Registrasi

 
Nama Lengkap
Email
Password
Ketik ulang Password
Jenis Kelamin
Pria Wanita

Member

 
Email
Password
Indosiana.com akan menggunakan informasi yang Anda berikan sesuai dengan "Privacy Policy" kami. Dengan mengklik Sign Up, berarti Anda setuju dengan ketentuan "Terms of Use" dan "Privacy Policy" ini, dan menyadari sepenuhnya bahwa pengumpulan, penyimpanan dan penggunaannya tunduk pada ketentuan dan perundangan yang berlaku di wilayah Republik Indonesia.

KPU Siapkan Desain Kotak Suara Transparan

02 August 2017 13:35 | • Wartawan : redaksi • Editor : Elvi Darmawarni • Dibaca : 6 kali
JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) tengah menyiapkan desain kotak suara transparan yang diperintahkan oleh Undang-undang. Setidaknya ada tiga desain yang tengah dibahas dii nternal KPU dan memenuhi standar transparan.

Upaya KPU ini sebagai tindak lanjut dari Pasal 341 ayat 1 huruf (a) Undang-undang (UU) Penyelenggaraan Pemilu yang mengamanatkan KPU menyediakan kotak suara transparan. Kotak tersebut disediakan di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada hari pencoblosan.

"Seperti kaleng krupuk, yang salah satu sisinya ada kacanya,” ujar Ketua KPU, Arief Budiman saat ditemui di kantornya Selasa (1/8/2017).

Dia menerangkan, transparan yang dimaksud dalam pasal tersebut berbunyi, Perlengkapan kotak suara untuk pemungutan suara harus bersifat transparan yang bermakna bahwa isi kotak suara harus terlihat dari luar.

Dia menuturkan salah satu desain kotak suara transparan di mana pada keempat sisinya menggunakan bahan transparan. Harapannya, kata dia dapat dilihat dari berbagai arah.

“Seperti kontainer plastik, jadi dari seluruh sisi (menggunakan) plastik mika sehingga bisa terlihat,” tuturnya.
Desain lainnya kata dia adalah memodifikasi ulang kotak suara yang ada saat ini di mana salah satu sisinya diubah menjadi dapat terlihat dari luar. “Jadi formulanya masih banyak, kita terus kaji mana yang paling memenuhi prinsip efektif dan efisien,” ucapnya.
KOMENTAR PEMBACA
Nama
Email
Komentar
 
  (masukkan kode di atas)
 
Sumatera Barat
Internasional
Yogyakarta
Sumatera Selatan
Sulawesi Tenggara
Sulawesi Tengah
Sulawesi Selatan
Sulawesi Barat
Sulawesi Utara
Riau
Papua Barat
Nusa Tenggara Timur
Nusa Tenggara Barat
Maluku Utara
Maluku
Lampung
Kepulauan Riau
Bangka Belitung
Kalimantan Utara
Kalimantan Timur
Kalimantan Selatan
Kalimantan Barat
Jawa Timur
Jawa Tengah
Jawa Barat
Jambi
Gorontalo
Bengkulu
Banten
Jakarta
Bali
Papua
Sumatera Utara
Aceh
Nasional

Terbaru

Terpopular

Dikomentari