Registrasi

 
Nama Lengkap
Email
Password
Ketik ulang Password
Jenis Kelamin
Pria Wanita

Member

 
Email
Password
Indosiana.com akan menggunakan informasi yang Anda berikan sesuai dengan "Privacy Policy" kami. Dengan mengklik Sign Up, berarti Anda setuju dengan ketentuan "Terms of Use" dan "Privacy Policy" ini, dan menyadari sepenuhnya bahwa pengumpulan, penyimpanan dan penggunaannya tunduk pada ketentuan dan perundangan yang berlaku di wilayah Republik Indonesia.

Prediksi Pemilu 2014 PDIP Dan Gerindra Kuasai Kursi DPR-RI

31 October 2013 19:35 | • Wartawan : Redaksi padangtoday • Editor : • Dibaca : 291 kali
Pusat Kajian Demokrasi Indonesia Nurjaman Center hari ini merilis prediksi hasil Pemilu Legislatif 2014. Menurut Direktur Eksekutif Nurjaman Center, Jajat Nurjaman hasil Pemilu Legislatif 2014 sudah dapat diprediksi dengan memperhatikan tren elektabilitas partai politik serta memperhatikan konsistensi gerakan masing-masing calon anggota legislatif melalui media elektronik dan media sosial.

"Jika Pemilu Legislatif 2014 dilaksanakan hari ini, saya prediksi hanya sepuluh partai politik yang akan mendapatkan kursi di tingkat DPR RI" ujar Jajat. Ia melanjutkan bahwa "PDIP akan menjadi pemenang pemilu dengan 131 kursi, Gerindra di posisi kedua dengan 107 kursi, Golkar dengan 98 kursi, Demokrat dengan 70 kursi, PAN dengan 41 kursi, Hanura dengan 25 kursi, PKS dengan 23 kursi, PKB 22 kursi, dan pada posisi buncit Nasdem dengan 16 kursi."

Jajat menuturkan, penelitian yang dilakukan oleh Nurjaman Center selama bulan September hingga Oktober mampu menghasilkan prediksi kemenangan dengan tingkat kepercayaan 95%. Nurjaman Center memprediksi, PBB dan PKPI tidak dapat mencapai ambang batas parlemen nasional.

Selain memprediksi hasil Pemilu Legislatif 2014, Nurjaman Center juga memprediksi pola koalisi partai-partai yang berhasil melewati ambang batas parlemen 3.5% perolehan suara nasional. "Dengan hasil diatas ini, saya dapat menyimpulkan bahwa jika PDIP membangun koalisi dengan Gerindra pasca Pemilu Legislatif 2014 maka dapat tercipta koalisi mayoritas dengan 238 kursi, atau 42,5% penguasaan kursi di parlemen" ujar Jajat.

Jajat juga memprediksi, untuk mencapai batas pengajuan presiden, yaitu 112 kursi atau 20% penguasaan kursi, dapat juga terbentuk koalisi antara Golkar dengan Nasdem (114 kursi atau 23% penguasaan kursi) dan koalisi Demokrat dengan PAN serta PKS (134 kursi atau 24% penguasaan kursi). "Dengan demikian saya juga memprediksi akan ada tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden di Pemilu Presiden 2014. Namun, jika PDIP dan Gerindra tidak berkoalisi, maka bisa saja terjadi empat pasangan calon presiden dan wapres di Pemilu 2014" ujar Jajat.

"Prediksi pola koalisi di Pemilu Presiden 2014 ini saya dasarkan dari kedekatan masing-masing pimpinan partai politik, serta kenyataan bahwa tidak ada lagi kekuatan yang mampu membangun koalisi sebesar yang berhasil dibangun oleh Presiden SBY di Pemilu Presiden 2009. Di 2014 ini, semua partai akan berlomba untuk mengajukan presiden sendiri" tutup Jajat.(*)
KOMENTAR PEMBACA
Nama
Email
Komentar
 
  (masukkan kode di atas)
 
Randi
Prediksi saya PKS yang akan menang
31 October 2013
Randi
Prediksi saya PKS yang akan menang
31 October 2013
ucok
MantaPks.
31 October 2013
Andi
Saya yakin PKS masih bersih, PKS sekarang sedang tersandung korupsi, tapi PDIP dan partai lainnya sudah banyak kadernya yang dihukum, dan banyak juga yang masih diselidiki KPK.
31 October 2013
Andi
Kita jangan cuma lihat sekarang..
31 October 2013
Sumatera Barat
Internasional
Yogyakarta
Sumatera Selatan
Sulawesi Tenggara
Sulawesi Tengah
Sulawesi Selatan
Sulawesi Barat
Sulawesi Utara
Riau
Papua Barat
Nusa Tenggara Timur
Nusa Tenggara Barat
Maluku Utara
Maluku
Lampung
Kepulauan Riau
Bangka Belitung
Kalimantan Utara
Kalimantan Timur
Kalimantan Selatan
Kalimantan Barat
Jawa Timur
Jawa Tengah
Jawa Barat
Jambi
Gorontalo
Bengkulu
Banten
Jakarta
Bali
Papua
Sumatera Utara
Aceh
Nasional

Terbaru

Terpopular

Dikomentari