Copyright 2010-2017

Copyright 2010-2017

Dinilai Pemicu Pembunuhan, India Minta WhatsApp Bertanggung Jawab

Dua bulan terakhir ini, tercatat kurang lebih 20 kasus penyerangan serupa yang terjadi di India. Pemerintah India pun memandang WhatsApp turut bertanggung jawab, sebagai layanan penyedia medium yang dipakai untuk menyebarluaskan kabar bohong.

Selengkapnya
Copyright 2010-2017

Gempa 5,4 SR guncang kepulauan Mentawai

Gempa terjadi di kedalaman 10 km, sekitar 34 km sebelah timur Kepulauan Mentawai. Gempa tidak berpotensi menimbulkan tsunami.
Hingga saat ini belum diketahui dampak kerusakan yang ditimbulkan oleh gempa itu

Selengkapnya
Copyright 2010-2017

Iis Dahlia dan Kontroversi Komentar Pedasnya kepada Peserta Audisi KDI

Rambutnya yang panjang dikuncir ekor kuda. Wajahnya pun polos tanpa riasan. Remaja itu berdiri di hadapan tiga juri, yakni Benigno, Iis Dahlia, dan Trie Utami. Ketika Sofia baru saja memperkenalkan diri, Iis langsung mengomentari penampilannya. Ia menilai Sofia tidak mempersiapkan diri dengan baik.

Selengkapnya
Copyright 2010-2017

Pejabat Kemenkum HAM dan Seorang Artis Ditangkap KPK

Kabar yangyang tersebar Seorang pejabat dari Kementerian Hukum dan HAM serta seorang artis ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Sumber dalam KPK membenarkan perihal penangkapan tersebut.

Selengkapnya
Copyright 2010-2017

Tokoh Agama Tampar Perempuan Pengacara di Televisi

Pernyataan ini ternyata memicu pertengkaran antara Farah dan Maulana. Pertengkarah ini kemudian berujung pergulatan antara kedua orang itu. Potongan video pergulatan ini kemudian viral di media sosial.

Selengkapnya
Copyright 2010-2017

Rini Diteriaki Bohong-bohong

Dan Karyawan ini tergabung dalam serikat pekerja yang masuk dalam FSPPB (Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu)Dan juga melakukan aksi long march. Dalam aksi berlangsung dari Kantor Pusat Pertamina menuju Kementerian BUMN.Dan Para peserta aksi juga sempat meneriaki Rini bohong saat menemui mereka.

Selengkapnya
Copyright 2010-2017

Motif Mahasiswa Telkom University Gantung Diri

Namun dalam Proses evakuasi jasad AS diwarnai isak tangis keluarga. Kakak korban datang langsung ke lokasi kejadian, Jalan Sukabirus, Kecamatan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat (20/7/2018).

Selengkapnya
Copyright 2010-2017

Kebakaran, Swedia Minta Bantuan Dunia Internasional

Dan Puluhan titik kebakaran dikabarkan menyapu hutan-hutan kawasan Nordik, termasuk di beberapa bagian lingkaran Arktik, mendorong Stockholm untuk mencari bantuan dari negara tetangga, guna mengendalikan penyebaran api.

Selengkapnya
Copyright 2010-2017

Dibangun 4 Tahun Dengan Dana Rp 1,8 Miliar, Kantor Desa Ini Mirip Istana Negara

Kantor Desa Kemuningsari Kidul, Kecamatan Jenggawah, Kabupaten Jember, Jawa Timur ini dibangun mirip sekali dengan istana negara. Meski berlokasi di sekitar persawahan, namun bangunan ini terbilang cukup megah. Karena kemegahannya, kantor desa ini tidak pernah sepi setiap harinya. Karena selalu di datangi pengunjung dari warga luar desa setempat. Mereka penasaran dengan kantor desa yang mendadak viral di medsos tersebut.

Selengkapnya
Copyright 2010-2017

Ini Tips dari Miliarder Warren Buffet

Surat tahunan 2018 diumumkan pada beberapa waktu lalu. Seperti surat-surat lain yang ditulis Buffett sejak 1965, lipatan kertas “sakti” tahun ini juga berisi pelajaran-pelajaran yang tak layak diabaikan investor.

Selengkapnya
Copyright 2010-2017

Emas Berjalan, Penampilan Keluarga Ini Jadi Gunjingan

Wanita bernama Jumrawati Paradillah ini mengunggah momen ketika dirinya menghadiri sebuah pesta pernikahan saudaranya. Yang membuatnya menjadi sorotan ialah perhiasan yang dia kenakan terbilang sangat banyak.

Selengkapnya
Copyright 2010-2017

Sebelum Disuntik Mati, Tahanan AS Menangis Minta Maaf

Hook membunuh Self secara brutal pada tahun 1985, atau lebih dari tiga dekade silam. Saat itu, keduanya pergi ke apartemen Self setelah berkenalan di sebuah bar gay di kota Cincinnati. Namun di apartemen Self, Hook mencekik dan menikamnya berulang kali dengan sebuah pisau dapur. Polisi menyatakan bahwa Hook mencoba memenggal korbannya yang berumur 25 tahun.

Selengkapnya
Copyright 2010-2017

LIPI: Jokowi 46 %, Prabowo 17 %

Pilihan capres lewat pertanyaan terbuka/top of mind, Jokowi 46 persen, Prabowo Subianto 17 persen. Survei LIPI melibatkan 2.100 responden, dengan perkiraan margin of error (MoE) sebesar +/- 2,14 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Data dikumpulkan melalui wawancara tatap muka oleh enumerator yang telah dilatih dengan instrumen kuesioner. Pengumpulan data dilakukan pada 19 April-5 Mei 2018.

Selengkapnya
Copyright 2010-2017

Polisi Malaysia Tangkap 7 Tersangka Teror Termasuk WNI

WNI ketiga ditangkap di Ipoh, Perak pada 14 Juli. Dia disebut pria berusia 42 tahun yang berprofesi sebagai mandor pabrik. "Dia diyakini memiliki keterkaitan dengan kelompok teror Jamaah Ansharut Daulah (JAD). Kelompok ini bertanggung jawab atas pembunuhan seorang polisi Indonesia di Jawab Barat pada 10 Mei lalu," ucap Mohd Fuzi.

Selengkapnya
Copyright 2010-2017

Hari Ini Jokowi-JK Jenguk SBY di RSPAD

Dan juga ikut hadir Ibu Negara Iriana Jokowi dan istri Wapres, Mufidah Kalla. Sementara SBY didampingi Ani Yudhoyono. SBY dirawat inap di RSPAD sejak Selasa (17/7/2018) karena kelelahan. Pada Rabu malam, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sudah lebih dulu menjenguk SBY.

Selengkapnya
Copyright 2010-2017

Indonesia akan bahas pembagian wilayah dengan Malaysia

Kita melihat hubungan kedua negara yang cukup dekat mengingat saat pertama kali dilantik, Perdana Menteri Malaysia yang baru Mahathir Mohamad pun ke Indonesia untuk kunjungan kenegaraan pertamanya," kata Direktur Asia Tenggara Kemenlu RI, Denny Abdi saat ditemui di Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta Pusat, Rabu (18/7).

Selengkapnya
Copyright 2010-2017

26 Pasangan ikut nikah massal gratis

Dari 26 pasang, kebanyakan yang mengikuti pernikahan massal gratis ini adalah warga asal Cinere, Depok, Jawa Barat. Dan disusul oleh warga Bekasi dengan 7 pasangan pengantin. Setelah itu Tangerang dengan 2 pasangan pengantin.

Selengkapnya
Copyright 2010-2017

Cangih Kamera Ini Bisa Memotret Bulan

Nikon COOLPIX P1000 menggunakan sistem Dual Detect Optical Vibration Reduction (VR) untuk menstabilkan gerakan pengambilan gambar, baik secara horizontal mau pun vertikal. Fitur lain dalam kamera Nikon COOLPIX P1000 mencakup BSI CMOS sensor 16MP.

Selengkapnya
Copyright 2010-2017

Lima Makanan Sehat Ini Bisa Merusak Gigi

Untuk menjaga gigi agar selalu sehat dan tidak membusuk diperlukan perawatan yang rutin. Lakukanlah perawatan gigi dengan hindari konsumsi makanan yang dapat merusak gigi, seperti makanan yang mengandung sifat asam berlebih dan manis.

Selengkapnya
Copyright 2010-2017

ISIS di Mesir Sempat Berencana Bunuh Presiden Sisi

Melansir dari The New Arab, jaringan tersebut diduga telah berjanji setia kepada pemimpin ISIS Abu Bakr al-Baghdadi sebelum menjadi afiliasi kelompok militan. Lebih dari 200 tersangka dari anggota kelompok teroris dan setidaknya 35 tentara telah terbunuh sejak otoritas Mesir meluncurkan operasi "Sinai 2018" pada bulan Februari, yang bertujuan untuk membersihkan wilayah semenanjung dari kelompok militan.

Selengkapnya
Copyright 2010-2017

Peluk Penyanyi Pria, Wanita Arab Saudi Ditangkap

Sebuah video yang menunjukkan insiden itu telah beredar luas di media-media sosial. Video itu menunjukkan seorang wanita berlari di atas panggung menuju ke sang penyanyi pria, yang berusaha menghindari ke samping. Dengan cepat, wanita itu kemudian ditarik oleh petugas keamanan.

Selengkapnya
Copyright 2010-2017

Johannes Kotjo, Orang Terkaya RI yang Jadi Tersangka Suap

Yang menarik, Johannes Kotjo juga masuk jajaran orang terkaya di Indonesia. Dalam daftar 150 orang terkaya di Indonesia 2016 yang dirilis GlobeAsia, Johannes Kotjo ada di posisi 116. GlobeAsia melaporkan dia mengantongi kekayaan US$ 267 juta atau bila dihitung dengan nilai tukar rupiah sekarang, jumlahnya setara Rp 3,7 triliun.

Selengkapnya
Copyright 2010-2017

Sistem memanen air hujan ubah masyarakat kecil Meksiko

Bagian utama biaya berada dari gabungan tempat termasuk pembuatan pondasi dan rencana pembiayaan. Warga pelaksana membayar bagian sangat kecil berdasarkan penghasilan mereka, kata Vera. Wanita tersebut menambahkan Isla Urbana diproyeksikan akan memasang 10.000 sistem pemanen air hujan tahun ini.

Selengkapnya
Copyright 2010-2017

Dalih-Dalih Partai Politik Jualan Caleg Artis

Ketua DPP Partai Berkarya Badarudin Andi Picunang juga menepis anggapan artis dimanfaatkan partai untuk mendulang dukungan. Sebab menurutnya proporsi jumlah artis dibandingkan total keseluruhan caleg yang diajukan Partai Berkarya tidaklah seberapa. Hanya ada sekitar lima sampai tujuh caleg berlatarbelakang artis dari total lima ratusan caleg.

Selengkapnya
Copyright 2010-2017

Antara Giroud, Guivarc'h, dan Sejarah yang Berulang

Satu-satunya kontribusi langsung terhadap gol Prancis yang dia buat adalah sebiji assist. Assist ini diciptakannya untuk gol kedua Kylian Mbappe ke gawang Argentina pada laga babak 16 besar.

Selengkapnya
Copyright 2010-2017

Kesepakatan RI-Freeport Tuai Kritikan

Ada banyak isu dan komentar menyusul penandatanganan HoA tersebut. Salah satu isu yang paling banyak dipertanyakan publik yaitu mengenai mengapa pemerintah tidak menunggu kontrak Freeport habis 2021 sehingga untuk menguasai tambang Grasberg di Mimika, Papua, Inalum tidak perlu merogoh kocek atau gratis.

Selengkapnya
Copyright 2010-2017

Membantah, Berkas Pencalegan Kapitra Ampera Ada di PDIP?

Menurut Eggi, Pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab memang sudah mengeluarkan fatwa bahwa tidak ada dukungan bagi partai penista agama. Namun pada dasarnya, setiap warga negara memiliki hak politiknya masing-masing.

Selengkapnya
Copyright 2010-2017

Ini Akhir Cerita Piala Dunia 2018

Bagi negara-negara yang tidak lolos dari penyisihan grup, masing-masing mendapat uang senilai USD 8 juta atau Rp 112,7 miliar. Sementara 8 negara yang tersisih dari babak 16 besar mendapatkan total uang USD 12 juta atau Rp 168,9 miliar.

Selengkapnya
Copyright 2010-2017

Inilah Cara mengatasi kaki kram pada saat hamil

Agar terhindar dari masalah kram kaki saat hamil, sering-seringlah mengonsumsi pisang. Pisang mengandung mineral kalium yang menurut Mayo Clinic, dapat mengurangi gejala kram otot.

Selengkapnya
Copyright 2010-2017

Polisi Malaysia Tangkap 7 Tersangka Teror Termasuk WNI

WNI ketiga ditangkap di Ipoh, Perak pada 14 Juli. Dia disebut pria berusia 42 tahun yang berprofesi sebagai mandor pabrik. "Dia diyakini memiliki keterkaitan dengan kelompok teror Jamaah Ansharut Daulah (JAD). Kelompok ini bertanggung jawab atas pembunuhan seorang polisi Indonesia di Jawab Barat pada 10 Mei lalu," ucap Mohd Fuzi.

Selengkapnya
Copyright 2010-2017

Hadiah Rumah dari Kemendagri Untuk Zohri, Berapa Harganya?

Untuk tipe rumah 85, dengan 3 kamar tidur dan 2 kamar mandi, harganya Rp650 juta. Sementara untuk rumah tipe 50 dengan 2 kamar tidur dan 1 kamar mandi, harga yang ditawarkan Rp425 juta.

Selengkapnya
Copyright 2010-2017

ISIS di Mesir Sempat Berencana Bunuh Presiden Sisi

Melansir dari The New Arab, jaringan tersebut diduga telah berjanji setia kepada pemimpin ISIS Abu Bakr al-Baghdadi sebelum menjadi afiliasi kelompok militan. Lebih dari 200 tersangka dari anggota kelompok teroris dan setidaknya 35 tentara telah terbunuh sejak otoritas Mesir meluncurkan operasi "Sinai 2018" pada bulan Februari, yang bertujuan untuk membersihkan wilayah semenanjung dari kelompok militan.

Selengkapnya
Copyright 2010-2017

Sebelum Disuntik Mati, Tahanan AS Menangis Minta Maaf

Hook membunuh Self secara brutal pada tahun 1985, atau lebih dari tiga dekade silam. Saat itu, keduanya pergi ke apartemen Self setelah berkenalan di sebuah bar gay di kota Cincinnati. Namun di apartemen Self, Hook mencekik dan menikamnya berulang kali dengan sebuah pisau dapur. Polisi menyatakan bahwa Hook mencoba memenggal korbannya yang berumur 25 tahun.

