Registrasi

 
Nama Lengkap
Email
Password
Ketik ulang Password
Jenis Kelamin
Pria Wanita

Member

 
Email
Password
Indosiana.com akan menggunakan informasi yang Anda berikan sesuai dengan "Privacy Policy" kami. Dengan mengklik Sign Up, berarti Anda setuju dengan ketentuan "Terms of Use" dan "Privacy Policy" ini, dan menyadari sepenuhnya bahwa pengumpulan, penyimpanan dan penggunaannya tunduk pada ketentuan dan perundangan yang berlaku di wilayah Republik Indonesia.

Bantuan Perbaikan Saluran Air Bersih

31 October 2013 16:20 | • Wartawan : Redaksi Padangtoday • Editor : • Dibaca : 177 kali
Bantuan Perbaikan Saluran Air Bersih
Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa kembali mengirimkan tim rescue untuk memberian bantuan perbaikan saluran air bersih yang rusak akibat gempa berkekuatan 5,6 SR di Pidie, Aceh 24 Oktober lalu. Bantuan tersebut diberikan di empat desa yang berada di Kecamatan Tangse yakni Desa Pulo Kawa, Desa Pulo Masjid, Desa Pulo Masjid II dan Desa Pulo.

Menurut data lapangan relawan dari DMC Dompet Dhuafa, akibat gempa yang terjadi sejumlah titik saluran air yang mengairi sejumlah desa di Kecamatan Tangse, Kecamatan Mane dan Kecamatan Geumpang mengalami kerusakan. Saluran ini sangat penting sebagai saluran utama penyaluran air ke desa-desa sekitar.

“Kebutuhan air tidak bisa ditunda walau satu hari, apalagi untuk keperluan sehari-hari, baik itu untuk minum, memasak ataupun mencuci,” Jelas Narwan dari Tim Rescue DMC Dompet Dhuafa di Pidie, Selasa  (29/10).

Ia menjelaskan sumber air itu kini tertimbun reruntuhan batu-batu dan tanah. Banyak pipa-pipa saluran air yang patah ataupun retak akibat pergerakan tanah yang dipicu oleh gempa. Untuk proses perbaikan ulang di empat desa sendiri dibutuhkan waktu beberapa hari kedepan dengan melibatkan gotong royong warga.

Yusuf (45) ketua RT di Desa Pulo Kawa menjelaskan, masyarakat memang sangat kesulitan dan membutuhkan air bersih, setelah daerah tersebut dilanda gempa beberapa hari lalu. Kini masyarakat sekitar sangat terbantu dengan adanya bantuan perbaikan saluran air bersih. Setidaknya ada 750 KK tidak lagi kesulitan air untuk hidup keseharian

“Warga tinggal menyalurkan air dengan selang atau pipa dari bak tandon di dekat pemukiman ke rumah masing masing,” ujarnya.

Kendati demikian, pihaknya berharap warga dapat memelihara dengan baik, sehingga kebutuhan air bersih sehari-hari bisa terpenuhi. (*)
KOMENTAR PEMBACA
Nama
Email
Komentar
 
  (masukkan kode di atas)
 
Sumatera Barat
Internasional
Yogyakarta
Sumatera Selatan
Sulawesi Tenggara
Sulawesi Tengah
Sulawesi Selatan
Sulawesi Barat
Sulawesi Utara
Riau
Papua Barat
Nusa Tenggara Timur
Nusa Tenggara Barat
Maluku Utara
Maluku
Lampung
Kepulauan Riau
Bangka Belitung
Kalimantan Utara
Kalimantan Timur
Kalimantan Selatan
Kalimantan Barat
Jawa Timur
Jawa Tengah
Jawa Barat
Jambi
Gorontalo
Bengkulu
Banten
Jakarta
Bali
Papua
Sumatera Utara
Aceh
Nasional

Terbaru

Terpopular

Dikomentari