Registrasi

 
Nama Lengkap
Email
Password
Ketik ulang Password
Jenis Kelamin
Pria Wanita

Member

 
Email
Password
Indosiana.com akan menggunakan informasi yang Anda berikan sesuai dengan "Privacy Policy" kami. Dengan mengklik Sign Up, berarti Anda setuju dengan ketentuan "Terms of Use" dan "Privacy Policy" ini, dan menyadari sepenuhnya bahwa pengumpulan, penyimpanan dan penggunaannya tunduk pada ketentuan dan perundangan yang berlaku di wilayah Republik Indonesia.

Hari Raya Idul Adha 1438 H Diprediksi Serentak

07 August 2017 08:55 | • Wartawan : redaksi • Editor : Elvi Darmawarni • Dibaca : 13 kali

PADANG - Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumatera Barat menyatakan Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1438 Hijriah bertepatan dengan Jumat, 1 September 2017 Masehi.

"Pimpinan Pusat Muhammadiyah sudah mengeluarkan pengumumannya atau maklumat yang penetapannya sesuai hasil hisab Ramadhan," ujar Wakil Ketua PW Muhammadiyah Sumbar Firdaus AN, Sabtu (6/8/2017).

Pengumuman tersebut sesuai Maklumat Pimpinan Pusat Muhammadiyah Nomor: 01/MLM/I.0/E/2017 tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadhan, Syawal, dan Dzulhijjah 1438 Hijriah, yang ditandatangani Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir, dan Sekretaris Umum Abdul Muti.

Pada penghitungan hisab yang dilakukan Pimpinan Pusat Muhammadiyah terkait awal bulan Dzulhijjah 1438 Hijriah adalah Ijtimak jelang Dzulhijjah 1438 H terjadi pada Selasa, 22 Agustus 2O17, kemudian hari Arafah 9 Zulhijah 1438 H di hari Kamis, 31 Agustus 2O17, dan hari raya Idul Adha 10 Dzulhijah 1438 H bertepatan dengan Jumat, 1 September 2O17.

Menurut dia, di Indonesia kedatangan awal Dzulhijjah, puasa Arafah, maupun Idul Adha tidak ada perbedaan karena tidak ada satu referensi yang menyebutkan hilal di Indonesia pada hari ini berada di atas ufuk, apalagi bisa dilihat dengan rukyah.

"Ijtimak akhir Dzulqaidah jelang Dzulhijah 1438 H memang terjadi sebelum matahari terbenam, tepatnya Selasa, 22 Agustus 2017 M pukul 01.22.34, untuk lokasi pengamatan Bukit Lampu," ucapnya.

Saat matahari terbenam pada pukul 17.30.17 WIB, lanjut dia, tinggi bulan hakiki adalah 7 derajat 22 menit 26 detik, sedangkan pada saat yang sama, di seluruh wilayah Indonesia pada saat terbenam matahari itu bulan berada di atad ufuk.

"Sebab posisi bulan yang bisa dirukyah itu rata-rata berada pada posisi 7 derajat, jadi bisa dipastikan Idul Adha serentak sama seIndonesia dan Makkah," katanya.
KOMENTAR PEMBACA
Nama
Email
Komentar
 
  (masukkan kode di atas)
 
Sumatera Barat
Internasional
Yogyakarta
Sumatera Selatan
Sulawesi Tenggara
Sulawesi Tengah
Sulawesi Selatan
Sulawesi Barat
Sulawesi Utara
Riau
Papua Barat
Nusa Tenggara Timur
Nusa Tenggara Barat
Maluku Utara
Maluku
Lampung
Kepulauan Riau
Bangka Belitung
Kalimantan Utara
Kalimantan Timur
Kalimantan Selatan
Kalimantan Barat
Jawa Timur
Jawa Tengah
Jawa Barat
Jambi
Gorontalo
Bengkulu
Banten
Jakarta
Bali
Papua
Sumatera Utara
Aceh
Nasional

Terbaru

Terpopular

Dikomentari