Selengkapnya
Copyright 2010-2017

Presiden Kroasia yang Basah Kuyup dan Putin yang Berpayung

Ada Presiden Rusia Vladimir Putin, Presiden Prancis Emmanuel Macron, dan Presiden Kroasia Kolinda Grabar-Kitarovic berbaris di atas panggung. Hujan tidak terlihat akan berhenti, malah semakin deras. Alhasil, orang-orang yang berada di atas panggung basah kuyup.

Selengkapnya
Copyright 2010-2017

17 Pria Diduga Memperkosa Bocah Perempuan 11 tahun

Pria itu kemudian diduga mengajak pria lain lalu merekam video pemerkosaan tersebut. Laporan menyebutkan si bocah sebelumnya dibuat tidak sadarkan diri dengan suntikan dan minuman.

Selengkapnya
Copyright 2010-2017

Emas Berjalan, Penampilan Keluarga Ini Jadi Gunjingan

Wanita bernama Jumrawati Paradillah ini mengunggah momen ketika dirinya menghadiri sebuah pesta pernikahan saudaranya. Yang membuatnya menjadi sorotan ialah perhiasan yang dia kenakan terbilang sangat banyak.

Selengkapnya
Copyright 2010-2017

Fakta-fakta tentang si pelupa

Seiring bertambahnya usai, sebagian sel-sel otak akan mati atau mengerut (atrofi), sehingga mengurangi kemampuan fungsi otak. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh tim dari Universitas of Pennsylvania dan Henry Ford Healhty System AS, otak kiri pria ternyata lebih cepat mengalami kemunduran dibandingkan dengan wanita. Kecepatannya mencapai tiga kali kemunduran fungsi pada otak kiri wanita.

Selengkapnya
Copyright 2010-2017

Seru Ada Drama, Jadi Bantuan untuk "Assessment" Karakter Staf

Anies mengatakan pemberhentian semacam itu merupakan hal yang normal. Dalam sebuah organisasi, perombakan adalah hal biasa untuk penyegaran. Dia pun meminta agar transisi antara wali kota yang lama ke yang baru ini bisa berjalan baik.

Selengkapnya
Copyright 2010-2017

Lima Makanan Sehat Ini Bisa Merusak Gigi

Untuk menjaga gigi agar selalu sehat dan tidak membusuk diperlukan perawatan yang rutin. Lakukanlah perawatan gigi dengan hindari konsumsi makanan yang dapat merusak gigi, seperti makanan yang mengandung sifat asam berlebih dan manis.

Selengkapnya
Copyright 2010-2017

Cangih Kamera Ini Bisa Memotret Bulan

Nikon COOLPIX P1000 menggunakan sistem Dual Detect Optical Vibration Reduction (VR) untuk menstabilkan gerakan pengambilan gambar, baik secara horizontal mau pun vertikal. Fitur lain dalam kamera Nikon COOLPIX P1000 mencakup BSI CMOS sensor 16MP.

Selengkapnya
Copyright 2010-2017

Dinilai Pemicu Pembunuhan, India Minta WhatsApp Bertanggung Jawab

INDOSIANA - Hoaks atau pesan menyesatkan yang sering beredar viral di media sosial dan layanan instan bisa meyebabkan keresahan, bahkan dapat memicu pembunuhan.

Baru-baru ini di India, seorang pemuda 27 tahun tewas setelah dihajar ramai-ramai oleh kerumunan orang yang mengiranya sebagai penculik anak kecil. Setelah diusut, ternyata mereka termakan kabar bohong yang beredar lewat WhatsApp.

Kabar tersebut menuding sang pemuda sebagai penculik sehingga menimbulkan keresahan berujung pembunuhan.

Dua bulan terakhir ini, tercatat kurang lebih 20 kasus penyerangan serupa yang terjadi di India. Pemerintah India pun memandang WhatsApp turut bertanggung jawab, sebagai layanan penyedia medium yang dipakai untuk menyebarluaskan kabar bohong.

“WhatsApp belum melakukan tindakan yang memadai atas maraknya peredaran pesan yang tidak bertanggung jawab di platform mereka,” sebut kementerian informasi dan teknologi India dalam sebuah pernyataan yang dirangkum KompasTekno dari Business Insider, Sabtu (21/7/2018) dilansir dari kompas.

“Kalau mereka (WhatsApp) tetap berlaku seperti penonton yang diam saja, mereka bisa dianggap sebagai kaki tangan dan dapat dikenai tindakan hukum,” lanjut pernyataan itu.

WhatsApp sendiri sebenarnya sudah melakukan beberapa upaya untuk meredam predaran hoaks. Misalnya, dengan mulai menandai pesan berantai yang diteruskan dari pengguna lain (forwarded), dan tautan spam.

Perusahaan layanan instant messenger kepunyaan Facebook itu bahkan memasang iklan sehalaman penuh di koran-koran India. Isinya adalah tips soal mengindentifikasi dan menghindari kabar bohong.

Namun, sejauh ini WhatsApp masih kukuh mempertahankan privasi penggunanya. Hal tersebut bertentangan dengan keinginan pemerintah India yang menuntut WhatsApp agar membuka “pelacakan” sumber pesan provokatif apabila diminta oleh otoritas setempat.(kompas)


Copyright 2013

Gempa 5,4 SR guncang kepulauan Mentawai

Indosiana.com - Terjadi Gempa berkekuatan 5,4 Skala Richter mengguncang perairan di antara Kepulauan Mentawai dan garis pantai Sumatera Barat. Informasi dari website resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa terjadi Sabtu (21/7) sekira pukul 02.58 WIB.

Gempa terjadi di kedalaman 10 km, sekitar 34 km sebelah timur Kepulauan Mentawai. Gempa tidak berpotensi menimbulkan tsunami.
Hingga saat ini belum diketahui dampak kerusakan yang ditimbulkan oleh gempa itu

Copyright 2013

Iis Dahlia dan Kontroversi Komentar Pedasnya kepada Peserta Audisi KDI

Indosiana.com - Berikut peristiwa yang menimbulkan kontroversi Pedangdut Iis Dahlia menjadi sasaran kecaman keras dalam warganet dalam dua hari terakhir. Dikuti dari kompascom, Akun media sosialnya dibanjiri kecaman dan protes atas sikapnya dalam sebuah audisi ajang pencarian bakat penyanyi dangdut.

1. Peserta audisi tampil polos Peristiwa ini bermula dari sebuah video proses audisi Kontes Dangdut Indonesia ( KDI) 2018 yang beredar. Video itu menunjukkan seorang peserta bernama Waode Sofia asal Baubau, Sulawesi Tenggara, masuk ke ruang audisi. Sofia tampil sederhana. Ia mengenakan kaus abu-abu serta jaket dan celana jins.

Rambutnya yang panjang dikuncir ekor kuda. Wajahnya pun polos tanpa riasan. Remaja itu berdiri di hadapan tiga juri, yakni Benigno, Iis Dahlia, dan Trie Utami. Ketika Sofia baru saja memperkenalkan diri, Iis langsung mengomentari penampilannya. Ia menilai Sofia tidak mempersiapkan diri dengan baik.

2. Banjir hujatan Setelah cuplikan komentar Iis kepada Waode tersebar di sosial media, akun Instagram ibu dua anak itu langsung dibanjiri hujatan dari warganet. Mereka meluapkannya pada kolom komentar kanal KDI di YouTube dan akun Instagram Iis Dahlia. "Mba kalau misalkan orang dari kampung jauh. Dan *maaf* gak punya duit gimana? Apakah penyanyi itu harus berduit? Ini namanya bukan juri berkelas.

Coba aja suruh nyanyi dulu baru bilang baik baik kalau nanti penampilannya di improve lagi," tulis pemilik akun @danya.ayu pada salah satu posting Iis Dahlia di Instagram. "Settingan ya setinga tp ini bikin kesannya dangdut tu jual diri bukan jual kualitas suara," kata akun @febi_romadhon.

"Sombong banget juri kdi, jdi males liatnya sumpah kasian anak yg mau audisi di gitukan pasti sedih rasanya," tulis akun @dinata_m. "Mandang fisik sama pakaian? Itu kontes nyanyi bukan fashion cuy, lihat negara lain mandang fisik gk??? Jangan lihat luarnya kalau belom tau dalemnya," akun @muhmmd.indra berkomentar. Posting berupa foto Iis dengan dua anaknya itu sudah mendapat lebih dari 27.000 komentar hanya dalam waktu dua jam. Baca juga: Komentari Penampilan Peserta, Iis Dahlia Dihujat Warganet

3. Reaksi santai Iis Dahlia Iis Dahlia menanggapi berbagai hujatan itu dengan nada santai. Ia bahkan mengunggah foto-fotonya bersama suami dan anak-anaknya sedang berada di Singapura. Pada keterangan foto, ia berbicara tentang hujatan yang dialamatkan kepadanya sekaligus mempromosikan ajang pencarian bakat tersebut.

"Maaf org yg anda BULLY sedang santai...ttp nonton Audisi @kdiofficial setiap jm 21.00 dan pas sudah terpilih pesertanya di jm 20.00 sampai mendptkan Sang Juara nanti yaaa Deuhh pasti gw makin kena bully dehhh Alemonggggg semoga ttp diberi kesabaran," tulis Iis pada keterangan foto seperti dikutip Kompas.com, Kamis (19/7/2018).

4. Jawaban Iis Dahlia Ketika dihubungi melalui telepon, Kamis, Iis Dahlia menjelaskan alasannya melontarkan kritik pedas soal penampilan Waode Sofia. Menurut Iis, ia ingin mengajarkan Sofia untuk menghargai dirinya sendiri dengan memperhatikan penampilan. "Karena dia harus menghargai dirinya dia, menghargai hal yang dia punya niat gitu. Kalau dia punya niat, dia akan prepare karena teman-teman yang lain prepare, kenapa dia enggak," katanya.

5. Iis Dahlia sudah kebal Dihubungi pada kesempatan terpisah, Jumat (20/7/2018), Iis mengatakan kritik, kecaman, bahkan hujatan bukan hal baru baginya, terutama setelah ia menjadi juri ajang pencarian bakat enam tahun terakhir ini. "Aku sih udah kebal, udah jadi juri 6 tahun, nah ini belum apa-apa. Nanti kalau ada anak yang saya keluarin adalah saya mau disantet, mau dibunuh dijalan itu udah biasa," kata Iis saat dihubungi awak media, Jumat (20/7/2018).

Pelantun tembang "Payung Hitam" itu mengatakan tak mau membuang-buang waktu meladeni komentar warganet di akun sosial medianya. "Kalau mau diladenin capek bok. Kalau komen udah buat fitnah, kalau gue punya waktu ya, tapi wasting time, buang-buang waktu bolak balik ke polisi," ucap Iis.

6. KDI beri jawaban Programming dan Acquisition MNCTV, Endah Hari Utari menjelaskan bahwa viseo yang menyebar itu bukanlah video utuh. Sehingga menyebabkan timbulnya penilaian negatif terkait komentar Iis kepada Waode. "Karena kami ingin mereka memang bertanggung jawab melakukan, kalau dilihat secara konteksnya itu kan bukan video menyeluruh.

Itu kan dipotong dan menjadikan itu ramai," kata Endah saat ditemui di acara Welcoming Kontestan KDI di MNC Studios, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Jumat (20/8/2018). Untuk itu Endah menambahkan, bahwa jika video audisi tersebut tidak dipotong dan ditonton secara menyeluruh, maka akan terlihat bahwa komentar juri bertujuan baik.

"Jadi kesimpulan kami adalah teman-teman harus melihatnya secara utuh dan kontekstual. Karena tujuannya sama sekali enggak jelek," ungkapnya. Meski demikian, Endah dan tim tetap melakukan evaluasi di setiap babak. Kejadian ini pun menjadi salah satu bagian yang dievaluasi. "Kalau evaluasi setiap stages kita lakukan evaluasi. Artinya setiap hari kita melakukan perbaikan di semua area. Ini juga termasuk yang dibahas," ucapnya

7. Video utuh Pada video utuh yang diunggah di kanal KDI MNCTV di YouTube, Waode Sofia kemudian diajak keluar ruangan oleh pembawa acara Joel Kriwil dan Evi Masamba. Sekilas tampak Sofia mengusap pipinya, seperti menghapus airmata. Setelah itu diperlihatkan bagaimana Evi membantu Waode Sofia mengubah penampilannya. Ia mencarikan remaja itu gaun bagus lalu merias wajahnya.

Setelah itu, Sofia kembali ke ruang audisi dengan penampilan sangat berbeda. Ia mengenakan gaun hitam berhias payet mengkilat. Rambutnya disanggul dan wajahnya pun dirias. Dengan penampilan itu, Sofia baru mendapat kesempatan menampilkan suaranya yang indah.


Copyright 2013

Pejabat Kemenkum HAM dan Seorang Artis Ditangkap KPK

Indosiana.com - Kabar yangyang tersebar Seorang pejabat dari Kementerian Hukum dan HAM serta seorang artis ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Sumber dalam KPK membenarkan perihal penangkapan tersebut.

Mereka ditangkap pada Sabtu, (21/7/2018) dini hari.

"Ya betul ada 6 orang," kata sumber tersebut kepada dikutip dari liputan6, Sabtu (21/7/2018).

Namun, sumber tersebut belum merinci perkara apa yang menjerat 6 orang tersebut.

Copyright 2013

Tokoh Agama Tampar Perempuan Pengacara di Televisi

Indosiana.com - Seorang tokoh agama harus berurusan dengan polisi setelah menampar seorang perempuan dalam sebuah siaran langsung televisi di India. Maulana Ejaz Arshad Qasmi, nama tokoh agama itu, menampar Farah Faiz, seorang pengacara yang melawan aturan talak tiga yang menjadi perdebatan hangat di India.

Menurut sejumlah media, debat dalam acara gelar wicara atau bincang-bincang di stasiun  televisi Zee Hindustan itu memanas saat Farah berargumen bahwa aturan talak tiga bukan cara bercerai yang diajarkan Al Quran.

Pernyataan ini ternyata memicu pertengkaran antara Farah dan Maulana. Pertengkarah ini kemudian berujung pergulatan antara kedua orang itu. Potongan video pergulatan ini kemudian viral di media sosial.

Sebagian netizen mengecam perilaku Maulana tetapi tak sedikit yang menyebut Farah menampar sang ulama terlebih dulu. Masalah talak tiga ini memang menjadi perdebatan hangat di India, bahkan PM Narendra Modi sempat beberapa kali berpendapat soal masalah itu.

Bahkan, Mahkamah Agung India tahun lalu melarang warga negeri itu menggunakan konsep ini untuk bercerai karena dianggap inkonstitusional. Pada Rabu lalu, Menteri Federal Ravi Shankar menyurati pemimpin oposisi kongres Rahul Gandhi terkait pentingnya mengesahkan undang-undangyang melarang konsep talak tiga.

