Registrasi

 
Nama Lengkap
Email
Password
Ketik ulang Password
Jenis Kelamin
Pria Wanita

Member

 
Email
Password
Indosiana.com akan menggunakan informasi yang Anda berikan sesuai dengan "Privacy Policy" kami. Dengan mengklik Sign Up, berarti Anda setuju dengan ketentuan "Terms of Use" dan "Privacy Policy" ini, dan menyadari sepenuhnya bahwa pengumpulan, penyimpanan dan penggunaannya tunduk pada ketentuan dan perundangan yang berlaku di wilayah Republik Indonesia.

FAM Unit UNP Siap Hidupkan Padang

03 November 2013 10:30 | • Wartawan : Redaksi PadangToday • Editor : • Dibaca : 184 kali
Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia Unit UNP (Universitas Negeri Padang), Sumatera Barat, menyatakan siap menghidupkan Kota Padang dengan berbagai kegiatan literasi. Dari kegiatan-kegiatannya itu, diharapkan generasi muda Kota Padang semakin mencintai membaca buku dan menulis karangan. "Kami juga siap bersinergi dengan organisasi kampus lainnya untuk bersama-sama menyemarakkan kota ini dengan berbagai kegiatan kepenulisan," kata Hasan Asyhari, Koordinator FAM Unit UNP.
 
Pertemuan ke-2 FAM Unit UNP memfokuskan kegiatannya pada pemantapan program kerja dan diskusi kepenulisan dengan pembicara Muhammad Subhan, pegiat FAM Indonesia. Pada kesempatan itu, turut hadir Alizar Tanjung, penyair muda Sumatera Barat yang juga berbagi pengalaman menulisnya kepada pengurus dan anggota FAM Unit UNP.
 
Menurut Pegiat FAM Indonesia, Muhammad Subhan, Padang adalah kota yang memiliki sejarah panjang tentang peradaban tumbuh-kembangnya tradisi menulis. Di kota itu telah melahirkan banyak sekali tokoh-tokoh pengarang yang karyanya mengawali perjalanan sastra Indonesia di pentas literasi dunia.
 
"Lewat berbagai karya sastra yang ditulis pengarang-pengarang itu, eksistensi Ranah Minang semakin dikenal," katanya.
 
Pada kesempatan itu, Muhammad Subhan berbagi kiat menulis cerpen, panduan singkat penyuntingan naskah, dan kiat menembus media massa. Media-media lokal dan nasional, ungkapnya, menyediakan halaman sastra yang terbit setiap hari minggu. Halaman itu diisi oleh berbagai penulis, baik pemula maupun senior, dan media juga memberikan honor yang lumayan kepada penulis yang karyanya lolos seleksi. Untuk melihat perkembangan sastra terkini, dia menganjurkan kepada FAM Unit UNP untuk berlangganan koran terbitan minggu.
 
"Biasakan menulis, kirim, menulis, kirim, dan menulis lagi. Terus begitu. Jangan pikirkan tulisan itu akan terbit atau tidak. Terus saja menulis," ujar Muhammad Subhan, memberikan motivasi kepada peserta diskusi.
 
FAM Unit UNP memprogramkan pertemuan setiap dua pekan sekali di kampus itu dengan mengundang berbagai narasumber terkait kepenulisan. Walau terbilang baru berkiprah di UNP, namun pada kesempatan itu FAM Unit UNP telah diajak bekerjasama oleh BEM Fakultas Ilmu Sosial (FIS) UNP untuk menggelar lomba menulis cerpen antar pelajar SMA dan mahasiswa se Kota Padang.(*)
KOMENTAR PEMBACA
Nama
Email
Komentar
 
  (masukkan kode di atas)
 
Sumatera Barat
Internasional
Yogyakarta
Sumatera Selatan
Sulawesi Tenggara
Sulawesi Tengah
Sulawesi Selatan
Sulawesi Barat
Sulawesi Utara
Riau
Papua Barat
Nusa Tenggara Timur
Nusa Tenggara Barat
Maluku Utara
Maluku
Lampung
Kepulauan Riau
Bangka Belitung
Kalimantan Utara
Kalimantan Timur
Kalimantan Selatan
Kalimantan Barat
Jawa Timur
Jawa Tengah
Jawa Barat
Jambi
Gorontalo
Bengkulu
Banten
Jakarta
Bali
Papua
Sumatera Utara
Aceh
Nasional

Terbaru

Terpopular

Dikomentari