadi atau kelompok. Ada juga blog yang dibangun dengan membeli nama comersial seperti .com, .info atau .co.id dan lainnya.

Nah! dewasa ini, untuk meningkatkan jumlah pengunjung, blog juga didesain seperti situs berita. Bahkan memuat iklan banner, yang desainnya banyak beredar di dunia maya. Bahkan beberapa orang, penulis blog juga mengaku sebagai wartawan media online. Ini makin rumit. Namun tingkah laku, dan prilaku seorang wartawan juga bisa dibedakan secara sederhana di lapangan. Siapapun dia, jika ada wartawan yang bikin pusing anda, menghindarlah dan segeralah cari obat sakit kepala bodr*x. (*)
KOMENTAR PEMBACA
Nama
Email
Komentar
 
  (masukkan kode di atas)
 
Sumatera Barat
Internasional
Yogyakarta
Sumatera Selatan
Sulawesi Tenggara
Sulawesi Tengah
Sulawesi Selatan
Sulawesi Barat
Sulawesi Utara
Riau
Papua Barat
Nusa Tenggara Timur
Nusa Tenggara Barat
Maluku Utara
Maluku
Lampung
Kepulauan Riau
Bangka Belitung
Kalimantan Utara
Kalimantan Timur
Kalimantan Selatan
Kalimantan Barat
Jawa Timur
Jawa Tengah
Jawa Barat
Jambi
Gorontalo
Bengkulu
Banten
Jakarta
Bali
Papua
Sumatera Utara
Aceh
Nasional

Terbaru

Terpopular

Dikomentari