Selain itu, India harus menjatuhkan hukuman pidana bagi siapa saja yang melanggar aturan larangan talak tiga. Di sisi lain, sejumlah organisasi Muslim meminta pemerintah agar tidak mencampuri aturan agama Islam karena hanya akan menciptakan perpecahan di tengah masyarakat.

Copyright 2013

Rini Diteriaki Bohong-bohong

Indosiana.com - Dalam ucapan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno menjanjikan kesejahteraan pada karyawan Pertamina sampai 100 tahun ke depan. Dalam ucapan Rini ini merupakan jawaban dari keresahan karyawan Pertamina yang menggelar aksi demo sejak pukul 08.00 WIB.

Dan Karyawan ini tergabung dalam serikat pekerja yang masuk dalam FSPPB (Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu)Dan juga melakukan aksi long march. Dalam aksi berlangsung dari Kantor Pusat Pertamina menuju Kementerian BUMN.Dan Para peserta aksi juga sempat meneriaki Rini bohong saat menemui mereka.

"Namun tanggung jawab saya adalah bagaimana Pertamina sehat 100 tahun ke depan untuk anak cucu-cucu. Jangan ngomong bohong-bohong. Anda lihat sendiri bagaimana keadaannya sekarang," kata Rini menjawab teriakan demonstran di depan gedung Kementerian BUMN, Jakarta Pusat, Jumat (20/7/2018)

"Dan juga dalam hal ini kalian itu keluarga Pertamina.kalian punya tanggung jawab untuk Pertamina benar-benar melakukan fungsinya dengan baik sebagai Badan usaha juga sebagai agen pembangunan," ujar Rini.

Dan Sebagai informasi aksi demo ini merupakan aksi protes dari beredarnya surat mengenai penjualan aset yang telah ditandatangani oleh Rini. Surat ini berisi soal, Rini telah menandatangani surat Persetujuan Prinsip Aksi Korporasi untuk Mempertahankan Kondisi Keuangan PT Pertamina (Persero) bertanggal pada 29 Juni 2018.

Berdasarkan surat yang beredar, ada empat aksi korporasi yang bakal dilakukan Pertamina, termasuk menjual aset-asetnya ke pihak swasta.

Copyright 2013

Motif Mahasiswa Telkom University Gantung Diri

Indosiana.com - Peristiwa yang terjadi pada Mahasiswa Telkom University (Tel-U),yang tewas di kamar indekosnya.Naum polisi menyebut tidak menemukan tanda bekas kekerasan terhadapa korban ditubuh korban dan tak ada barang berharga raib. Pemuda tersebut diduga kuat mengakhiri hidup dengan cara gantung diri. Apa motifnya?

Namun dalam Proses evakuasi jasad AS diwarnai isak tangis keluarga. Kakak korban datang langsung ke lokasi kejadian, Jalan Sukabirus, Kecamatan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat (20/7/2018).

"Masalah pribadi. Katanya karena enggak lulus-lulus kuliah. Dia mahasiswa angkatan 2014, harusnya sudah lulus," kata Kapolsek Dayeuhkolot Kompol Risnanto di lokasi.

Namun ungkapan senada disampaikan pihak Tel-U. Manajer Kemahasiswaan Tel-U Soni Sandono menyebut AS tewas diduga bunuh diri akibat dipicu persoalan pribadi.

Soni menuturkan bahwa AS selama dua tahun terakhir jarang masuk kuliah. "Angkatan 2014, harusnya sudah sidang. Belum ikut sidang, baru lima pulih persen, total 140 SKS," ucap Risnanto

Copyright 2013

Kebakaran, Swedia Minta Bantuan Dunia Internasional

Indosiana.com - pada saat ini Pemerintah Swedia telah mengeluarkan seruan bantuan darurat kepada Uni Eropa dan dunia internasional,Dan menyusul kebakaran besar yang melanda banyak hutan di hampir seluruh wilayah negara tersebut, akibat cuaca panas ekstrem.

Dan Puluhan titik kebakaran dikabarkan menyapu hutan-hutan kawasan Nordik, termasuk di beberapa bagian lingkaran Arktik, mendorong Stockholm untuk mencari bantuan dari negara tetangga, guna mengendalikan penyebaran api.

Dan Dikutip dari Independent.co.uk pada Kamis (19/7/2018),Dan juga puluhan ribu orang diimbau tetap berada di dalam rumah, dengan jendela dan ventilasi tertutup untuk menghindari kepulan asap yang membahayakan kesehatan.

Dan juga Lembaga Prediksi Cuaca Sipil negara (MSB) mengatakan dua pesawat pemadam kebakaran asal Italia telah dikirim ke wilayah tengah Swedia. Sementara Norwegia mengirimkan bantuan enam buah helikopter ke beberapa titik api terparah.

"Fokus saat ini adalah proses pemadaman dari udara, dan kami akan memanfaatkan bantuan yang ada dengan sebaik mungkin, termasuk mengupayakan efisiensi penanganan di siang hari," ujar Britta Ramberg dari MSB kepada kantor berita TT.

"Kami menindaklanjuti dengan permintaan lebih banyak bantuan helikopter serta pesawat pengebom air, dan akan melihat apakah ada kemungkinan negara lain memberi dukungan," lanjut Britta menjelaskan.

Namun Sebagian besar warga Swedia pergi berlibur di bulan Juli. Namun, mengingat kasus kebakaran yang kian meluas, MSB meminta para staf untuk kembali lebih awal guna membantu upaya menghentikan penyebaran api lebih luas.

Copyright 2013

Dibangun 4 Tahun Dengan Dana Rp 1,8 Miliar, Kantor Desa Ini Mirip Istana Negara

INDOSIANA - Kantor Desa Kemuningsari Kidul, Kecamatan Jenggawah, Kabupaten Jember, Jawa Timur ini dibangun mirip sekali dengan istana negara. Meski berlokasi di sekitar persawahan, namun bangunan ini terbilang cukup megah.

Karena kemegahannya, kantor desa ini tidak pernah sepi setiap harinya. Karena selalu di datangi pengunjung dari warga luar desa setempat. Mereka penasaran dengan kantor desa yang mendadak viral di medsos tersebut.

“Viral di Medsos, saya saja orang Jember baru tahu kalau kantor desa ini mirip dengan istana negara. Makanya ke sini, dan ternyata sungguhan mirip sekali,” kata Ahmad dikutip dari kompas.

Warga yang berdatangan tidak lupa mengabadikan foto di depan kantor desa itu.

“Ternyata mirip sekali dengan istana negara. Jadi enggak usah jauh- jauh datang ke Jakarta, kalau hanya ingin foto di depan istana negara, sebab di sini ada,” kata Erwin, pengunjung lainnya.

Kepala Desa Kemuningsari Kidul, Sujarwo Adiyono mengatakan pembangunan kantor desa yang mirip dengan rumah dinas Presiden RI ini membutuhkan waktu sekitar empat tahun.

“Kantor ini mulai dibangun sejak tahun 2014, dan baru diresmikan tanggal 7 Juli lalu. Jadi, pembangunannya dilakukan secara bertahap, karena anggaran yang kita miliki terbatas jumlahnya,” kata Sujarwo.

Pembangunan yang berjalan selama empat tahun ini menghabiskan dana yang tidak sedikit, yakni sekitar Rp 1,8 miliar.

“Dana itu bersumber dari sisa belanja alokasi dana desa, dari pendapatan desa, bagi hasil pajak, dan swadaya masyarakat,” terang Sujarwo.

Menurut Sujarwo, bangunan kantor desa tersebut sebenarnya baru rampung 75 persen. Sebab di sisi kanan dan kiri bangunan akan dibuat seperti gerbang, sehingga mobil bisa memutar.

“Selain itu, kita akan bangun tempat bermain anak- anak di sekitar kantor desa, sebab kita punya areal lahan cukup luas yakni 4 hektar,” katanya. Inspirasi bangunan mirip istana negara itu muncul saat Sujarwo menonton televisi dan melihat bangunan istana negara yang cukup megah. “Akhirnya muncul inspirasi untuk membangun kantor desa mirip dengan istana negara,” tambahnya.

Sujarwo berharap, ke depan dengan selesainya bangunan dan wahana bermain serta warung di sekitar kantor desa, akan memberikan dampak ekonomi kepada masyarakat sekitar.

“Nanti kan warga bisa berjualan di sekitar kantor desa, sehingga warga bisa mendapat tambahan penghasilan dengan memanfaatkan banyaknya pengunjung yang datang,” tutupnya.(kompas)


Copyright 2013

Ini Tips dari Miliarder Warren Buffet

Indosiana.com - Siapa tak kenal nama Warren Buffet? Ia merupakan komisaris, direktur utama, sekaligus pemegang saham terbesar Berkshire Hathaway Inc. Bernaung nama Buffett, Berkshire Hathaway kini memiliki aset di lebih dari 50 perusahaan global.

Bagi segenap karyawan Berkshire Hathaway, Buffett adalah ayah. Layaknya seorang ayah, sekali dalam setahun, Buffett lalu menulis surat khusus untuk para pemegang saham Berkshire Hathaway. Surat yang berisi nasihat itu juga bermuatan kalimat-kalimat pandangan, sekaligus keresahannya terhadap perekonomian dunia.

Surat tahunan 2018 diumumkan pada beberapa waktu lalu. Seperti surat-surat lain yang ditulis Buffett sejak 1965, lipatan kertas “sakti” tahun ini juga berisi pelajaran-pelajaran yang tak layak diabaikan investor.

Berikut tips sukses Buffett, seperti tercantum dalam surat dan telah dilansir dari USA Today, dikutip dari wormtraders.com:

1. Perlakukan saham seperti bisnis, bukan tickers

“Saya melihat saham yang dimiliki Berkshire sebagai kepentingan bisnis, bukan sebagai simbol ticker untuk dibeli atau dijual berdasarkan pola ‘grafik’, ‘target’ analisis harga atau opini pakar media,” tulis Buffett.

2. Bisnis yang bagus, akan menjadi investasi bagus dalam jangka panjang

“Kami hanya percaya bahwa jika bisnis para investor berhasil (seperti yang kami yakini), investasi kami akan berhasil juga. Terkadang pembayaran kepada kami akan sederhana, kadang-kadang cash register akan berdering dengan keras. Secara keseluruhan–dan kelebihan waktu–kita harus mendapatkan hasil yang layak. Di AS, investor ekuitas memiliki angin yang bergerak di belakang mereka.”

3. Jangan berinvestasi dengan uang “pinjaman”

Buffett mengatakan, “Menggunakan uang pinjaman untuk membeli saham, atau membeli margin, adalah proposisi berisiko bagi investor individual.” Mengapa? “Hal ini dapat memperkuat kerugian saat saham turun dan menyebabkan Anda panik,” katanya memperingatkan.

Buffett memperlihatkan sebuah grafik yang menunjukkan empat titik utama saham Berkshire kembali ke tahun 1973, dengan kerugian berkisar antara 37,1 persen pada bulan Oktober 1987 ketika pasar saham jatuh ke penurunan 59,1 persen dari tahun 1973 sampai 1975.

“Ini (data) memberi argumen terkuat yang bisa saya gunakan agar tidak memakai uang pinjaman untuk memiliki saham,” kata Buffett.

4. Hindari investasi dengan biaya tinggi

Buffett memuji keberuntungannya baru-baru ini dalam suatu taruhan pada bulan Desember 2007. Sebelas tahun silam, ia bertaruh indeks saham S&P 500 akan memberikan hasil yang lebih baik dalam rentang waktu 10 tahun, dari lima hedge fund yang berinvestasi di dana lindung nilai lainnya, dan yang dijalankan oleh pengelola dana dengan biaya tinggi, sering dianggap sebagai “uang pintar” di Wall Street.

S&P 500 untung dengan mudah, membukukan kenaikan tahunan rata-rata 8,5 persen, dengan mudahnya melampaui lima portofolio hedge fund.

“Investor AS membayar jumlah yang mengejutkan setiap tahun kepada para penasihat, sering menimbulkan beberapa lapis biaya konsekuensial. Secara keseluruhan, apakah investor ini mendapatkan uang mereka?”, “Jawaban pertanyaan ini sangat penting,” tulis Buffett. Jawabannya adalah “Tidak.”

Copyright 2013

Emas Berjalan, Penampilan Keluarga Ini Jadi Gunjingan

Indosiana.com - Seorang wanita asal Malaysia baru-baru ini menarik perhatian publik usai sebuah foto yang dia unggah di akun Facebook-nya dikutip dari liputan6 pada jum'at 20/07/2018.

Wanita bernama Jumrawati Paradillah ini mengunggah momen ketika dirinya menghadiri sebuah pesta pernikahan saudaranya. Yang membuatnya menjadi sorotan ialah perhiasan yang dia kenakan terbilang sangat banyak.

Bagaimana tidak, Jumrawati terlihat mengenakan kalung panjang bertumpuk-tumpuk di dadanya. Tak hanya itu, dia juga mengenakan banyak gelang serta cincin besar di kesepuluh jarinya.

Tak hanya Jumrawati, pada unggahannya tersebut terlihat pula sanak saudaranya yang juga mengenakan emas sangat banyak. Kalian akan melihat rata-rata dari mereka mengenakan tiga tumpuk kalung di leher. Begitupula dengan gelang di kedua tangannya. Tak lupa juga cincin-cincin besar di beberapa jari mereka.

Unggahan tersebut sontak membuat warganet heran. Banyak dari mereka yang  menganggap bahwa yang keluarga Jumrawati sengaja pamer perhiasan pada acara tersebut. Selain itu, foto-foto tersebut juga tak luput dari kecaman netizen. Meski begitu, adapula yang membelanya selama yang dikenakan adalah emas miliknya sendiri karena hal tersebut tak menjadi masalah.

Copyright 2013

Sebelum Disuntik Mati, Tahanan AS Menangis Minta Maaf

Indosiana.com - Sebelum disuntik mati, tahanan tersebut menangis saat menyampaikan permintaan maafnya untuk keluarga korban.
Sebelum disuntik mati pada Rabu (18/7) waktu setempat, Robert Van Hook menyatakan penyesalannya atas pembunuhan David Self pada tahun 1985.

"Saya sangat menyesal telah mengambil saudara laki-lakimu dari Anda. Saya tidak baik," ujar Hook kepada para anggota keluarga Self, yang hadir di penjara di kota Lucasville, Ohio untuk menyaksikan eksekusi mati tersebut.

"Saya harap kalian kini memiliki kedamaian," imbuh pria berumur 58 tahun itu seperti dilansir kantor berita AFP, Kamis (19/7/2018).

Media-media AS melaporkan bahwa pria itu menangis saat menyampaikan kata-kata terakhirnya tersebut. Hook dinyatakan meninggal pada Rabu (18/7) pukul 10.44 waktu setempat.

Hook membunuh Self secara brutal pada tahun 1985, atau lebih dari tiga dekade silam. Saat itu, keduanya pergi ke apartemen Self setelah berkenalan di sebuah bar gay di kota Cincinnati. Namun di apartemen Self, Hook mencekik dan menikamnya berulang kali dengan sebuah pisau dapur. Polisi menyatakan bahwa Hook mencoba memenggal korbannya yang berumur 25 tahun.

Dalam pembelaannya, pengacara-pengacara Hook mengatakan bahwa klien mereka mengalami masalah kesehatan jiwa dan kecanduan narkoba, serta menjadi korban kekerasan semasa kecil. Pengacara Hook juga mengatakan bahwa kliennya telah menyesali kejahatannya. Di persidangan, Hook mengaku telah beberapa kali memperdaya pria-pria gay untuk datang ke apartemen mereka guna merampok mereka.

Hook menjadi terpidana mati kedua yang dieksekusi di AS dalam beberapa hari terakhir. Sebelumnya pada Selasa (17/7) malam waktu setempat, otoritas Texas mengeksekusi mati Christopher Young (34) atas pembunuhan Hasmukh Patel, pemilik toko kelontong, dalam insiden perampokan pada tahun 2004 silam.

Copyright 2013

LIPI: Jokowi 46 %, Prabowo 17 %

INDOSIANA - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menunjukkan hasil survei tingkat keterpilihan (elektabilitas) Joko Widodo (Jokowi) jauh lebih unggul dibanding Prabowo Subianto.

Peneliti senior Pusat Penelitian Politik (P2P) LIPI Wawan Ichwanuddin mengatakan paparan hasil survei di Hotel Century Park, Jakarta.

"Pilihan capres lewat pertanyaan terbuka/top of mind, Jokowi 46 persen, Prabowo Subianto 17 persen," katanya dikutip dari detik, Kamis (19/7/2018).

Dari pertanyaan terbuka/top of mind, Gatot Nurmantyo dipilih 1 persen responden. Sebanyak 32 persen responden tidak menjawab dan 5 persen responden menyebutkan nama lain.

Survei LIPI melibatkan 2.100 responden, dengan perkiraan margin of error (MoE) sebesar +/- 2,14 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Data dikumpulkan melalui wawancara tatap muka oleh enumerator yang telah dilatih dengan instrumen kuesioner. Pengumpulan data dilakukan pada 19 April-5 Mei 2018.

"Elektabilitas Jokowi sebagai calon presiden masih tertinggi dibandingkan nama-nama lain, baik saat ditanyakan melalui pertanyaan terbuka maupun pertanyaan tertutup," kata Wawan.

Berikut ini hasil survei LIPI terkait pilihan capres.

Pilihan capres berdasarkan pertanyaan tertutup 10 nama

1. Joko Widodo 53,3 persen
2. Prabowo Subianto 22 persen
3. Gatot Nurmantyo 3,1 persen
4. Agus Harimurti Yudhoyono 2,6 persen
5. Anies Baswedan 1,7 persen
6. Ridwan Kamil 1,6 persen
7. M Zainul Majdi 1,4 persen
8. Muhaimin Iskandar 0,7 persen
9. Ahmad Heryawan 0,7 persen
10. Tito Karnavian 0,3 persen
Tidak memilih (golput) 0,7 persen
Tidak jawab 12 persen


Pilihan capres berdasarkan pertanyaan tertutup 5 nama

1. Joko Widodo 55 persen
2. Prabowo Subianto 22,9 persen
3. Gatot Nurmantyo 4,3 persen
4. Agus Harimurti Yudhoyono 3,1 persen
5. Anies Baswedan 3,1 persen
Tidak memilih (golput) 0,9 persen
Tidak jawab 10,8 persen


Pilihan capres berdasarkan pertanyaan tertutup 3 nama

1. Joko Widodo 57,4 persen
2. Prabowo Subianto 25,8 persen
3. Gatot Nurmantyo 4,9 persen
Tidak memilih 1 persen
Tidak jawab 11 persen


Pilihan capres berdasarkan pertanyaan tertutup 2 nama

1. Joko Widodo 58,2 persen
2. Prabowo Subianto 26,6 persen
Tidak memilih (golput) 1,3 persen
Tidak jawab 13,9 persen. (detik)

Copyright 2013

Polisi Malaysia Tangkap 7 Tersangka Teror Termasuk WNI

Indosiana.com - Dituturkan Kepala Kepolisian Federal Malaysia, Inspektur Jenderal Polisi Mohd Fuzi Harun, seperti dilansir Channel News Asia dan The Star, Kamis (19/7/2018), tujuh tersangka yang ditangkap terdiri atas empat warga Malaysia dan tiga WNI. Identitas mereka belum diungkap. Semua tersangka ditangkap dalam operasi polisi yang digelar antara 12-17 Juli lalu, di sejumlah wilayah seperti Terengganu, Selangor, Perak dan Johor.

"Kami melakukan penangkapan pertama pada 12 Juli di Terengganu, di mana seorang pria Indonesia berusia 26 tahun ditahan," sebut Mohd Fuzi.

WNI 26 tahun itu disebut sebagai anggota kelompok teror Negara Islam Indonesia (NII). Dia juga disebut pernah menerima pelatihan senjata di Bandung antara tahun 2015-2018. WNI itu memiliki istri yang seorang warga negara Malaysia dan telah menyatakan sumpah setia pada NII di Bandung.

"Tersangka dan istrinya berencana membawa keluarga mereka ke Suriah untuk bergabung IS (Islamic State of Iraq and Syria)," ucap Mohd Fuzi.

WNI kedua ditangkap di Petaling Jaya pada 12 Juli. Dia disebut sebagai pria Indonesia berusia 27 tahun. "Dia merupakan anggota IS (nama lain ISIS) dan kami menemukan 100 video dan 90 foto kelompok teror itu di telepon genggamnya. Kami meyakini dia mempromosikan IS secara aktif via media sosial dan dia berencana bergabung dengan mereka di Suriah," ungkap Mohd Fuzi.

WNI ketiga ditangkap di Ipoh, Perak pada 14 Juli. Dia disebut pria berusia 42 tahun yang berprofesi sebagai mandor pabrik. "Dia diyakini memiliki keterkaitan dengan kelompok teror Jamaah Ansharut Daulah (JAD). Kelompok ini bertanggung jawab atas pembunuhan seorang polisi Indonesia di Jawab Barat pada 10 Mei lalu," ucap Mohd Fuzi.

Penangkapan selanjutnya dilakukan terhadap seorang pria Malaysia berusia 42 tahun dan seorang wanita Malaysia berusia 24 tahun di Johor pada 16 Juli. Pria Malaysia itu diketahui sempat berkomunikasi erat dengan pemimpin militan Muhammad Wanndy Mohamed Jedi asal Malaysia yang tewas di Suriah. Dia juga disebut sempat melontarkan ancaman serangan bom di Malaysia, Indonesia dan Filipina usai Idul Fitri.

Sedangkan si wanita Malaysia diketahui mengirimkan 42 ribu Ringgit kepada militan Muhammad Nasrullah Latif alias Abu Gomez asal Malaysia yang juga telah tewas di Suriah awal tahun ini.

Satu pria Malaysia lainnya yang ditangkap merupakan pria pengangguran berusia 34 tahun yang mengancam akan membunuh Yang di-Pertuan Agong, PM Mahathir dan Menteri pada Departemen Perdana Menteri Dr Mujahid Yusof Rawa. "Dia memposting ancaman di Facebook karena dia memandang Raja dan pemimpin Malaysia sebagai 'toghut'. Dia merasa mereka tidak memimpin negara ini berdasarkan ajaran Islam," tutur Mohd Fuzi.

Copyright 2013

Hari Ini Jokowi-JK Jenguk SBY di RSPAD

Indosiana.com - Jakarta, Kamis (19/7/2018).Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla menjenguk Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto.

Hal itu disampaikan Ketua DPP Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean kepada Kompas "Betul. Pukul 10.00 tadi, Pak Jokowi datang ke RSPAD. Bersama RI 2," ujar Ferdinand.

Dan juga ikut hadir Ibu Negara Iriana Jokowi dan istri Wapres, Mufidah Kalla. Sementara SBY didampingi Ani Yudhoyono. SBY dirawat inap di RSPAD sejak Selasa (17/7/2018) karena kelelahan. Pada Rabu malam, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sudah lebih dulu menjenguk SBY.

Saat itu, SBY didampingi Ani dan dua putranya, Agus Harimurti dan Edhie Baskoro. Prabowo dan SBY memang sejak beberapa hari sebelumnya dijadwalkan bertemu untuk membicarakan koalisi di Pilpres 2019. Lantaran SBY sakit, pertemuan dijadwalkan ulang.


Copyright 2013

Indonesia akan bahas pembagian wilayah dengan Malaysia

Indosiana.com - Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi akan menggelar pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Malaysia yang baru dilantik, Saifullah Abdullah. Menlu Saifullah dijadwalkan tiba di Jakarta pada Senin (23/7) mendatang.

"Ini merupakan kunjungan pertama Saifullah setelah dilantik menjadi menteri luar negeri. Kita melihat hubungan kedua negara yang cukup dekat mengingat saat pertama kali dilantik, Perdana Menteri Malaysia yang baru Mahathir Mohamad pun ke Indonesia untuk kunjungan kenegaraan pertamanya," kata Direktur Asia Tenggara Kemenlu RI, Denny Abdi saat ditemui di Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta Pusat, Rabu (18/7).

Kedua menteri akan membahas beberapa isu yang menjadi perhatian di kawasan, salah satunya adalah kerja sama ekonomi yang sudah ada sejak lama yakni pengiriman TKI.

"Isu mengenai TKI tentu akan menjadi fokus pembahasan kedua menlu, mengingat saat ini TKI yang ke Malaysia semakin bertambah. Ada kontribusi ekonomi yang menguntungkan kedua negara melalui kerja sama ini," jelasnya.

"Di sisi lain, pemerintah Malaysia juga berencana memberi akses pendidikan kepada anak-anak dari para TKI," tambahnya.

Selain itu, isu pembagian wilayah juga akan turut dibahas oleh kedua menteri melalui pertemuan bilateral ini.

"Pembagian wilayah perbatasan juga akan jadi salah satu isu yang dibahas. Karena banyaknya mekanisme yang ada, jadi kesepakatan antara kedua negara akan diterjemahkan dalam working level antar instansi. Bukan hanya menlu dengan menlu, tetapi juga ada menteri teknis lain seperti pertanian dan perbatasan. Dalam pertemuan ini akan dibahas tindakan konkret dari hal itu," paparnya.

Copyright 2013

26 Pasangan ikut nikah massal gratis

Indosiana.com - Kejaksaan Agung melakukan nikah massal gratis di Masjid Baitul Adli,Pernikahan massal gratis ini dilakukan dalam rangka Hari Bhakti Adhyaksa ke-58 tahun dan Hari Ulang Tahun XVIII Ikatan Adhyaksa Dharmakarini tahun 2018.

Keseluruhan yang mengikuti pernikahan massal gratis ini berjumlah 26 pasangan pengantin. Terlihat yang mengikuti pernikahan massal gratis ini rata-rata berumur di atas 30 tahun.

"Ini ada 26 pasangan semuanya, cuma enggak dari seluruh Indonesia mas. Cuma dari Depok, Bekasi sama Tangerang," ujar salah satu petugas Kejaksaan Agung yang enggan disebutkan namanya, Jakarta Selatan, Kamis (19/7).

Dari 26 pasang, kebanyakan yang mengikuti pernikahan massal gratis ini adalah warga asal Cinere, Depok, Jawa Barat. Dan disusul oleh warga Bekasi dengan 7 pasangan pengantin. Setelah itu Tangerang dengan 2 pasangan pengantin.

"Kalau dari Cinere (Depok) sih ini ada 17 pasang mas," ujar Amhad Dalali (56) salah satu pengantin kepada merdeka.com.

Secara keseluruhan mereka yang mengikuti pernikahan massal ini sudah pernah melakukan nikah sirih atau nikah resmi secara agama namun tak ada di dalam catatan negara.

Copyright 2013

Cangih Kamera Ini Bisa Memotret Bulan

Indosiana.com - Nikon baru saja merilis kamera super zoom terbarunya, COOLPIX P1000. Kamera ini memiliki lensa dengan kekuatan zooming mencapai 125 kali berkat penggunaan optical zoom 3000mm dikutip dari liputan 6 pada kamis 19/7/2018.

Berkat kemampuan lensa tersebut pengguna tak hanya bisa memotret bulan, tetapi juga lembah, kawah hingga puncak yang ada di bulan.Kamera ini juga diklaim cocok bagi penggemar fotografi alam, fauna, dan olahraga yang tak ingin repot ketika menangkap detail gambar buruan.

Seperti dirilis dari situs resmi Nikon via Gizmologi.id, perusahaan menyebut COOLPIX P1000 mempunyai kekuatan zooming layaknya teleskop. Lensa kaca NIKKOR ED setara 3000mm yang tersemat membuka dunia baru peluang fotografi.

Dengan satu tekanan tombol, kamera Nikon COOLPIX P1000 bisa melakukan zoom out dengan cepat sehingga pengguna bisa menjepret kembali bidikan dari jarak jauh yang kemungkinan sebelumnya tak tertangkap.

Dual Detect Optical Vibration Reduction

Nikon COOLPIX P1000 menggunakan sistem Dual Detect Optical Vibration Reduction (VR) untuk menstabilkan gerakan pengambilan gambar, baik secara horizontal mau pun vertikal. Fitur lain dalam kamera Nikon COOLPIX P1000 mencakup BSI CMOS sensor 16MP.

Selain fitur untuk melakukan zooming yang gahar, kamera Nikon COOLPIX P1000 memberikan ragam fitur pendukung videografi. Ada fitur 4K Ultra HD 3840 x 2160 pada 30/25 fps dengan HDMI out dan stereo sound plus 3,2 inci 921.000 titik Vari-Angle LCD.

Jadi tak hanya bisa menghasilkan konten yang mengagumkan, suara obyek pun menjadi enak didengar.

Kendali Manual Penuh

Dengan focus and zoom rings yang ada, pengguna bisa secara intuitif menyesuaikan fokus pada mode MF atau pencahayaan, keseimbangan warna putih atau ISO dalam mode AF langsung dari laras lensa tanpa harus mengalihkan pandangan dari viewfinder atau jendela bidiknya.

COOLPIX P1000 menyediakan handgrip depan dan belakang yang kuat agar tetap stabil ketika memotret dengan zooming yang ekstrem. Mengenai harga, kameta ini dijual US$ 999,95 atau sekitar Rp 14,1 jutaan.

Copyright 2013

Lima Makanan Sehat Ini Bisa Merusak Gigi

Indosiana.com - Gigi merupakan bagian dari tubuh yang mudah terlihat dan memiliki pengaruh pada penampilan. Jadi, tentu kita ingin menjaga gigi agar selalu sehat.

Untuk menjaga gigi agar selalu sehat dan tidak membusuk diperlukan perawatan yang rutin. Lakukanlah perawatan gigi dengan hindari konsumsi makanan yang dapat merusak gigi, seperti makanan yang mengandung sifat asam berlebih dan manis.

Melansir dari laman Womenshealth.com.au, Kamis (19/7/2018), menurut seorang dokter gigi, Dr Peter Chuang, Terdapat 5 makanan yang tanpa diketahui mampu merusak gigi:

1. Buah Citrus

Buah citrus mengandung asam sitrat dengan tingkat yang tinggi. Hal itulah yang dapat menyebabkan peningkatan risiko erosi email gigi dan sensitivitas gigi. Meskipun buah memiliki kandungan yang baik untuk tubuh, namun jika dikonsumsi berlebih dan terkena gigi seperti buah citrus maka dapat mengakibatkan kerusakan gigi.

2. Acar

Acar adalah makanan yang diawetkan. Dalam memproduksinya diperlukan bahan yang mengandung asam tinggi seperti cuka. Tanpa disadari, hal itu berbahaya untuk gigi. Asam yang tinggi dan bila dikonsumsi berlebihan dapat merusak gigi.

3. Pasta

Tidak sedikit dari Anda yang mencintai makanan pasta. Dalam pebuatan saus pasta tentu diperlukan bahan seperti saus berbahan dasar tomat dengan jumlah yang tidak sedikit untuk memperkuat rasa dan memberikan kenikmatan. Tomat kaleng yang biasanya digunakan untuk membuat saus pasta memiliki asam yang tinggi daripada tomat alami.

4. Popcorn

Salah satu camilan teman menonton saat di bioskop adalah popcorn! Namun, konsumsi popcorn berlebih dapat merusak gigi Anda, terlebih lagi popocorn caramel yang dilapisi gula keras dan lengket.

5. Es

Tidak sedikit orang yang memiliki kebiasaan mengunyah Es Batu. Ternyata kebiasaan ini dapat menyebabkan peningkatan risiko fraktur gigi, terutama pada gigi dengan tambalan besar.

Copyright 2013

ISIS di Mesir Sempat Berencana Bunuh Presiden Sisi

KAIRO - Dalam persidangan yang digelar secara rahasia ,jaksa menuduh para tahanan, termasuk enam petugas kepolisian, telah membangun kelompok bersenjata yang bertindak di bawah bendera ISIS di wilayah Sinai. Kelompok bersenjata tersebut juga disebut telah merencanakan pembunuhan terhadap Presiden Sisi dalam dua kesempatan.

Pertama, yakni ketika Presiden Sisi tengah menjalankan ibadah umrah bersama Pangeran Arab Saudi Mohammed bin Nayef di Kota Mekkah. Sedangkan yang kedua dengan melibatkan enam petugas kepolisian dan menargetkan untuk menghabisi nyawa Presiden Sisi saat melintasi jalanan di Kairo.

Melansir dari The New Arab, jaringan tersebut diduga telah berjanji setia kepada pemimpin ISIS Abu Bakr al-Baghdadi sebelum menjadi afiliasi kelompok militan. Lebih dari 200 tersangka dari anggota kelompok teroris dan setidaknya 35 tentara telah terbunuh sejak otoritas Mesir meluncurkan operasi "Sinai 2018" pada bulan Februari, yang bertujuan untuk membersihkan wilayah semenanjung dari kelompok militan.

Kelompok militan telah melancarkan gerakan pemberontakan di Sinai usai penggulingan presiden terpilih Mesir, Mohammed Morsi, pada 2013 oleh militer, di tengah protes massal rakyat terhadap pemerintahannya. Tentara Mesir mempertahankan penduduk setempat di Sinai mendukung operasinya dan menerima bantuan kemanusiaan.

Namun organisasi pengawas hak asasi manusia, Human Rights Watch menyebut pemerintah Mesir telah meningkatkan penghancuran rumah tinggal, lapangan kerja dan pertanian di wilayah tersebut sejak meluncurkan kampanye melawan kelompok militan pada 9 Februari.


Copyright 2013

Peluk Penyanyi Pria, Wanita Arab Saudi Ditangkap

Indosiana.com - Dituturkan jaksa setempat, Abdulkarim al-Qadi, kepada situs berita lokal Okaz dan dilansir AFP, Senin (16/7/2018), wanita yang tidak disebut namanya itu, telah ditangkap polisi Saudi pada Jumat (13/7) lalu. Dia didakwa dengan aturan hukum antipelecehan seksual yang baru.

"Tindak kriminal sesuai aturan hukum antipelecehan," demikian pernyataan kepolisian setempat soal dakwaan yang menjerat wanita itu.

Jaksa Al-Qadi menyebut wanita itu terancam hukuman 2 tahun penjara dan hukuman denda hingga 100 ribu Riyal atau setara Rp 377 juta jika dinyatakan bersalah.

Dalam insiden ini, wanita yang memakai abaya panjang dengan niqab yang menutup wajahnya itu terlihat melompat ke panggung untuk memeluk penyanyi pria asal Irak, Majid al-Muhandis, yang lagu-lagunya sangat terkenal di Saudi.

Sebuah video yang menunjukkan insiden itu telah beredar luas di media-media sosial. Video itu menunjukkan seorang wanita berlari di atas panggung menuju ke sang penyanyi pria, yang berusaha menghindari ke samping. Dengan cepat, wanita itu kemudian ditarik oleh petugas keamanan.

Laporan media-media lokal yang dekat dengan otoritas Saudi menyebut wanita itu menghadiri konser Muhandis di kota Taif, Provinsi Mekah. Disebutkan media-media lokal bahwa wanita itu sebenarnya ditantang teman-temannya untuk memeluk Muhandis.

Pada Mei lalu, otoritas Saudi meratifikasi undang-undang antipelecehan seksual yang baru, seiring larangan wanita mengemudi mobil dicabut. Undang-undang baru ini dipandang luas sebagai langkah untuk melindungi wanita-wanita yang mengemudi sendiri.

Berbagai aturan baru di Saudi merupakan bagian kampanye putra mahkota Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman, memodernisasi perekonomian dan masyarakat Saudi. Selain diperbolehkan mengemudi, wanita-wanita Saudi juga diizinkan menonton konser dan pertandingan olahraga.

Copyright 2010-2017

Johannes Kotjo, Orang Terkaya RI yang Jadi Tersangka Suap

Indosiana.com - belakangan ini mencuat setelah terseret kasus suap proyek PLTU Riau-1. Siapa Johannes Kotjo?

Johannes Kotjo adalah seorang pengusaha nasional yang punya bisnis di bidang tekstil. Dia diketahui adalah bos perusahaan tekstil APAC.

Johannes Kotjo juga menjabat sebagai komisaris Blackgold Natural Resources yang punya kaitan dengan proyek PLTU Riau-1. Johannes menyuap anggota DPR Eni Maulani Saragih untuk memuluskan proyek PLTU Riau-1.

Yang menarik, Johannes Kotjo juga masuk jajaran orang terkaya di Indonesia. Dalam daftar 150 orang terkaya di Indonesia 2016 yang dirilis GlobeAsia, Johannes Kotjo ada di posisi 116. GlobeAsia melaporkan dia mengantongi kekayaan US$ 267 juta atau bila dihitung dengan nilai tukar rupiah sekarang, jumlahnya setara Rp 3,7 triliun.

Di daftar itu, posisi puncak ditempati oleh Robert dan Michale Hartono.

Seperti diketahui, KPK resmi menahan tersangka penyuap anggota DPR Eni Maulani Saragih, Johannes Budisutrisno Kotjo (JBK).

KPK menyita Rp 500 juta dalam operasi tangkap tangan (OTT) anggota DPR Eni Maulani Saragih (EMS), yang kini telah berstatus tersangka. KPK menyebut Eni menerima keseluruhan Rp 4,5 miliar terkait proyek pembangunan PLTU Riau-1.

"Diduga penerimaan kali ini (Rp 500 juta) merupakan penerimaan ke-4 dari pengusaha JBK kepada EMS dengan nilai total setidak-tidaknya Rp 4,8 miliar," kata Wakil Ketua KPK Basaria Pandjaitan di kantor KPK.

Copyright 2010-2017

Sistem memanen air hujan ubah masyarakat kecil Meksiko

Indosiana.com - Selama lima tahun belakangan, perempuan yang berusia 55 tahun tersebut telah memanfaatkan satu sistem yang diciptakan oleh sekelompok wisawatan muda yang mencari jalan ke luar dari kekurangan air minum di permukiman kecil Quiltepec. Dan juga Permukiman tersebut, yang berada di sebelah selatan Ibu Kota Meksiko, adalah tempat tinggal buat 25 keluarga.

Maura mengatakan bahwa proyek yang berkelanjutan itu, milik organisasi nirlaba Isla Urbana, dan atas permintaan warga serta melalui kerja sama dengan organisasi lain, secara perlahan telah mengubah permukiman tersebut menjadi eko-desa yang berhasil.

"Ini telah mungkin dilaksanakan berkat bantuan dari Isla Urbana, yang telah berhasil mengubah kehidupan setiap orang yang tinggal di sini," kata Alvarez, saat ia memperlihatkan sistem memanen air hujan yang telah dipasang di satu-satunya ruangan yang terbuat dari bata dan beton, dilansir dari Antara.

Namun Semuanya dimulai oleh sekelompok pemuda yang memutuskan untuk menciptakan sistem untuk menangkap, menyimpan dan mengolah air hujan serta memasang sistem tersebut di rumah orang Meksiko yang tak memiliki akses ke air minum.

Pemuda itu bekerja untuk mengurangi krisis yang berpangkal dari kurangnya air minum dan masalah yang berlangsung akibat banjir yang dipicu oleh hujan di berbagai daerah di Lembah Meksiko, terutama di masyarakat yang berpenghasilan rendah.

Proyek tersebut dinamakan Isla Urbana, kata Direktur Komunikasi organisasi itu Nabani Vera, yang menambahkan bahwa sistem itu sederhana, ekonomis dan bisa berfungsi.

"Sistem tersebut bisa disesuaikan dengan keperluan masing-masing rumah tangga. Harga rata-rata untuk masing-masing proyek sekitar 7.000 peso (sekitar USD 368)," kata Vera.

Bagian utama biaya berada dari gabungan tempat termasuk pembuatan pondasi dan rencana pembiayaan. Warga pelaksana membayar bagian sangat kecil berdasarkan penghasilan mereka, kata Vera. Wanita tersebut menambahkan Isla Urbana diproyeksikan akan memasang 10.000 sistem pemanen air hujan tahun ini.

Namun Sebelum memiliki sistem pemanen air hujan, Alvarez mengenang betapa masing-masing keluarga harus menuruni bukit dan membawa air dari rumah yang berada jauh, tempat warga hanya memberi mereka sedikit air.

Dan juga Mereka harus berbaris menunggu truk air, yang dirancang untuk membagikan air secara gratis setiap pekan. Dalam kasus paling buruk, mereka harus membeli air, yang berarti mengeluarkan 800 peso (sebanyak USD 42) setiap pekan atau 15 hari.

"Namun Sekarang berbeda. Kami tak memerlukan truk air --barangkali sekali setahun-- kami memiliki sistem pemanen air hujan. Itu bisa menyimpan sebanyak 1.100 liter air yang cukup untuk digunakan buat mandi, mencuci pakaian dan memasak makanan," kata Alvarez.

Copyright 2010-2017

Dalih-Dalih Partai Politik Jualan Caleg Artis

Indosiana.com - Kalangan artis masih menjadi jualan partai politik mendulang suara di Pemilu 2019. Popularitas para artis dianggap modal besar untuk meraup elektabilitas. Namun, kenyataannya tak semudah di atas kertas.

Dahulu ada PAN yang identik dengan beberapa calon legislatif (caleg) dari kalangan artis. Kini, Nasdem menjadi salah satu partai yang mengakomodir caleg dari berlatar belakang artis, antara lain: Nafa Urbach, Tessa Kaunang, Kristina, Manohara Odelia Pinot, Olla Ramlan, dan Okky Asokawati.

Sekretaris Jenderal Partai Nasdem, Johny G Plate mengatakan nama-nama itu belum seberapa. ”Saya tidak hafal, ada beberapa puluh,” klaim Johny.

Menurut anggota Dewan Pakar Partai Nasdem Teuku Taufiqulhadi partainya memang sengaja memberi ruang terbuka bagi para artis menjadi caleg. Hal ini karena artis memiliki basis penggemar yang diharapkan bisa dikonversi menjadi basis dukungan, tanpa mempertimbangkan kemampuan.

“Artis banyak pendukungnya, maka coba [kami] hadirkan. Kan di DPR juga ada [artis] yang serius,” katanya, Senin (16/7/2018).

“Yang bukan artis itu kita berpikir serius tidak juga, banyak yang tidak serius,” kilahnya.

Taufiqulhadi menolak adanya anggapan langkah parpol merangkul artis dipilih sebatas menjadi jalan pintas partai meraih elektabilitas. Sebab selain artis caleg Nasdem juga ada yang berlatarbelakang pengusaha. “Siapa yang maju melalui Nasdem, kami dukung,” katanya.

Partai Berkarya juga memberi jalan lebar-lebar bagi pesohor berlatarbelakang artis. Mereka diantaranya ialah Raslina Rasidin, Donny Kusuma, Annisa Trihapsari, Sultan Pasya Djorghi, dan Andi Arsyl Rahman Putra. “Yang terkenal Tukang Bubur Naik Haji itu,” kata Sekjen Partai Berkarya Priyo Budi Santoso.

“Mungkin juga Angel Lelga.”

Ketua DPP Partai Berkarya Badarudin Andi Picunang juga menepis anggapan artis dimanfaatkan partai untuk mendulang dukungan. Sebab menurutnya proporsi jumlah artis dibandingkan total keseluruhan caleg yang diajukan Partai Berkarya tidaklah seberapa. Hanya ada sekitar lima sampai tujuh caleg berlatarbelakang artis dari total lima ratusan caleg.

“Itu hanya satu dari berbagai cara. Karena dia berminat ya kita tampung bukan program utama kami untuk mengandalkan teman-teman dari kalangan selebritas itu,” kata Andi pada dikutip dari tirto.

Andi mengatakan masyarakat yang akan menentukan siapa wakil rakyat mereka, tak peduli apakah artis, pengusaha, dan akademisi. Andi bilang setiap caleg, termasuk artis, sudah diseleksi berdasarkan pendidikan dan rekam jejak. Selama mereka tidak mempunyai kredibilitas buruk di masyarakat, maka Partai Berkarya akan menerimanya. Ia juga memastikan para artis yang lolos menjadi anggota DPR akan ditempatkan di komisi yang sesuai dengan latar kemampuan mereka.

“Artis ini selain kelebihan fisik, kami juga melihat dari kualitasnya kan mungkin pengalaman, wawasannya segala macam itu memenuhi syarat di kami,” ujarnya.

Copyright 2010-2017

Antara Giroud, Guivarc'h, dan Sejarah yang Berulang

Moskow - Prancis menjuarai Piala Dunia 2018 usai menang 4-2 atas Kroasia di Luzhniki Stadium, Minggu (15/7/2018) malam WIB. Ini jadi gelar Piala Dunia yang kedua untuk Les Bleus setelah 1998 silam.

Selain bertepatan dengan dua dekade sukses pada 1998, ada sejumlah catatan menarik dari keberhasilan Prancis tahun ini. Didier Deschamps yang kini menjabat sebagai pelatih, mengulang prestasinya sebagai kapten tim 20 tahun silam.

Catatan unik lainnya melibatkan dua penyerang: Guivarc'h dan Giroud. Keduanya sama-sama jadi juara dunia, sama-sama pula tak bikin gol sepanjang turnamen.

Guivarc'h dibawa pelatih Prancis saat itu, Aime Jacquet, ke Piala Dunia 1998 karena ketajamannya di klub. Bersama Auxerre di musim 1997/1998, dia bikin 21 gol dari 32 penampilan. Musim sebelumnya bersama Rennes, dia bikin 22 gol dalam 36 pertandingan.

Ketajamannya di level klub membuat Jacquet memercayakannya peran ujung tombak. Dia bersama Christophe Dugarry merupakan dua penyerang paling berpengalaman di skuat Prancis 1998, sementara Thierry Henry dan David Trezeguet yang sama-sama berusia 20 tahun saat itu masih mematangkan diri.

Menariknya, sebagai penyerang utama Guivarc'h bahkan tak berkontribusi gol maupun assist sepanjang turnamen. Padahal dia tampil enam kali dari tujuh pertandingan Prancis, cuma absen di laga kedua fase grup melawan Arab Saudi.


Dari enam penampilan itu, Guivarc'h empat kali bermain sebagai starter termasuk di final dan dua kali sebagai pengganti, tak pernah tampil penuh. Di Piala Dunia 2018 ini, kisah itu 'diceritakan' ulang oleh Giroud.

Sebagaimana Guivarc'h di 1998, Giroud pun merupakan ujung tombak utama Prancis di skuat saat ini. Giroud malah benar-benar tak pernah absen di tujuh pertandingan dari fase grup sampai ke final.

Kecuali di laga pembuka melawan Australia, penyerang Chelsea ini selalu dipercaya Didier Deschamps untuk tampil sebagai starter. Namun dari sebanyak 546 menit yang dilalui Giroud di lapangan, tak ada gol yang berhasil diciptakan.

Satu-satunya kontribusi langsung terhadap gol Prancis yang dia buat adalah sebiji assist. Assist ini diciptakannya untuk gol kedua Kylian Mbappe ke gawang Argentina pada laga babak 16 besar.

Lebih ekstrem lagi, Giroud bahkan tak sekalipun mencatatkan tembakan tepat target sepanjang kejuaraan. 13 percobaan dilepaskannya, dengan sembilan melenceng/melambung dan empat lainnya diblok. Maka kritik pun bermunculan untuknya karena dianggap tak signifikan untuk tim.

Tapi Deschamps malah menyebutnya sebagai kepingan penting dalam permainan Prancis. Pemain 31 tahun ini krusial untuk menghubungkan umpan, menjadi pemantul untuk Mbappe dan Griezmann, juga membuka ruang untuk kedua rekannya tersebut.

"Dia penting untuk gaya kami, kami butuh dia menyokong permainan. Bagus saja kalau dia mencetak gol, tapi Olivier selalu bersikap murah hati dan tak pernah komplain soal bekerja keras," kata Deschamps dikutip RTE.

Dia mungkin tidak punya gaya flamboyan, tapi tim membutuhkan dia sekalipun dia tak bikin gol," tandasnya.

Copyright 2010-2017

Kesepakatan RI-Freeport Tuai Kritikan

Indosiana.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan penandatanganan Head of Agreement (HoA) antara PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) dan induk PT Freeport Indonesia, Freeport McMoRan inc untuk mengakuisisi saham 51 persen seharusnya disyukuri seluruh rakyat Indonesia. Bukan sebaliknya, usaha pemerintah itu justru ditanggapi dengan hal kontra.

"Kalau kemajuan Alhamdulillah patut kita syukuri. Jangan malah sudah ada kemajuan dibilang miring-miring," ujar Jokowi usai memberikan kuliah umum di Gedung ABN Nasdem, Pancoran, Jakarta, Senin (16/7/2018).

Jokowi mengakui, penandatanganan HoA Inalum dengan Freeport McMoRan baru tahap awal. Masih ada tahap-tahap selanjutnya untuk mencapai kesepakatan akuisisi saham 51 persen PT Freeport Indonesia.

Namun, pencapaian ini tidak mudah. Jokowi menyebut, membutuhkan waktu kurang lebih empat tahun untuk melakukan negosiasi penandatangan HoA tersebut.

"Kesepakatan itu perlu saya sampaikan ya ini proses panjang hampir 3,5-4 tahun kita lakukan dan alot sekali. Kalau sudah bisa masuk ke HoA sebuah kemajuan yang amat sangat. Jangan dipikir itu ketemu baru tandatangan, ini proses panjang 3,5 tahun dengan Freeport," jelas dia.

Seperti diketahui, langkah pemerintah 'merebut' kembali Freeport mendapat tanggapan beragam dari pelbagai pihak. Ada yang menyebut, upaya itu merupakan pencitraan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Pencitraan yang dilakukan oleh oknum pemerintah sangat kelewatan. Sangat membodohi rakyat. Saking berhasilnya, tidak sedikit yang menulis 'terima kasih Pak Jokowi' tanpa melakukan fact-check. Sampai-sampai seorang mahasiswa Indonesia di Inggris pun melakukan kebodohan yang sama," kata Ekonom Dradjad Wibowo.

"Saya mendukung penuh usaha pemerintah mengambil alih saham mayoritas Freeport Indonesia. Yang saya kritisi adalah pencitraan dan pembodohan rakyat yang kelewatan," sambung dia.

Dradjad menyebut, sebetulnya belum ada kesepakatan mengikat akuisisi saham 51 persen PT Freeport Indonesia. Yang terjadi saat ini hanya sebatas HoA. Menurut Dradjad participating interest Rio Tinto di Freeport Indonesia harus dibayar USD 3,5 miliar.

"Indonesia nerimo saja harga yang dipatok oleh Rio Tinto. Jika transaksinya terwujud nanti, Indonesia harus membayar Rp 55 triliun. Tapi, FCX (Freeport McMoran) ngotot kontrol operasional tetap mereka yang pegang," kata dia.

Kuasai Freeport, Kenapa RI Harus Bayar US$ 3,85 Miliar?

PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) dan  McMoran Inc telah meneken pokok-pokok kesepakatan divestasi atau Head of Agreement (HoA) saham PT Freeport Indonesia (PTFI). Dalam kesepakatan ini Inalum akan menguasai 41,64 persen PT Freeport Indonesia. Langkah ini untuk menggenapi 51 persen kepemilikan saham oleh pihak nasional.

Proses yang akan dilakukan, Inalum mengeluarkan dana sebesar USD 3,85 miliar untuk membeli hak partisipasi dari Rio Tinto di Freeport Indonesia dan 100 persen saham Freeport McMoran di PT Indocopper Investama, yang memiliki 9,36 persen saham di Freport Indonesia.

Ada banyak isu dan komentar menyusul penandatanganan HoA tersebut. Salah satu isu yang paling banyak dipertanyakan publik yaitu mengenai mengapa pemerintah tidak menunggu kontrak Freeport habis 2021 sehingga untuk menguasai tambang Grasberg di Mimika, Papua, Inalum tidak perlu merogoh kocek atau gratis.

Lalu apakah benar setelah kontrak Freeport habis 2021, pemerintah tidak perlu membayar untuk menguasai tambang emas terbesar di dunia tersebut?

"Jika pun FCX legowo hengkang setelah 2021, kita tidak akan mendapatkan Grasberg secara gratis," tegas dia saat berbincang dengan Liputan6.com, Minggu (15/7/2018).

Jadi mau diambilalih sekarang atau menunggu kontrak habis, pemerintah tetap harus membayar ke Freeport jika ingin menguasai tambang emas terbesar di dunia tersebut.

Hal ini berdasarkan KK Pasal 22 ayat 1: Sesudah pengakhiran persetujuan berdasarkan pasal 22 ini atau pengakhiran persetujuan ini karena alasan berakhirnya jangka waktu persetujuan ini, semua kekayaan kontrak karya milik perusahaan yang bergerak atau tidak bergerak, yang terdapat di wilayah-wilayah proyek dan pertambangan harus ditawarkan untuk dijual kepada pemerintah dengan harga atau nilai pasar, yang mana yang lebih rendah, tetapi tidak lebih rendah dari nilai buku.

"Jadi pemerintah harus membeli seluruh kekayaan Freeport Indonesia yang bergerak maupun dengan nilai tidak lebih rendah dari book value. Nilai buku PTFI berdasarkan laporan keuangan audited mereka ada di sekitar US$ 6 miliar. Pemerintah pun wajib membeli pembangkit listrik yang di area tersebut senilai lebih dari Rp 2 triliun," jelasnya.

Copyright 2010-2017

Membantah, Berkas Pencalegan Kapitra Ampera Ada di PDIP?

Jakarta - Sekretaris Badan Pendidikan dan Pelatihan Pusat (Badiklatpus) dan Sekolah PDIP Eva Sundari mengatakan, meski membantah, tetapi berkas Kapitra Ampera pasti ada.

"Ada berkasnya, makanya sekjen statemen. Hanya DPP yang tahu sih. Karena Caleg DPR RI langsung diurus ketum dan sekjen langsung," ucap Eva Selasa 17 Juli 2018.

"Saat pembekalan Bacaleg, aku nggak lihat dia sih. Tapi kan ada juga yang memang nyaleg, tapi enggak ikut pembekalan," tukasnya.

Namun, Ketua DPD PDIP Sumatera Barat, Alex Indra Lukman, mengaku tidak ditemukan nama Kapitra Ampera maju sebagai anggota DPRD tingkat I.

"Dari 65 Caleg DPRD Tingkat I Sumbar yang diajukan DPD PDI Perjuangan Sumbar, tidak ada nama Kapitra Ampera," pungkasnya.


Sementara, sahabat baiknya sesama Almuni 212 yakni Eggi Sudjana mengaku kaget dengan kabar tersebut.

"Kalau diajak (ke PAN) sudah waktu itu, malah sudah ketemu sama Ketum PAN. Tanya Pak Zulhas (Zulkifli Hasan), seminggu lalu. Kalau dia mau dukung Zulhas. Iya kaget, mungkin dia dapat iming-iming apa ya. Ya biar sajalah Allah yang membalas," tutur Eggi.

Menurut Eggi, Pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab memang sudah mengeluarkan fatwa bahwa tidak ada dukungan bagi partai penista agama. Namun pada dasarnya, setiap warga negara memiliki hak politiknya masing-masing.

"Kapitra punya hak untuk menentukan nasibnya sendiri. Dengan hak dia menentukan nasib sendiri. Secara hak asasi, koleganya PA 212 tidak bisa melarang," jelas dia.

Kini Kapitra tidak berbeda dengan Tuan Guru Bajang (TGB) Muhammad Zainul Majdi. Mereka yang mengambil jalan berbeda tentu tidak lagi mendapatkan dukungan.

"Maaf ini berkuensi logis, seperti misalnya TGB sebelumnya yang dinominasikan Capres oleh PA 212, tapi kemudian dia nyebrang ke pihak sebelah. Ya terus kita coret dari nominasi itu, nggak kita dukung," Eggi menandaskan.

Copyright 2010-2017

Ini Akhir Cerita Piala Dunia 2018

Indosiana.com - Pertandingan piala Dunia 2018 resmi berakhir. Prancis pun keluar sebagai juara setelah menaklukkan Kroasia dengan skor 4-2 di babak final, 15 Juli 2018 kemaren.

Empat gol kemenangan Prancis dicetak Mario Mandzukic (gol bunuh diri), Antoine Griezmann, Paul Pogba, dan Kylian Mbappe. Ada pun dua gol balasan Kroasia dicetak Ivan Rakitic dan Mario Mandzukic.

Dengan kemenangan ini, Prancis bisa membawa pulang tropi emas 18 karat. Selain itu, negara itu juga berhak atas hadiah uang USD 38 juta atau sekitar Rp 534,4 miliar.

Sedangkan Kroasia yang berada di posisi kedua memenangkan hadiah uang USD 29 juta atau Rp 407,8 miliar.

Dalam penutupan Piala Dunia 2018, beberapa nama juga dinobatkan sebagai pencetak gol terbanyak, pemain muda terbaik, serta pemain dan kiper terbaik. Selengkapnya dapat dilihat dalam Infografis di bawah ini:

Bukan hanya para pemenang, tapi setiap negara peserta Piala Dunia 2018 juga mendapat hadiah.

Bagi negara-negara yang tidak lolos dari penyisihan grup, masing-masing mendapat uang senilai USD 8 juta atau Rp 112,7 miliar. Sementara 8 negara yang tersisih dari babak 16 besar mendapatkan total uang USD 12 juta atau Rp 168,9 miliar.

Lalu, 4 tim yang tersisih di babak perempat final juga mendapat hadiah. Masing-masing tim akan memperoleh total hadiah sebesar USD 16 juta atau Rp 225,1 miliar

Masuk keempat besar, negara yang menduduki peringkat ke-4 di Piala Dunia 2018 akan mendapatkan total hadiah sebesar USD 22 juta atau Rp 309,6 miliar. Sementara negara yang berhasil mencapai posisi ketiga meraup uang sejumlah USD 24 juta atau Rp 337,5 miliar.

Selain itu, 32 tim juga menerima biaya persiapan masing-masing sebesar USD 1,5 juta. Dari total USD 791 juta hadiah yang disediakan FIFA, sebesar USD 400 juta didistribusikan kepada seluruh tim perdasarkan performa dan nilai kemenangannya di lapangan.

Sementara sisanya akan dibagikan untuk persiapan tim, keuntungan bagi klub yang membiarkan pemainnya bermain di Piala Dunia 2018, dan kompensasi bagi klub yang kehilangan pemain karena terluka saat bertanding di Piala Dunia.

Copyright 2010-2017

Inilah Cara mengatasi kaki kram pada saat hamil

Pada saat usia kehamilan tua seorang ibu sering terkena kram pada bagian kaki. Hal ini tentu akan membuat sang ibu menjadi tidak nyaman. Karena selain bisa membuat jadi cepat lelah, hal ini juga bisa mengurangi waktu tidurnya.

Ada beberapa cara untuk mengatasi kaki kram saat hamil, di antaranya adalah seperti di bawah ini:

- Saat kaki mulai kram , cobalah untuk meluruskan kaki perlahan-lahan. Cara ini dapat membantu melancarkan peredaran darah.

- Mengompres bagian kaki yang kram dengan air hangat, atau botol hangat.

- Mom juga dapat memijat lembut dan melakukan rileksasi dengan melenturkan telapak kaki ke arah dalam dan luar. Untuk melancarkan peredaran darah, anda dapat berjalan perlahan.

Makan pisang

Agar terhindar dari masalah kram kaki saat hamil, sering-seringlah mengonsumsi pisang. Pisang mengandung mineral kalium yang menurut Mayo Clinic, dapat mengurangi gejala kram otot.

Selain tips mengatasi kaki kram di atas, anda juga dapat melakukan tindakan pencegahan menghindari kaki kram saat hamil. Pastikan anda untuk tidak terlalu lelah dan coba untuk tidur dengan posisi miring ke kiri yang diyakini dapat memperlancar peredaran darah dari dan ke kaki.

Copyright 2010-2017

Polisi Malaysia Tangkap 7 Tersangka Teror Termasuk WNI

Indosiana.com - Dituturkan Kepala Kepolisian Federal Malaysia, Inspektur Jenderal Polisi Mohd Fuzi Harun, seperti dilansir Channel News Asia dan The Star, Kamis (19/7/2018), tujuh tersangka yang ditangkap terdiri atas empat warga Malaysia dan tiga WNI. Identitas mereka belum diungkap. Semua tersangka ditangkap dalam operasi polisi yang digelar antara 12-17 Juli lalu, di sejumlah wilayah seperti Terengganu, Selangor, Perak dan Johor.

"Kami melakukan penangkapan pertama pada 12 Juli di Terengganu, di mana seorang pria Indonesia berusia 26 tahun ditahan," sebut Mohd Fuzi.

WNI 26 tahun itu disebut sebagai anggota kelompok teror Negara Islam Indonesia (NII). Dia juga disebut pernah menerima pelatihan senjata di Bandung antara tahun 2015-2018. WNI itu memiliki istri yang seorang warga negara Malaysia dan telah menyatakan sumpah setia pada NII di Bandung.

"Tersangka dan istrinya berencana membawa keluarga mereka ke Suriah untuk bergabung IS (Islamic State of Iraq and Syria)," ucap Mohd Fuzi.

WNI kedua ditangkap di Petaling Jaya pada 12 Juli. Dia disebut sebagai pria Indonesia berusia 27 tahun. "Dia merupakan anggota IS (nama lain ISIS) dan kami menemukan 100 video dan 90 foto kelompok teror itu di telepon genggamnya. Kami meyakini dia mempromosikan IS secara aktif via media sosial dan dia berencana bergabung dengan mereka di Suriah," ungkap Mohd Fuzi.

WNI ketiga ditangkap di Ipoh, Perak pada 14 Juli. Dia disebut pria berusia 42 tahun yang berprofesi sebagai mandor pabrik. "Dia diyakini memiliki keterkaitan dengan kelompok teror Jamaah Ansharut Daulah (JAD). Kelompok ini bertanggung jawab atas pembunuhan seorang polisi Indonesia di Jawab Barat pada 10 Mei lalu," ucap Mohd Fuzi.

Penangkapan selanjutnya dilakukan terhadap seorang pria Malaysia berusia 42 tahun dan seorang wanita Malaysia berusia 24 tahun di Johor pada 16 Juli. Pria Malaysia itu diketahui sempat berkomunikasi erat dengan pemimpin militan Muhammad Wanndy Mohamed Jedi asal Malaysia yang tewas di Suriah. Dia juga disebut sempat melontarkan ancaman serangan bom di Malaysia, Indonesia dan Filipina usai Idul Fitri.

Sedangkan si wanita Malaysia diketahui mengirimkan 42 ribu Ringgit kepada militan Muhammad Nasrullah Latif alias Abu Gomez asal Malaysia yang juga telah tewas di Suriah awal tahun ini.

Satu pria Malaysia lainnya yang ditangkap merupakan pria pengangguran berusia 34 tahun yang mengancam akan membunuh Yang di-Pertuan Agong, PM Mahathir dan Menteri pada Departemen Perdana Menteri Dr Mujahid Yusof Rawa. "Dia memposting ancaman di Facebook karena dia memandang Raja dan pemimpin Malaysia sebagai 'toghut'. Dia merasa mereka tidak memimpin negara ini berdasarkan ajaran Islam," tutur Mohd Fuzi.

Copyright 2010-2017

Hadiah Rumah dari Kemendagri Untuk Zohri, Berapa Harganya?

Indosian.com - Kado istimewa untuk Lalu Muhammad Zohri, sprinter muda Indonesia yang berhasil menjadi juara dunia lari nomor 100 meter putra di Tempere, Finlandia, beberapa waktu lalu. Kado tersebut berupa sebuah rumah untuk mengapresiasi prestasi Zohri.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan, kado rumah untuk Zohri adalah tanda terima kasih dari Kemendagri atas prestasi yang ditorehkan anak muda dari Lombok Utara itu di kejuaraan dunia atletik di Finlandia.

“Ungkapan rasa bangga dan apresiasi kepada Saudara Zohri atas prestasi dunianya yang membawa nama harum Indonesia, Keluarga besar staf Kemendagri memberikan apresiasi kepada Saudara Zohri sebuah rumah di Bangsal Regency, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara,” kata Tjahjo, di Jakarta, seperti dikutip dari laman line today, Selasa (17/7).

1. Lokasi tak jauh dari rumah keluarga Zohri

Kemendagri menyebut kado rumah ini letaknya tak jauh dari rumah keluarga Zohri, tepatnya di Taman Bangsal Residence, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

2. Harga rumah berkisar Rp750 juta

Dan juga didapatkan sedikit informasi mengenai harga rumah di Taman Bangsal Residence. Harga rumah terendah di Taman Bangsal Residence sebesar Rp425 juta. Sementara harga tertinggi diinformasikan sebesar Rp750 juta.

Untuk tipe rumah 85, dengan 3 kamar tidur dan 2 kamar mandi, harganya Rp650 juta. Sementara untuk rumah tipe 50 dengan 2 kamar tidur dan 1 kamar mandi, harga yang ditawarkan Rp425 juta.

3. Zohri diundang ke Istana Negara bertemu Presiden

Mendagri Tjahjo Kumolo mengatakan, rumah untuk Zohri akan diserahkan secara simbolis pada pelari muda itu saat sudah tiba di Tanah Air. Saat ini Zohri masih berada di Finlandia.

Rencananya, Zohri juga akan diundang ke Istana Negara untuk bertemu dengan Presiden Jokowi. Tidak hanya itu, Presiden juga telah memerintahkan agar rumah keluarga Zohri yang berdinding bilik bambu dipugar.

“Begitu tiba di Indonesia langsung diserahkan simbolis di Jakarta atau di NTB,” katanya

Copyright 2010-2017

ISIS di Mesir Sempat Berencana Bunuh Presiden Sisi

KAIRO - Dalam persidangan yang digelar secara rahasia ,jaksa menuduh para tahanan, termasuk enam petugas kepolisian, telah membangun kelompok bersenjata yang bertindak di bawah bendera ISIS di wilayah Sinai. Kelompok bersenjata tersebut juga disebut telah merencanakan pembunuhan terhadap Presiden Sisi dalam dua kesempatan.

Pertama, yakni ketika Presiden Sisi tengah menjalankan ibadah umrah bersama Pangeran Arab Saudi Mohammed bin Nayef di Kota Mekkah. Sedangkan yang kedua dengan melibatkan enam petugas kepolisian dan menargetkan untuk menghabisi nyawa Presiden Sisi saat melintasi jalanan di Kairo.

Melansir dari The New Arab, jaringan tersebut diduga telah berjanji setia kepada pemimpin ISIS Abu Bakr al-Baghdadi sebelum menjadi afiliasi kelompok militan. Lebih dari 200 tersangka dari anggota kelompok teroris dan setidaknya 35 tentara telah terbunuh sejak otoritas Mesir meluncurkan operasi "Sinai 2018" pada bulan Februari, yang bertujuan untuk membersihkan wilayah semenanjung dari kelompok militan.

Kelompok militan telah melancarkan gerakan pemberontakan di Sinai usai penggulingan presiden terpilih Mesir, Mohammed Morsi, pada 2013 oleh militer, di tengah protes massal rakyat terhadap pemerintahannya. Tentara Mesir mempertahankan penduduk setempat di Sinai mendukung operasinya dan menerima bantuan kemanusiaan.

Namun organisasi pengawas hak asasi manusia, Human Rights Watch menyebut pemerintah Mesir telah meningkatkan penghancuran rumah tinggal, lapangan kerja dan pertanian di wilayah tersebut sejak meluncurkan kampanye melawan kelompok militan pada 9 Februari.


Copyright 2010-2017

Sebelum Disuntik Mati, Tahanan AS Menangis Minta Maaf

Indosiana.com - Sebelum disuntik mati, tahanan tersebut menangis saat menyampaikan permintaan maafnya untuk keluarga korban.
Sebelum disuntik mati pada Rabu (18/7) waktu setempat, Robert Van Hook menyatakan penyesalannya atas pembunuhan David Self pada tahun 1985.

"Saya sangat menyesal telah mengambil saudara laki-lakimu dari Anda. Saya tidak baik," ujar Hook kepada para anggota keluarga Self, yang hadir di penjara di kota Lucasville, Ohio untuk menyaksikan eksekusi mati tersebut.

"Saya harap kalian kini memiliki kedamaian," imbuh pria berumur 58 tahun itu seperti dilansir kantor berita AFP, Kamis (19/7/2018).

Media-media AS melaporkan bahwa pria itu menangis saat menyampaikan kata-kata terakhirnya tersebut. Hook dinyatakan meninggal pada Rabu (18/7) pukul 10.44 waktu setempat.

Hook membunuh Self secara brutal pada tahun 1985, atau lebih dari tiga dekade silam. Saat itu, keduanya pergi ke apartemen Self setelah berkenalan di sebuah bar gay di kota Cincinnati. Namun di apartemen Self, Hook mencekik dan menikamnya berulang kali dengan sebuah pisau dapur. Polisi menyatakan bahwa Hook mencoba memenggal korbannya yang berumur 25 tahun.

Dalam pembelaannya, pengacara-pengacara Hook mengatakan bahwa klien mereka mengalami masalah kesehatan jiwa dan kecanduan narkoba, serta menjadi korban kekerasan semasa kecil. Pengacara Hook juga mengatakan bahwa kliennya telah menyesali kejahatannya. Di persidangan, Hook mengaku telah beberapa kali memperdaya pria-pria gay untuk datang ke apartemen mereka guna merampok mereka.

Hook menjadi terpidana mati kedua yang dieksekusi di AS dalam beberapa hari terakhir. Sebelumnya pada Selasa (17/7) malam waktu setempat, otoritas Texas mengeksekusi mati Christopher Young (34) atas pembunuhan Hasmukh Patel, pemilik toko kelontong, dalam insiden perampokan pada tahun 2004 silam.

Copyright 2010-2017

Presiden Kroasia yang Basah Kuyup dan Putin yang Berpayung

Indosiana.com - Hujan lebat mengguyur stadion di penghujung Piala Dunia dengan kemenangan Prancis melawan Kroasia 4-2. Padahal para pemimpin telah rapi di panggung tanpa atap, siap menyerahkan medali emas dan perak.

Ada Presiden Rusia Vladimir Putin, Presiden Prancis Emmanuel Macron, dan Presiden Kroasia Kolinda Grabar-Kitarovic berbaris di atas panggung. Hujan tidak terlihat akan berhenti, malah semakin deras. Alhasil, orang-orang yang berada di atas panggung basah kuyup.

But the show must go on. Hujan jangan sampai bikin acara yang paling ditunggu dalam pagelaran yang disaksikan jutaan pasang mata di seluruh dunia itu terganggu. Baik Putin, Macron, maupun Kolinda terlihat tidak peduli dengan hujan, mereka larut dalam kegembiraan.

Namun peristiwa berikutnya yang lantas menyita perhatian publik di media sosial.Seorang pengawal Putin berdiri di belakang presiden berusia 65 tahun itu dan menaunginya dengan payung hitam.

Putin menjadi satu-satunya presiden di atas panggung yang dipayungi, sementara jas Macron sudah basah dan jersey timnas yang dikenakan Kolinda sudah lepek.

Cukup lama waktu yang diperlukan hingga para "brigade payung" berdatangan dan turut memayungi Macron dan Kolinda. Mereka terlambat, netizen sudah ramai berkomentar.

Netizen mempertanyakan sikap Putin yang seharusnya mendahulukan wanita, adat yang jamak dilakukan para gentleman. Sontak saja, Putin jadi sasaran bulan-bulanan para netizen di media sosial.

Netizen lainnya mengatakan bahwa ini Rusia, negaranya Putin, dia bebas melakukan apa saja. Sebagai tuan rumah, Putin dicela karena keegoisannya ini.

Sementara Putin dicemooh, Kolinda menuai puja-puji. Presiden Kolinda memang tidak dipungkiri salah satu yang paling menarik perhatian dalam final Piala Dunia 2018.

Ini adalah kali pertama negaranya masuk final, padahal Kroasia dengan penduduk 4,2 juta orang itu adalah negara terkecil yang pernah lolos kualifikasi Piala Dunia sejak Uruguay pada 1950.

Datang ke Rusia, Kolinda mengambil cuti tak berbayar dan memilih terbang dengan pesawat kelas ekonomi ketika timnasnya masuk 16 besar. Agar merasakan menjadi fans sepak bola, kata dia.

Dia satu-satunya pemimpin wanita di podium VIP di stadion itu, mengenakan jersey pula. Padahal, kebanyakan tamu di VIP mengenakan jas bagi pria atau gaun berkelas bagi wanita.

Presiden wanita Kroasia berusia 50 tahun ini seakan menyeruak naluri keibuannya ketika laga akhir usai. Dia memeluk hangat semua pemain -baik Prancis yang hanyut dalam kegembiraan atau Kroasia yang lemah lunglai karena kalah- dan menyuntikkan kalimat penawar lelah.

Di tengah guyuran hujan, Kolinda menyeka air mata satu per satu anggota tim nasionalnya yang dipimpin Luka Modric.

"Bagi saya dan banyak orang, Andalah juara dunia - Madam Presiden! Anda memperlihatkan bagaimana merayakan kemenangan dan bagaimana merayakan kekalahan! Setiap kali ada pertandingan, kami tak kuasa melupakanmu!" kata seorang pengguna Twitter asal Nepal, Vijay Kumar Panday.


Copyright 2010-2017

17 Pria Diduga Memperkosa Bocah Perempuan 11 tahun

Indosiana.com - Lagi-lagi terjadi pemerkosaan terhadap anak dibawah umur diindia, pada saat ini Polisi India hari ini mengatakan mereka menangkap 17 pria diduga memperkosa bocah perempuan 11 tahun, Bocah yang diketahui tunarungu itu diduga diperkosa di sebuah blok apartemen tak berpenghuni di sebelah selatan Kota Chennai, seperti dilansir laman the Straits Times, Selasa (17/7).

Di antara pria yang ditangkap adalah petugas pengamanan apartemen, seorang tukang ledeng, dan operator lift. Seorang pria 66 tahun yang bertugas menjalankan lift menjadi orang pertama yang menyerang bocah itu sepulang dia dari sekolah. Bocah malang itu pulang sekolah dengan naik sepeda dan melewati apartemen tak berpenghuni itu.

Pria itu kemudian diduga mengajak pria lain lalu merekam video pemerkosaan tersebut. Laporan menyebutkan si bocah sebelumnya dibuat tidak sadarkan diri dengan suntikan dan minuman.

"Ini hasil penyelidikan awal dan kami masih harus menggali lebih dalam lagi untuk merinci kasus ini," ujar polisi setempat kepada kantor berita AFP.

Menurut laporan, pria itu juga mengajak di bocah berkeliling sekitar kompleks apartemen, termasuk ke lantai basement, beranda, toilet umum dan pusat kebugaran, untuk kemudian memperkosanya.

Peristiwa ini jadi sorotan setelah keluarga bocah itu mengajukan tuntutan ke kantor polisi. Bocah itu kini masih dalam perawatan. Namun india pada saat ini masih dihantui banyaknya kasus pemerkosaan. PAda 2016 ada 19.000 laporan pemerkosaan terhadap anak di bawah umur.

Januari lalu India geger ketika seorang bocah perempuan berumur delapan tahun tewas usai diculik, diseret, dan diperkosa massal di sebuah kuil Hindu, Karena kejadian itu kini India menerapkan hukuman mati bagi para pemerkosa bocah di bawah usia 12 tahun.

Copyright 2010-2017

Emas Berjalan, Penampilan Keluarga Ini Jadi Gunjingan

Indosiana.com - Seorang wanita asal Malaysia baru-baru ini menarik perhatian publik usai sebuah foto yang dia unggah di akun Facebook-nya dikutip dari liputan6 pada jum'at 20/07/2018.

Wanita bernama Jumrawati Paradillah ini mengunggah momen ketika dirinya menghadiri sebuah pesta pernikahan saudaranya. Yang membuatnya menjadi sorotan ialah perhiasan yang dia kenakan terbilang sangat banyak.

Bagaimana tidak, Jumrawati terlihat mengenakan kalung panjang bertumpuk-tumpuk di dadanya. Tak hanya itu, dia juga mengenakan banyak gelang serta cincin besar di kesepuluh jarinya.

Tak hanya Jumrawati, pada unggahannya tersebut terlihat pula sanak saudaranya yang juga mengenakan emas sangat banyak. Kalian akan melihat rata-rata dari mereka mengenakan tiga tumpuk kalung di leher. Begitupula dengan gelang di kedua tangannya. Tak lupa juga cincin-cincin besar di beberapa jari mereka.

Unggahan tersebut sontak membuat warganet heran. Banyak dari mereka yang  menganggap bahwa yang keluarga Jumrawati sengaja pamer perhiasan pada acara tersebut. Selain itu, foto-foto tersebut juga tak luput dari kecaman netizen. Meski begitu, adapula yang membelanya selama yang dikenakan adalah emas miliknya sendiri karena hal tersebut tak menjadi masalah.

Copyright 2010-2017

Fakta-fakta tentang si pelupa

Indosiana.com - Mereka yang pelupa pasti sangat mudah melupakan hal-hal yang menyedihkan. Sedangkan kerugiannya, memiliki sifat pelupa bisa sangat membahayakan. Terutama dalam menjalani kehidupan.

Di samping itu, ada fakta-fakta mengejutkan di balik sifat pelupa. Berikut fakta-faktanya:


1. Orang pelupa itu cerdas

Menurut penelitian dalam jurnal kesehatan Neuron mengungkapkan bahwa melupakan hal-hal kecil itu hal yang normal, ini adalah tanda otakmu sehat dan bisa berarti tanda bahwa otakmu sedang menyisihkan ruang untuk informasi-informasi yang lebih berguna untuk ke depannya.

Penting bagi otak berfungsi melupakan beberapa hal yang sekiranya sepele atau tidak terlalu penting dan berfokus pada hal-hal yang lebih penting dan sekiranya akan kamu butuhkan dalam membuat keputusan atau jangka panjang, demikian ungkap Blake Richards, peneliti University of Toronto.

Peneliti menemukan bahwa sebenarnya otak tidak serta merta menyimpan memori dan mengirimkan semua informasi untuk disimpan dari waktu ke waktu, melainkan mengoptimalkan penyimpanan memori yang berperan dalam pengambilan keputusan, menyimpan apa yang penting dan melepas apa yang tidak.


2. Pikun dan pelupa itu berbeda

Menagap berbeda? Karena disebabkan oleh hal yang berbeda. Pikun disebabkan menurunnya kemampuan seseorang untuk berpikir. Orang yang pikun biasanya berusia 55 tahun. Sedangkan pelupa disebabkan adanya gangguan pada pusat konsentrasi seseorang. Dan usianya bisa muda dan tua.

Selain itu, orang pikun hanya tak ingat terhadap sesuatu dalam waktu yang cukup lama. Meskipun kejadiannya berulang kali. Sedangkan pelupa, tak ingat hanya dalam sekejap. Kalau kejadian terulang, maka dia akan ingat.

3. Pria ternyata lebih pelupa

Setiap ingatan seseorang berbeda-beda. Memori ingatan diibaratkan lemari yang banyak menyimpan data penting. Kecepatan ingatan tergantung dalam beberapa hal, yaitu sistem pengarsipan data, frekuensi pencarian data, nilai urgensi data. Semakin banyak menerima infomrasi, maka seseorang akan semakin lupa.

Seiring bertambahnya usai, sebagian sel-sel otak akan mati atau mengerut (atrofi), sehingga mengurangi kemampuan fungsi otak. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh tim dari Universitas of Pennsylvania dan Henry Ford Healhty System AS, otak kiri pria ternyata lebih cepat mengalami kemunduran dibandingkan dengan wanita. Kecepatannya mencapai tiga kali kemunduran fungsi pada otak kiri wanita.

Otak kiri berkaitan dengan kemampuan berpikir rasional, logis, analitis, berbicara, berbahasa, dan rasa bahagia. Fakta lainnya, pada wanita kehilangan fungsi otak kanan dan kiri seiring bertambahnya usia terjadi secara seimbang. Sedangkan pada pria, kematian sel-sel otak kirinya terjadi dua kali lebih banyak daripada sel-sel otak kanan. Jadi pria tampaknya memang berbakat memiliki sifat pelupa.

Disebutkan pula bahwa pria pun kehilangan lebih banyak sel-sel otak bagian permukaan otak. Sel-sel bagian permukaan ini berperan dalam kemampuan kognitif, seperti berpikir rasional, kemampuan mengkalkulasi, merencanakan, dan mengonsep. Pria pun kehilangan lebih banyak sel-sel otak bagian tengah otak, yang berfungsi untuk mengatur emosi dan kemampuan betahan hidup (survival). Diduga percepatan kematian fungsi sel-sel otak pria ini sangat dipengaruhi oleh hormon.

Copyright 2010-2017

Seru Ada Drama, Jadi Bantuan untuk "Assessment" Karakter Staf

Indosianacom - Anies Baswedan Gubernur DKI Jakarta, menilai rotasi pejabat yang dia lakukan ditanggapi dramatis. Meski demikian, dia mengatakan hal ini justru membantunya dalam menilai karakter pejabat-pejabat yang kena rotasi.

"seru ya ada drama, jadi cerita Whatsapp, tapi buat saya malah jadi bantuan bagi kami dalam melakukan assessment atas karakter-karakter staf kita, mana yang tabah, mana yang tenang, mana yang siap selalu bekerja," ujar Anies di Plaza Tenggara Gelora Bung Karno, Rabu (18/7/2018).

Anies memberitahu pemberhentian wali kota melalui telepon. Bahkan ada mantan wali kota yang mengaku dihubungi lewat aplikasi WhatsApp.

Anies mengatakan pemberhentian semacam itu merupakan hal yang normal. Dalam sebuah organisasi, perombakan adalah hal biasa untuk penyegaran. Dia pun meminta agar transisi antara wali kota yang lama ke yang baru ini bisa berjalan baik.

Anies sadar bahwa pengumumannya begitu cepat. Oleh sebab itu, dia pun tidak meminta para mantan wali kota untuk buru-buru melepas fasilitas yang selama ini digunakan.

Selain itu, menurut Anies, perombakan ini justru membuka kesempatan bagi para pejabat untuk ikut promosi. Bagi aparatur sipil negara (ASN), sudah sewajarnya menerima keputusan yang dibuat pimpinan. "Ini jadi bahan kita juga untuk juga melakukan assessment," kata Anies.


Copyright 2010-2017

Lima Makanan Sehat Ini Bisa Merusak Gigi

Indosiana.com - Gigi merupakan bagian dari tubuh yang mudah terlihat dan memiliki pengaruh pada penampilan. Jadi, tentu kita ingin menjaga gigi agar selalu sehat.

Untuk menjaga gigi agar selalu sehat dan tidak membusuk diperlukan perawatan yang rutin. Lakukanlah perawatan gigi dengan hindari konsumsi makanan yang dapat merusak gigi, seperti makanan yang mengandung sifat asam berlebih dan manis.

Melansir dari laman Womenshealth.com.au, Kamis (19/7/2018), menurut seorang dokter gigi, Dr Peter Chuang, Terdapat 5 makanan yang tanpa diketahui mampu merusak gigi:

1. Buah Citrus

Buah citrus mengandung asam sitrat dengan tingkat yang tinggi. Hal itulah yang dapat menyebabkan peningkatan risiko erosi email gigi dan sensitivitas gigi. Meskipun buah memiliki kandungan yang baik untuk tubuh, namun jika dikonsumsi berlebih dan terkena gigi seperti buah citrus maka dapat mengakibatkan kerusakan gigi.

2. Acar

Acar adalah makanan yang diawetkan. Dalam memproduksinya diperlukan bahan yang mengandung asam tinggi seperti cuka. Tanpa disadari, hal itu berbahaya untuk gigi. Asam yang tinggi dan bila dikonsumsi berlebihan dapat merusak gigi.

3. Pasta

Tidak sedikit dari Anda yang mencintai makanan pasta. Dalam pebuatan saus pasta tentu diperlukan bahan seperti saus berbahan dasar tomat dengan jumlah yang tidak sedikit untuk memperkuat rasa dan memberikan kenikmatan. Tomat kaleng yang biasanya digunakan untuk membuat saus pasta memiliki asam yang tinggi daripada tomat alami.

4. Popcorn

Salah satu camilan teman menonton saat di bioskop adalah popcorn! Namun, konsumsi popcorn berlebih dapat merusak gigi Anda, terlebih lagi popocorn caramel yang dilapisi gula keras dan lengket.

5. Es

Tidak sedikit orang yang memiliki kebiasaan mengunyah Es Batu. Ternyata kebiasaan ini dapat menyebabkan peningkatan risiko fraktur gigi, terutama pada gigi dengan tambalan besar.

Copyright 2010-2017

Cangih Kamera Ini Bisa Memotret Bulan

Indosiana.com - Nikon baru saja merilis kamera super zoom terbarunya, COOLPIX P1000. Kamera ini memiliki lensa dengan kekuatan zooming mencapai 125 kali berkat penggunaan optical zoom 3000mm dikutip dari liputan 6 pada kamis 19/7/2018.

Berkat kemampuan lensa tersebut pengguna tak hanya bisa memotret bulan, tetapi juga lembah, kawah hingga puncak yang ada di bulan.Kamera ini juga diklaim cocok bagi penggemar fotografi alam, fauna, dan olahraga yang tak ingin repot ketika menangkap detail gambar buruan.

Seperti dirilis dari situs resmi Nikon via Gizmologi.id, perusahaan menyebut COOLPIX P1000 mempunyai kekuatan zooming layaknya teleskop. Lensa kaca NIKKOR ED setara 3000mm yang tersemat membuka dunia baru peluang fotografi.

Dengan satu tekanan tombol, kamera Nikon COOLPIX P1000 bisa melakukan zoom out dengan cepat sehingga pengguna bisa menjepret kembali bidikan dari jarak jauh yang kemungkinan sebelumnya tak tertangkap.

Dual Detect Optical Vibration Reduction

Nikon COOLPIX P1000 menggunakan sistem Dual Detect Optical Vibration Reduction (VR) untuk menstabilkan gerakan pengambilan gambar, baik secara horizontal mau pun vertikal. Fitur lain dalam kamera Nikon COOLPIX P1000 mencakup BSI CMOS sensor 16MP.

Selain fitur untuk melakukan zooming yang gahar, kamera Nikon COOLPIX P1000 memberikan ragam fitur pendukung videografi. Ada fitur 4K Ultra HD 3840 x 2160 pada 30/25 fps dengan HDMI out dan stereo sound plus 3,2 inci 921.000 titik Vari-Angle LCD.

Jadi tak hanya bisa menghasilkan konten yang mengagumkan, suara obyek pun menjadi enak didengar.

Kendali Manual Penuh

Dengan focus and zoom rings yang ada, pengguna bisa secara intuitif menyesuaikan fokus pada mode MF atau pencahayaan, keseimbangan warna putih atau ISO dalam mode AF langsung dari laras lensa tanpa harus mengalihkan pandangan dari viewfinder atau jendela bidiknya.

COOLPIX P1000 menyediakan handgrip depan dan belakang yang kuat agar tetap stabil ketika memotret dengan zooming yang ekstrem. Mengenai harga, kameta ini dijual US$ 999,95 atau sekitar Rp 14,1 jutaan.

Copyright 2010-2017